Review Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite : Bersih-bersih Rumah Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak sekali peralatan rumah tangga dengan teknologi mutakhir yang muncul di pasaran. Salah satunya adalah robot vacuum cleaner besutan Xiaomi, yakni Mi Robot Vacuum Mop 2 Lite. Selain dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau di kelasnya, perangkat ini juga dibekali dengan berbagai fitur yang cukup komplit untuk memudahkan dan membantu membersihkan rumah.

Lantas bagaimana dengan performa dan fitur yang ditawarkan ? simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Paket Penjualan

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita lihat isi paket penjualan pada kemasan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite :

Begitu box dibuka, terlihat satu kotak terpisah yang cukup besar. Di dalamnya terdapat panduan pengguna, side brush (replacement), cleaning tool dan Side Brush (Replacement). Kemudian, kita akan langsung menemukan unit Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite yang sudah terpasang dengan aksesoris seperti, side brush, brush cover dan juga penampung debu dengan ukuran yang cukup di dalamnya. Selanjutnya, dalam paket pembelian akan mendapatkan water tank, mop pad (replacement), charging dock serta kabel power.

Desain Stylish dan Ramping

Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite hadir dengan desain yang cukup stylish dan dibalut dengan warna putih sehingga cocok dipadu padankan dengan berbagai dekorasi rumah. Bentuknya pun cukup ringkas dengan ukuran 353 mm x 353 mm dan ketebalan 81mm, perangkat ini mampu membersihkan kotoran dan debu di bawah sofa ataupun rak meja yang sulit di jangkau.

Pada bagian depan, perangkat ini memiliki sensor untuk mendeteksi kotoran di lantai dengan efektif. Beralih ke bagian bawah, terdapat penopang roda yang berfungsi untuk memanjat hingga ketinggian hingga 20mm saat menemukan elevasi lantai. Sementara di bagian atas terdapat dua buah tombol fisik on/off dan home dengan kompartemen penampung debu yang bisa ditemukan ketika membuka cover penutupnya. Menurut kami Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite memiliki ukuran penampungan debu yang cukup luas dengan kapasitas 450 ml yang bisa lebih banyak menampung kotoran dan debu.

3 Mode Pembersihan

Cerdas dan multi fungsi ! ya, perangkat ini tidak hanya bisa membersihkan dan menyedot kotoran dan debu saja, tapi juga mampu untuk mengepel lantai secara maksimal. Mi Robot Vacuum Mop 2 Lite dilengkapi dengan tangki air berkapasitas 270 ml yang bisa dikontrol secara elektronik dengan 3 mode level air yang dapat membantu membersihkan rumah.

Jadi setelah perangkat selesai melakukan tugasnya untuk menyedot debu, pengguna juga bisa memilih opsi “ Mop “ untuk mengepel. Vacuum robot akan memompa dan mengeluarkan air yang dibutuhkan seperlunya dan mengepel permukaan lantai, sehingga membuat lantai tidak terlalu becek. Ada juga opsi “ Vacuum & Mop “ dimana perangkat akan bekerja sekaligus untuk membersihkan debu lalu mengepel lantai. Mi Robot Vacuum Mop 2 Lite akan bekerja secara mengulang di area yang dipel seperlunya, sampai bersih dan lantai mengering. Oh ya, pengguna juga bisa menambahkan cairan atau pewangi pembersih lantai pada water tank untuk menambah aroma saat lantai dibersihkan.

Mudah Dikontrol Lewat Aplikasi

Dari semua kemudahan tersebut, pengguna bisa mengontrol melalui aplikasi “ Mi Home “ yang bisa di unduh secara gratis untuk perangkat android maupun iOS.

Dalam aplikasi ada beberapa mode yang pengguna bisa pilih untuk memberikan perintah kepada perangkat, mulai dari menyapu, mengepel bahkan kombinasi keduanya pun bisa dilakukan hanya dalam satu sentuhan saja. Tak hanya itu, pada saat perangkat membersihkan debu ataupun mengepel, pengguna juga bisa mengatur secara manual kecepatan kipas dan water level yang diinginkan. Canggihnya, vacuum robot ini juga bisa kembali dengan sendirinya ke dock untuk kemudian mengisi daya ulang perangkat dengan memilih opsi “Dock & Charge”.

Pada antarmuka aplikasi terdapat beberapa info indikator, seperti map dan luas area vacuum, persentase baterai serta durasi pengerjaan. Namun bagi pengguna smartphone dengan operasi sistem iOS, bisa mengakses perangkat dengan command voice yang bisa di perintah lewat Alexa ataupun Google Assistant.

Daya Hisap Kuat 2200 Pa

Dari hasil uji yang kami lakukan, Mi Robot Vacuum Mop 2 Lite ini memiliki daya hisapnya cukup kuat dan tahan untuk membersihkan ruangan. Daya hisapnya mencapai 2200 Pa yang cukup kencang di kelasnya. Tersedia juga empat mode untuk mengatur kekuatan daya hisapnya, yaitu Silent, Standard, Medium hingga Turbo.

Pertama kami menguji perangkat ini dengan mode “Silent” untuk menyedot debu dari butiran beras. Hasil menunjukan, debu mampu terangkat dengan bersih sementar butiran beras masih tidak terangkat dalam sekali hisap saja. Namun, pada saat menggunakan mode “Turbo” butiran beras tersebut bisa langsung masuk ke terhisap dan masuk kedalam penampung debu.

Daya Tahan Baterai Panjang

Untuk daya tahan hidupnya Xiaomi Mi Robot Vacuum+Mop 2 Lite dibekali dengan baterai berkapasitas 2600 mAh. Menurut kami perangkat ini memiliki baterai yang cukup awet, sebagai gambaran kami gunakan untuk memvacuum ruangan tamu dengan luas 6×5 meter. Alhasil, perangkat ini hanya menghabiskan baterai 20% saja dari kapasitas baterai 100%. Dengan catatan, robot vacuum melakukan tugas nya selama 15 menit dengan estimasi area yang dibersihkan pada 6.3m² dengan opsi mode speed “Medium”. Sedangkan untuk mengisi daya perangkat dari 0 – 100% membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam lamanya.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp. 2.799.000 menurut kami Mi Robot Vacuum Mop 2 Lite cukup efektif membantu pekerjaan membersihkan rumah. Selain dibekali dengan berbagai fitur yang cukup lengkap untuk memudahkan penggunanya, perangkat ini juga memiliki daya hisap yang kencang sehingga kotoran dan debu terhisap sempurna. Apalagi untuk daya tahan hidupnya sendiri terbilang cukup awet, sehingga pengguna tidak perlu khawatir perangkat akan kehabisan daya sebelum selesai membersihkan lantai.