Home Review Review OPPO A57 : Desain Makin Cantik, Fitur Lebih Menarik

Review OPPO A57 : Desain Makin Cantik, Fitur Lebih Menarik

OPPO A57 baru saja rilis di Indonesia, ada di kelas entry level hp ini menawarkan berbagai peningkatan dan fitur terbaru. Sejauh pengalaman penggunaan, menurut saya OPPO A57 merupakan ponsel yang asyik dan nyaman untuk jadi daily driver.

Penasaran dengan ponsel yang satu ini ? Nah kali ini saya ingin mengajak anda untuk mengenal OPPO A57 lebih dekat lagi, simak ulasan selengkapnya berikut ini !

Desain Ramping dan Stylish

Kesan pertama kali menggenggam hp ini, menurut saya OPPO A57 memiliki desain yang cukup tipis dengan ketebalan hanya 7,99 mm. Hal tersebut lantaran OPPO A57 mengusung desain retro yang memiliki desain ujung body yang berbentuk kotak, tidak membulat. Selain itu bobot nya juga cukup ringan dengan 187 gram yang membuat saya nyaman meski digunakan dengan satu tangan dalam waktu yang cukup lama.

Jika dilihat dari tampilannya belakangnya, OPPO A57 membawa penyegaran desain pada seri A yang mengusung desain OPPO Glow dengan dua sentuhan warna yang stylish Glowing Black dan Glowing Green seperti unit yang saya uji. Tekstur permukaan bodynya nya sendiri matte, yang membuat cover bodi lebih terasa halus, nyaman saat di genggam dan bebas dari noda sidik jari yang menempel.

Menariknya lagi, di balik tampilannya yang cantik, teknologi OPPO Glow di A57 ini juga berfungsi sebagai lapisan anti gores untuk melindungi cover bodi dari goresan dan memastikan perangkat ekstra aman digunakan dalam jangka waktu panjang. Tidak hanya itu, build quality nya juga makin jempolan karena sudah dibekali dengan fitur IP5X danIPX4 Water Resistance, ya setidaknya untuk guyuran hujan masih tergolong aman. Dengan hal tersebut menurut saya, kemampuan ini membuat OPPO A57 cocok untuk digunakan di lingkungan outdoor.

Sebagai smartphone yang berada di kelas entry level, menurut saya Oppo A57 berhasil membawa tampilan menarik yang mengusung desain yang kekinian dan tidak terlihat murahan, good job OPPO !

Layar

Pindah ke bagian layarnya, menurut saya OPPO A57 memiliki ukuran yang terbilang ideal dengan bezel yang cukup tipis di tepian layarnya. Hadir dengan 6,56 inci jenis panel IPS yang yang sudah memiliki color gamut 96% NTSC sehingga mampu menyuguhkan tampilan yang terang dan kaya warna. Selain itu, layar nya memiliki resolusi HD+ (1612 x 720) dengan refresh rate 60 Hz.

Di bagian atas layar, terdapat punch hole untuk penempatan kamera selfie dengan resolusi 8 MP. Sedangkan untuk keamanannya, OPPO A57 menyematkan teknologi pemindai sidik jari di bodi samping dengan sensor yang cukup responsif dan akurat.

Antarmuka

Sebagai smartphone entry-level di tahun 2022, OPPO A57 sudah langsung mengadopsi Android 12 yang dipoles dengan ColorOS 12.1 versi terbaru. Versi tampilan antarmuka terbaru dari OPPO ini jauh lebih sederhana dan nyaman di mata. Dengan segudang fitur kustomisasi yang tersimpan rapi. Berbeda dengan saudaranya yakni, OPPO A55 yang pertama kali diperkenalkan dengan ColorOS 11.1 berbasiskan android 11 saja.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu harus repot melakukan upgrade terlebih dahulu untuk bisa merasakan fitur-fitur yang sudah tersedia di Android 12 dan ColorOS seperti, Text Scanner, Flexible Windows, Free form-screenshot, Quick Launch dan Mark on Recording. Selama penggunaan, sistem operasi baru yang ada di ponsel ini membuat pengalaman menggunakan hp jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Performa

Dapur pacu OPPO OPPO A57 didukung dengan prosesor untuk perangkat dengan harga terjangkau dari MediaTek yaitu Helio G35 dengan fabrikasi 12nm yang memiliki delapan core dengan kecepatan 2,3Ghz. Seperti diketahui, kode G di prosesor ini mengindikasikan chipset ini fokus pada kebutuhan gaming untuk pengguna smartphone dan gamer pemula karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game menengah dan berat yang banyak digunakan.

Sedangkan untuk mendukung penggunaan secara multitasking, OPPO A57 dibekali dengan kapasitas RAM sebesar 4GB dan storage sebesar 64GB yang bisa diperluas dengan slot microSD. Menariknya, RAM pada A57 bisa diperluas lewat fitur ekspansi RAM hingga 4 GB. Dengan hadirnya fitur RAM expansion ini, memungkinkan pengguna untuk menambah memori dengan pilihan RAM sebesar 1 GB, 2 GB, atau 4 GB. Walau kapasitas RAM bawaan hanya 4 GB, tapi dengan adanya RAM virtual ini bisa memperlancar multitasking yang dilakukan di smartphone.

Selain itu untuk storage internal, OPPO membekali fitur ekspansi ROM yang bisa mengoptimalkan penyimpanan dengan menyimpan data media sosial dan sistem langsung ke kartu Micro SD secara otomatis.

Dalam pengujian ranking AnTuTu Benchmark OPPO A57, smartphone entry-level ini memiliki performa yang cukup baik melalui hasil uji yang ada. Sebagai varian A series series terbaru, smartphone ini memiliki perolehan skor benchmark lebih dari 110 ribu poin.

Untuk menguji performa nya, saya mencoba mainkan game AOV dengan settingan grafik bawaan. OPPO A57 sendiri mampu menjalankan game ini tanpa kendala. Dibeberapa bagian grafik ramai pun, gim masih playable dan sangat lancar untuk dimainkan. Tekstur dan detail gambar yang dihasilkan memiliki kualitas dan saturasi warna yang cukup baik. Overall, selama memainkan gim ini dalam waktu sekitar satu jam lamanya, saya merasa cukup nyaman dan tidak menemukan kendala yang berarti.

Kamera

Pada sektor kamera, OPPO membekali ponsel A series terbaru ini dengan dua kamera belakang yang mempunyai komposisi kamera utama 13 MP f /2.2 dan depth 2 MP f/2.4. Pada mode kamera juga tersedia beberapa mode fotografi yang populer, seperti Night Mode, Portrait, Pro Mode dan Dazzle Color yang bisa membuat warna foto menjadi lebih jelas dan cerah. Tak hanya itu, bagi pengguna yang sering mengedit warna foto, OPPO A57 menyediakan beberapa pilihan preset warna yang kekinian.

Sedangkan untuk kebutuhan selfie, di bagian depan terdapat kamera dengan resolusi sebesar 8 MP F/2.0 yang dilengkapi dengan fitur AI retouching, beberapa pilihan preset warna, mode portrait yang bisa diatur tingkat bokeh nya dan Fill Light untuk memaksimalkan hasil foto selfie pada kondisi minim cahaya.

Secara keseluruhan, OPPO A57 memiliki kualitas hasil foto kamera yang menurut kami cukup baik untuk smartphone di kelasnya. Kamera ponsel 2 Jutaan ini mampu menghasilkan foto secara baik dalam kondisi siang hari atau cahaya cukup. Untuk membuat hasil foto malam hari menjadi lebih baik, maka anda bisa memaksimalkan nya dengan fitur Night Mode.

Berikut beberapa hasil foto yang kami ambil menggunakan kamera OPPO A57.

Kamera Utama

Kamera Depan

Sedangkan untuk perekaman video, baik kamera utama ataupun kamera depan OPPO A57 memiliki resolusi 720p dan 1080p dengan 30fps. Di dalamnya juga terdapat 10 filter warna untuk menghasilkan karya video yang dramatis.

Ultra-Linear Stereo Speakers

Bagi pengguna yang suka menonton film streaming atau sekedar mendengarkan musik. OPPO A57 sudah dibekali dengan dual speakers yang terletak di bagian bawah bodi dan atas layar. Menariknya lagi speakernya ini ditambah dengan kualitas suara dengan teknologi Ultra Volume Mode untuk meningkatkan suara 200 persen lebih keras yang mampu mengeluarkan suara hingga 85dB. Tak hanya itu, ada pula fitur Dirac 3.0 yang kini membawa peningkatan agar speaker mampu menghasilkan kualitas suara terbaik untuk musik, game dan film.

Overall, menurut saya kualitas audio yang dihasilkan dari OPPO A57 ini cukup baik dengan hentakan bass cukup kuat dan suara mid yang jernih. Ya, bisa saya bilang cukup bisa memanjakan telinga, yang membuat pengalaman untuk mendengarkan musik, bermain game ataupun menonton film streaming favorit menjadi lebih seru.

Baterai

Untuk mendukung daya tahan hidupnya ponsel ini dibekali dengan baterai yang terbilang besar di kelasnya dan cukup irit daya selama pemakaian dengan kapasitas sebesar 5000 mAh. Irit, ya mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan setangguh apa baterai ponsel ini. Salah satu faktornya adalah penggunaan chipset MediaTek Helio G35, selain menawarkan performa bertenaga untuk hp kelas entry level juga sangat hemat dalam mengkonsumsi daya baterai.

Dengan kapasitas baterai yang ditawarkan, cukup mendukung aktivitas saya seharian mulai dari telepon, bermain gim, membuka sosial media hingga membuat konten foto atau video. Sebagai gambaran, saya mencoba memainkan gim AOV dengan waktu selama 35 menit, baterai hanya berkurang sekitar 8%. Menariknya nya lagi, untuk pengisian daya, OPPO A57 sudah mendukung fast charging 33W. Fitur fast charging ini memungkinkan baterai ponsel bisa terisi hingga 50 persen dalam waktu kurang dari setengah jam atau 26 menit saja.

Meski pengisian dayanya cepat, OPPO menjamin keamanannya melalui Charging Heat Technology. Fitur ini pertama hadir di ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan perlindungan over-voltage dan over-current voltage, yang memungkinkan pengisian daya 33W SUPERVOOC akan aman meskipun daya yang dialirkan sangatlah besar.

Tidak hanya itu, dengan adanya fitur Super Nighttime Standby akan membantu memaksimalkan baterai terakhir ketika sangat dibutuhkan. Tentunya dengan hal ini, pengguna akan merasa aman ketika mengetahui masa pakai baterai terakhir dapat bertahan hingga menemukan tempat untuk mengisi daya. Meskipun kondisi baterai hanya tersisa 5 persen, pengguna tetap bisa menelepon, SMS, maupun menggunakan aplikasi navigasi dengan lancar.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp 2,4 juta, menurut saya OPPO A57 menawarkan fitur yang cukup lengkap di kelasnya dengan pengalaman penggunaan yang memuaskan untuk smartphone yang berada di kelas entry-level. Apalagi, ponsel terbaru seri A dari OPPO ini juga memiliki desain cantik yang mengusung OPPO Glow Design yang merupakan konsep desain back cover yang ada di Reno series. Dari harga dan semua yang ditawarkan oleh ponsel ini, menurut saya OPPO A57 menjadi salah satu smartphone entry level yang patut di lirik.