Review OPPO A77s – Harga 3 Jutaan, Layak Jadi Pilihan

GadgetSquad.id – OPPO semakin menunjukkan tajinya sebagai vendor nomor satu di Indonesia (Q3 2022, menurut dara Canalys), dengan meluncurkan seri smartphone terbaru yang mengisi semua lini harga. Dan kali ini giliran OPPO A77s yang diluncurkan untuk bersaing di level harga 3 jutaan. 

review Oppo A77s (2)

Review OPPO A77s 

Hp terbaru OPPO A77s tidak serta-merta hadir begitu saja untuk bersaing tanpa mengusung sejumlah keunggulannya. Ada beberapa fitur unggulan dari OPPO A77s yang layak dipertimbangkan sebagai daya tariknya, antara lain seperti yang akan GadgetSquad dibahas pada review berikut ini :   

 

  • Desain Elegan

OPPO A77s hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Sunset Orange dan Staring Black. Nah, Hp yang GadgetSquad pegang untuk review ini adalah OPPO A77s Sunset Orange. Asli keren sih ini. Bodi belakangnya mengguna bahan seperti kulit atau disebut dengan fiberglass leather, jujurly ini terlihat dan terasa elegan. Sedangkan untuk warna Staring Black menggunakan bahan polycarbonate yang dipadukan dengan desain OPPO Glow, jadi saat terkena sinar pada posisi tertentu akan terlihat seperti ada kelap-kelip mirip bintang.

Baca juga : OPPO A77s Bawa Desain Fiberglass Leather Design Dari Reno7

review Oppo A77s (6)

OPPO A77s juga didesain secara Retro Ultra Slim, maksudnya bentuk sekeliling pinggiran hape ini dibuat rata, tidak membulat. Selain itu bodinya juga masih terasa slim saat digenggam tangan. OPPO juga memperhatikan soal durabilitas atau ketahanan Hp terbarunya ini. Itulah mengapa OPPO A77s sudah mengantongi sertifikasi IPX4/IP5X yang membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air, jadi aman jika basah karena air hujan.

 

  • Layar Luas

OPPO A77s mengusung layar berukuran luas, yaitu 6,56 inci. Layar ini menggunakan teknolodi IPS dengan ketajama resolusi HD+. Meski belum berrresolusi Full HD, tapi tampilan gambar di layar ini masih terlihat tajam dan terang.  

Begitu juga saat berganti-ganti tampilan gambar, terlihat berjalan mulus. Ini karena sudah memiliki refresh rate 90 Hz. Mulai dari mengusap atas-bawah  tampilan aplikasi sosmed hingga bermain game grafis berat, masih terlihat mulus di layar ini. Tapi yang sedikit disayangkan, untuk kamera depan yang ada di bagian atas layar, desainnya masih waterdrop, jadi terlihat sedikit mengganggu tampilan layar. Andaikan desain kamera ini hanya berupa lubang kecil atau punch hole, terlihat lebih nyaman. Tapi hal ini bukan masalah besar sih.     

review Oppo A77s (8)

  • Performa

Untuk performanya, OPPO A77s mengandalkan prosesor Snapdrafon 680. Selain itu juga  didukung RAM 8GB. Bahkan Seperti kebanyakan Hp terbaru lainnya saat ini, A77s juga sudah didukung teknologi RAM Expansion, jadi kapasitas RAM bisa ditambah hingga sebesar 5GB saat dibutuhkan performa yang lebih tinggi lagi.

Baca juga : Menjajal Performa Gaming OPPO A77s, Lancar Jaya !

Untuk memorinya, A77s sudah dibekali dengan kapasitas storage sebesar 128 GB. Kapasitas ini sudah terbilang besar untuk Hp keluaran terbaru seperti A77s ini. Tapi jika masih kurang masih bisa ditambah hingga kapasitas 1 TB melalui memori eksternal yang sudah disediakan slotnya. 

review Oppo A77s (9)

Saat GadgetSquad mencoba performa A77s untuk bermain game Subway Surf dan Mobile Legends, ternyata Hp ini bisa menjalankan game ini dengan lancar tanpa ngelag. Bahkan ketika main game Mobile Legend dicoba pada setingan grafis di pilihan Ultra, game bisa berjalan lancar dan stabil dengan refresh rate 69 fps. 

Menariknya, Hp OPPO terbaru ini sudah dilengkapi dengan dual speaker yaitu di bodi atas dan di atas layar. Di mana speaker ini sudah dilengkapi dengan fitur Real Sound Techmology yang bisa menaikkan volume hingga 200 persen. Jadi suara bisa tetap terdengar meski sedang berada di area bising. 

  • Baterai Plus Fast Charging

Saat menggunakan OPPO A77s untuk berbagai aktivitas, mulai dari akses sosmed, nonton streaming film, hingga bermain game, ternyata baterai bisa bertahan cukup lama, yaa..sekitar seharian. Ini karena kapasitas baterainya sudah cukup besar, yaitu 5.000 mAh.  

review Oppo A77s (10)

Dan hebatnya lagi, meski digunakan secara nonstop, A77s tidak terasa panas. Ini sepertinya efek dari fitur Multi Cooling System yang sudah dibenamkan di dalamnya. Saat kondisi baterai lowbath, ternyata tidak perlu menunggu lama agar kapasitas baterai kembali full. Berkat teknologi SuperVooc 33 Watt, baterai ini bisa terisi kembali dari kondisi nol hingga 100 persen selama kurang lebih 1 jam. Dan untungnya dalam box paket penjualan sudah disertakan kepala charger SuperVooc 33 Watt. 

 

  • Kamera 50 Mpix

Jangan menyepelekan kamera di OPPO A77s yang hanya membawa dual camera. Karena kamera utamanya ternyata sudah berresolusi 50 Mpix. Ini jadi jaminan kalau hasil foto tidak akan terlihat pecah. Dan benar saja dari beberapa tangkapan kamera yang GadgetSquad coba ambil, memang hasilnya terlihat tajam. 

review OPPO A77s (15)

Oiya..untuk lensa kamera satunya lagi merupakan kamera Dept dengan resolusi 2 MPix. Kamera ini berfungsi untuk membantu menghasil foto dengan background blur. Dan ternyata hasil foto bokehnya memang memuaskan, foto objek fokus terlihat tajam dengan background yang blurnya juga terlihat rapih.

Apalagi jika kamu mengambil foto objek dengan bagian background berupa lampu-lampu di malam hari, kamera ini bisa menghasil foto bokeh yang keren. Ini berkat fitur Bokeh Flare Portrait yang membuat background blur foto terlihat mewah dengan kelap-kelip dari cahaya lampu. Fitur  Bokeh Flare Portrait  juga bisa digunakan saat foto selfie, sehingga terlihat keren. Oiya..untuk kamera depan untuk foto selfie, sudah berresolusi 8 Mpix

review Oppo A77s (13)

Untuk kemampuan merekamnya, kamera di OPPO A77s baik dual kamera belakang maupun kamera depan, sudah bisa merekam video hingga resolusi Full HD 30 fps. Tapi sayangnya saat dicoba untuk merekam sambil bergerak atau berjalan, sedikit terlihat kurang stabil. 

Berikut ini beberapa hasil foto dari kamera OPPO A77s : 

 

Kesimpulan :

OPPO A77s dijual dengan harga Rp3.499.000. Hp ini layak menjadi pilihan buat kamu yang ingin membeli Hp di harga 3 jutaan. Ini karena ada beberapa keunggulannya yang menjadi daya tarik. Seperti desain bodinya yang berlapis bahan fiberglass leather (untuk varian warna Sunset Orange) yang memberi kesan elegan. Belum lagi kameranya yang sudah berresolusi tinggi yaitu 50 Mpix. Performna juga bisa diandalkan dengan dukungan prosesor Snapdragon 680 dan RAM 8GB sertta teknolofi RAM Expansion. Dan beberapa keunggulan lainnya. Meski sedikit disayangkan Hp ini belum dilengkapi NFC. 

Spesifikasi OPPO A77s
Warna Sunset Orange & Stary Black
Ukuran 163.8 x 75 x 8 mm
Berat 187 gram
Layar 6.56’ HD+ (1600×720 pixel) Waterdrop LCD
CPU Snapdragon 680
Sistem Operasi Android 12, ColorOS 12.1
RAM & ROM 8 GB LPDDR4X + 128 GB
Kamera Utama 50 MP, f/1.8, 27mm (wide), PDAF + 2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Depan 8 MP, f/2.0, 26mm (wide)
Sertifikasi IPX4
Baterai dan pengisian daya 5.000 mAh, Super VOOC 33 watt
Harga Rp3.499.000