Review OPPO A96 : Desain Cantik, Kamera Apik

GadgetSquad.id –  OPPO A96 baru saja rilis di Indonesia. perangkat ini menawarkan berbagai peningkatan dan fitur terbaru. Sejauh pengalaman penggunaan kami, OPPO A96 merupakan ponsel yang asyik dan nyaman digunakan untuk daily driver. Tidak percaya? Yuk, simak review OPPO A96 berikut ini!

review OPPO A96 (9)

Review OPPO A96

Tergolong sebagai smartphone kelas menengah, OPPO A96 yang dijual seharga 4 jutaan tampil mengesankan baik dari sisi desain maupun kelengkapan fitur dan spesifikasi yang dibawanya.

  • Desain

Ketika melakukan review OPPO A96, perangkat ini memiliki desain yang cukup tipis, dengan ketebalan hanya 8,4mm. Ketebalan tersebut juga membuatnyal ramping dan mudah ketika ponsel dimasukan ke dalam kantong celana tanpa membuat efek gembung. Sedangkan, beratnya hanya 190 gram yang membuat perangkat ini cukup ringan dan tidak membuat tangan mudah pegal saat menggunakan dengan satu tangan.

Baca juga : Yuk Intip Isi Kemasan OPPO A96

Jika dilihat dari tampilan belakang, OPPO A96 memiliki desain cantik dan memukau dengan sentuhan teknologi OPPO Glow. Di mana, lapisan tersebut memiliki efek gradien warna yang bisa berubah-ubah jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Jika dilihat secara seksama, pada teknologi ini, menggabungkan warna bertekstur matte yang membuat perangkat terasa sangat halus, nyaman untuk dipegang dan terbebas dari noda sidik jari yang menempel.

review OPPO A96 (14)

Tak hanya itu, teknologi OPPO Glow juga berfungsi sebagai lapisan anti gores, dimana dapat melindungi body cover perangkat dari beberapa jenis goresan benda tajam. OPPO A96 hadir dalam dua pilihan warna yakni, Starry Black dan Pearl Pink seperti unit yang kamu uji kali ini.

Di balik tampilannya yang cantik, A96 juga menawarkan OPPO Enduring Quality berupa serangkaian pengujian yang memastikan perangkat ekstra aman jika digunakan dalam jangka waktu panjang. Pengetesan tersebut meliputi uji jatuh, uji colokan kabel USB, ketahanan terhadap cuaca dan radiasi hingga uji penekanan pada tombol dan volume (screenshot). Selain itu, perangkat ini juga sudah memiliki sertifikasi IP5X yang tahan terhadap debu, IPX4 tahan terhadap percikan air hingga tahan tekanan dengan bobot 15 kg.

 

  • Layar 

Beralih pada sektor layar, OPPO A96 memiliki ukuran yang cukup luas dengan bentang  6,59 inci dengan 95% NTSC Wide Color Gamut yang menghadirkan standar kualitas warna yang mudah ditangkap mata manusia. Selain itu, OPPO A96 hadir dengan bezel layar yang cukup tipis, rasio screen-to-body dari perangkat ini mampu mencapai 90,8 persen. Dengan demikian mampu memberikan pengalaman visual terbaik kepada penggunanya.

Pengalaman review OPPO A96 dan menggunakan Hp ini buat nonton film streaming di resolusi tinggi juga jadi lebih menyenangkan, Karena gambar yang ditampilkan jadi lebih jernih dan tajam. Tak hanya itu, refresh rate yang tinggi 90Hz dengan touch sampling 180Hz di perangkat ini juga memberikan pengalaman yang mulus saat scrolling antar aplikasi ataupun saat kami sedang memainkan game terasa lebih nyaman.

OPPO A96 dibekali layar berbentang 6,59 inci dengan 95% NTSC Wide Color Gamut yang menghadirkan standar kualitas warna yang mudah ditangkap mata manusia. Layar tersebut memiliki refresh rate 90 Hz, sehingga menjanjikan kualitas visual yang baik untuk tayangan hiburan dan bermain game.

  • Performa

OPPO A96 dibekali dengan prosesor Snapdragon 680 dengan arsitektur 6nm yang memiliki kemampuan processing lebih tinggi, tapi tetap irit daya. Sedangkan di sisi grafis, perangkat ini diperkuat dengan GPU Adreno 610 yang sudah mumpuni untuk melakukan berbagai aktivitas biasa di smartphone maupun memainkan game berat tanpa lag yang berarti.

Untuk mendukung performanya, OPPO A96 menjadi perangkat pertama pada lini seri A yang membawa kapasitas penyimpanan ekstra besar 256GB. Jika dirasa kurang, tersedia ekstra perluasan dengan microSD hingga kapasitas 1TB. Tak hanya itu, untuk memberikan performa sistem operasi yang lancar, RAM ekstra besar juga dihadirkan pada perangkat ini dengan fitur ekspansi RAM.

review OPPO A96 (6)

Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara masuk ke setelan, kemudian pilih tentang perangkat, lalu pilih RAM. Pada fitur ini tersedia tiga opsi besaran RAM yang bisa di pilih, mulai dari 2GB, 3GB hingga pilihan kapasitas paling besar 5GB yang menghasilkan total RAM sebesar 13GB jika dibutuhkan. Dengan fitur ini, bertujuan untuk memperlancar penggunaan secara multitasking atau saat membuka antar aplikasi multimedia dan game.

Saat melakukan review OPPO A96 dalam pengujian ranking AnTuTu Benchmark, smartphone mid-range ini memiliki performa yang cukup baik melalui hasil uji yang ada. Sebagai varian A series terbaru, smartphone ini memiliki perolehan skor benchmark lebih dari 277 ribu poin.

 

Performa Gaming

Untuk menguji performanya saat me- review OPPO A96, ada dua gim yang kami coba mainkan yaitu, Call Off Duty Mobile dan Arena Of Valor. Kedua gim ini cukup populer dan memerlukan spesifikasi yang mumpuni agar dapat berjalan dengan optimal.

  • Call Of Duty Mobile

Performa gaming OPPO A96 di gim ini cukup baik. Perangkat ini dapat berjalan pada setelan grafis Very High dan opsi frame rate Medium dengan lancar dan tanpa lag.  Dalam kondisi grafik ramai pun, menampilan tampilan yang apik dan tidak ada bagian gambar yang tertinggal.

 

  • Arena Of Valor

Sedangkan pada game AOV, perangkat ini bisa menjalankan gim sangat playable dan lancar untuk dimainkan. Tekstur dan detail gambar yang dihasilkan memiliki kualitas dan saturasi warna yang cukup baik. Overall, selama memainkan dua gim ini dalam waktu sekitar satu jam lamanya, kami merasa cukup nyaman dan tidak menemukan kendala yang berarti.

Selain itu, untuk memastikan gim semakin nyaman dimainkan, OPPO A96 juga dilengkapi dengan sederet fitur untuk mendukung optimasi daya yang lebih baik.

 

Game Space:

  • Game Focus Mode, fitur ini memungkinkan untuk memblokir atau menonaktifkan semua gangguan termasuk notifikasi chat atau telepon masuk saat bermain gim.

 

  • Performance Mode, terdapat tiga opsi yang bisa dipilih yakni Competition Mode, Balanced Mode, dan Low Power Mode. Pada Competition Mode membuat seluruh resource memori hp untuk performa gaming yang lebih maksimal.

 

  • Bullet Screen Message, notifikasi dari instant messaging akan tampil di layar sebagai overlay di dalam gim. Hal ini memungkinkan pengguna bisa melihat isi pesan tanpa harus keluar dari permainan.

 

  • Quick Start Up, pada fitur mampu mengidentifikasi gim favorit yang paling sering dimainkan dan membuatnya tetap aktif pada latar belakang. Alhasil jika pengguna ingin kembali memainkan gim itu, secara otomatis perangkat akan membuat jalan pintas untuk langsung berada pada halaman beranda gim dalam satu kali klik. Dengan demikian hal Ini diklaim bisa menghemat waktu saat ingin bermain gim.

 

Dual Speaker

Bagi pengguna yang gemar menonton film streaming atau mendengarkan musik, OPPO A96 dibekali dengan dual speakers yang terletak di bagian bawah dan atas layar. Sebagai informasi tambahan, Ini merupakan pertama kalinya OPPO membekali lini A series dengan speaker ganda.

Untuk memaksimalkan pengalaman audio yang lebih baik, tersedia tiga skema sound efek yang bisa disesuaikan oleh penggunanya seperti, Movie, Game dan Music. Overall, menurut kami kualitas audio yang dihasilkan cukup baik dengan memberikan suara stereo berkualitas tinggi.

dari hasil review OPPO A96 , hentakan bass nya cukup kuat dan suara mid yang terdengar jernih. Ya, bisa kami bilang cukup bisa memanjakan telinga, ingin bermain main game atau sekedar menonton film streaming favorit jadi lebih seru!

review OPPO A96 (4)

Kamera

OPPO A96 dilengkapi dengan dual camera di bodi belakang, yang terdiri dari kamera belakang 50MP hadir dengan sensitivitas tinggi dan Kamera Bokeh 2MP. Kamera belakang juga mendukung 5x perbesaran digital dan 20x bidikan beruntun. Sedangkan kamera depannya berresolusi 16MP.

Kamera di Hp terbaru OPPO ini juga dilengkapi fitur terbaru seperti AI Natural Retouching mencakup penghilangan noda sekaligus mempertahankan fitur wajah alami. Sementara  itu, fitur 360° Fill Light membantu mencerahkan bidikan potret di lingkungan yang redup.

Fitur kamera tambahan seperti AI Palette, Bokeh Flare Portrait, Flash Snapshot, dan Selfie HDR akan memberikan lebih banyak fleksibilitas pengguna ketika mereka memotret dalam berbagai skenario berbeda.

Saat melakukan review OPPO A96 ini terutama fitur kameranya, hasil tangkapan kamera di Hp ini bisa menangkap gambar dengan hasil yang tajam dan jernih. Menurut kami, hasil jepretan dari kamera OPPO A96 ini bisa menghasilkan foto pada kondisi cahaya yang cukup di semua sektor. Baik di pencahayaan yang optimal ataupun pada kondisi kurang cahaya alias low light. Foto yang dihasilkan memiliki kontras yang pas, saturasi warna yang terjaga, rentang dynamic range yang luas dengan keseimbangan antara noise reduction dan detail gambar yang apik.

Baca juga : Begini Hasil Jepretan Kamera OPPO A96

Menariknya, OPPO A96 ini juga sudah dibekali dengan fitur AI Bokeh Flare Portrait yang terdapat dan menjadi fitur favorit di seri Reno. Selain hasil foto terlihat lebih terang dan jelas, pada latar belakang mampu menghasilkan efek bokeh artistik.

Secara keseluruhan, performa kamera depan cukup baik karena masih menampilkan warna dan exposure yang bagus meski membelakangi cahaya. Sama seperti kamera utama, kamera selfie Oppo A96 juga dilengkapi dengan mode Portrait agar dapat menampilkan efek bokeh.

Begitu pun dengan hasil rekaman videonya, kamera ini sanggup merekam video mencapai resolusi 1080p dalam 30fps yang terlihat tajam dan stabil.

 

Baterai

Untuk mencukupi kebutuhan tinggi penggunanya, OPPO A96 dibekali dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh dengan teknologi pengisian 33W SUPERVOOC. Pada saat mengisi daya perangkat, OPPO A96 hanya membutuhkan waktu selama 30 menit saja untuk bisa mengisi daya sebesar 55 persen, atau kondisi baterai 100 persen hanya dalam waktu 71 menit.

Setelah kami melakukan review OPPO A96 dengan penggunaan standar agak berat, perangkat ini bisa bertahan selama satu hari dengan sekali pengisian daya atau bahkan hingga dua hari jika anda termasuk tipe pengguna yang tidak terlalu intens menggunakan ponsel. Berdasarkan pengalaman kami, dengan kapasitas baterai yang ditawarkan cukup untuk mengakomodasi kebutuhan seharian, mulai dari chatting, telfonan, streaming, membuat konten hingga bermain game. Sebagai gambaran, saat kami uji bermain game Call Of Duty selama 30 menit, hasilnya baterai hanya berkurang sebanyak 8% saja.

 

Harga dan Spesifikasi 

Fitur Spesifikasi 
Prosesor Snapdragon® 680
Dimensi Panjang: sekitar 164,4 mm

 Lebar: sekitar 75,7 mm

 Ketebalan: sekitar 8,4 mm

 Berat: sekitar 190,9 gram

Layar 6,59 inci  

 Resolusi 1080 × 2412 FHD

 90Hz refresh rate + Adaptive Refresh Rate

 180Hz touch sampling rate

 96% NTSC wide color gamut

 90.8% screen-to-body ratio

Kamera Depan 16MP F/2.0
Kamera Utama 50MP F/1.8, 5x Perbesaran Digital, 20x Bidikan Beruntun

 2MP F/2.4 Kamera Bokeh

Buka Kunci perangkat Side Fingerprint Unlock + Face Recognition Unlock
RAM & Penyimpanan Internal 8GB + Ekspansi RAM (2GB, 3GB dan 5GB)

 256GB + perluasan MicroSD hingga 1TB

Baterai dan Pengisian Daya 5000mAh

 33W SUPERVOOCTM

Sertifikasi IPX4, IP5X, Netflix HD, Amazon HD
Speaker Dual Speakers Dual Microphones
NFC Didukung
Penampang Belakang OPPO Glow, Anti Noda & Sidik Jari, Anti Goresan
Warna Starry Black & Pearl Pink
Harga Rp4.299.000