Review OPPO F9 – Bawa Fitur Beda Yang (Mungkin) Belum Ada

0
84

GadgetSquad.id – Setelah merilis seri smartphone kelas atas yaitu OPPO Find X, tidak berselang lama OPPO meluncurkan seri smartphone terbaru di Indonesia. Tapi kali ini ditujukan untuk segmen kelas menengah. Hp OPPO terbaru tersebut yaitu OPPO F9. Untuk harga resmi OPPO F9 di Indonesia, Hp ini dijual seharga RP 4.299.000. Mengincar segmen menengah, OPPO F9 dijual dengan harga yang terjangkau. Kekuatan spesifikasi yang dibawa OPPO F9 sudah memenuhi kebutuhan zaman now. Tidak hanya itu, OPPO juga membenamkan beberapa fitur beda yang juga menjadi keunggulan Hp OPPO F9. Penasaran? Berikut review OPPO F9 :

 

Desain

Begitu melihat OPPO F9 langsung terlihat daya tariknya. Yaitu desain tampilannya yang baru berupa bodi dengan gradasi warna di bagian belakangnya. Dan belakangan ini desain seperti ini menjadi tren. Terbukti muncul beberapa Hp terbaru dengan mengusung tampilan yang sama.

OPPO F9 hadir dengan tersedia dalam pilihan warna gradasi Sunrise Red, Twilight Blue dan Starry Purple. Masih di bagian bodi belakang, juga disematkan disematkan sensor fingerprint. Bodi OPPO F9 memiliki ukuran dimensi 156,7 x 74 x 7.99 mm. Dengan memiliki bobot 169 gram. Dibilang ramping tidak dibilang lebar juga tidak, cukup pas di genggaman tangan. Pun bobotnya, Hp OPPO ini masih terasa tidak nyaman dipegang.

Layar

Beralih ke layar sentuhnya, secara spesifikasi memiliki ukuran 6,3 inci dengan aspect ratio 19,5 : 9. Pada review OPPO F9 yang dilakukan, layar ini terasa luas apalagi dengan tampilan yang menutupi hampir seluruh sisi depan Hp. Layarnya juga terlihat tajam dengan resolusi 2340 x  1080 pixels. Di dalamnya berjalan sistem operasi Android 8.1 yang dipadukan dengan ColorOS 5.2.

Yang menarik dari tampilan layar OPPO F9 yaitu tidak lagi menyematkan bagian notch memanjang di sisi atas. Masih ada bagian notch, tapi bentuknya kecil seperti tetesan air. Di notch itu terdapat lensa kamera depan.

Baca juga : Compare Video Slow Motion di Samsung Galaxy Note 9 dan OPPO F9

Smart Bar

Pada tampilan layar OPPO F9 terdapat Smart Bar. Ini merupakan pengembangan dari fitur Full screen multitasking yang ada di Find X. Jika sebelumnya tidak bisa menambahkan ikon lainnya, maka di Smart Bar bisa memasukan ikon yang lain.

Cara untuk menampilkan Smart Bar yaitu dengan mengusap samping layar ke arah kiri saat posisi vertical. Atau dengan mengusap pada sisi notch ke arah kiri saat posisi horizontal.

Ketika mengklik salah satu ikon menu aplikasi, maka aplikasi tersebut akan tampil di atas aplikasi yang sudah dibuka sebelumnya.

Game Side Bar

Ini mirip dengan Smart Bar, tapi muncul saat bermain game. Di sini disediakan fitur yang bisa membuat kamu gak terganggu saat bermain game.

Seperti mereject telepon masuk, memblock notifikasi, mem-pause game yang sedang dimainkan, dan lainnya. Semua fitur penunjang bermain game tersebut juga terdapat dalam fitur Game Space.

Kamera

Salah satu  yang menjadi fitur jagoan OPPO F9 adalah kamera. Terutama kamera depannya. Ini lantaran OPPO F9 dibekali kamera depan berresolusi besar, yaitu 25 Mpix dengan aperture f/2.0. Apalagi kamera selfie ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti Artistic Portrait Mode, AI Beuaty 2.1, AI Scene Recognition, Custom Beauty, Sensor HDR, Super Vivid, AR Sticker dan Slow Motion Video.

OPPO F9 juga dilengkapi dual camera di bodi belakang. Masing-masing berresolusi 16 Mpix (f/1.8, PDAF)  dan 2 Mpix (f/2.4). Dual camera ini juga dilengkapi fitur seperti Portrait Mode, HDR Sensor, AI Scene Recognition, efek bokeh dan Slow Motion Video. Kamera di OPPO F9 bisa merekam hingga resolusi 1080p.

Berbeda dengan smartphone lainnya, fitur Slow Motion Video di OPPO F9 bisa merekam video gerak lambat dengan durasi yang bisa ditentukan sendiri. Selain itu kamera ini juag sudah bisa merekam video dalam format Super Vivid. Dan asyiknya lagi, OPPO F9 juga sudah menyediakan fitur Video Editor.

Dari review OPPO F9 yang dilakukan, hasil foto terlihat tajam, terutama di kondisi siang hari. Meski begitu saat memotret di kondisi malam hari atau low light, hasil foto masih terbilang bagus.

Baca juga : Hp OPPO Dijanjikan Bakal Lebih Kencang Berkat Teknologi Hyper Boost

Kinerja

Untuk kinerjanya, OPPO F9 mengandalkan prosesor Mediatek Helio P60 Octacore, sama dengan prosesor OPPO F7. Performanya juga akan didukung GPU Mali-G72 MP3. Sedangkan RAM nya memiliki kapasitas 4 GB.

Untuk media penyimpanannya, smartphone ini bakal menyiapakan memori internal dengan kapasitas mencapapi 64 GB. Gak Cuma itu, kapasitas sebesar itu masih bisa diperbesar lagi dengan menggunakan bantuan slot microSD. Tinggal masukkan kartu memori ke slot tersebut, dimana besarnya kartu memori yang bisa dibaca slot tersebut mencapai kapasitas hingga 256 GB.

Dari review OPPO F9 yang kami uji, hhasil pengukuran kinerja menggunakan aplikasi Antutu Benhmark, didapat skor :

VOOC Flash Charge

Untuk daya tahan hidupnya, OPPO F9 dibekali baterai berkapasitas 3.500 mAh. Terbilang cukup besar untuk ukuran smartphone saat ini.  Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur VOOC Flash Charge.

Ini adalah fitur fast charging atau pengisian cepat yang dikembangkan sendiri oleh OPPO. Keunggulan fitur ini antara lain : bisa mencharging lebih cepat, yaitu 4x kali lebih cepat dari charger biasa. kamu bisa mencharge cukup 5 menit untuk membuat OPPO F9 sanggup digunakan menelpon selama 2 jam.

Teknologi ini sudah dilengkapi dengan 5 Layer Protection sehingga smartphonne akan terjaga keamanannya selama proses charging. Misalnya kamu bisa tetap bermain game meski smartphone ini sedang discharge. Selain itu teknologi ini juga memiliki fitur Cool Charging yang membuat perangkat tidak panas selama charging.