Review OPPO Reno5 F : Tak Sekedar Cantik Dari Luar !

OPPO Reno5 F, anggota baru di keluarga Reno5 series yang memiliki desain berbeda diantara saudaranya dan dibanderol dengan harga lebih terjangkau. Di Indonesia, Reno5 F dijual dengan harga yang sama dengan pendahulunya, Reno4 F saat pertama kali diluncurkan. Tidak hanya menawarkan desain yang cantik, ponsel ini juga menjanjikan performa terbaik di kelasnya dan cocok untuk para gamers muda.

Seperti apa keunggulan dari perangkat ini ?  Untuk lebih lengkapnya mari simak ulasan berikut !

Paket Penjualan

Sebelum bahas lebih lanjut tentang perangkat ini, dalam paket penjualan OPPO Reno5 F terdiri dari :

  • Unit Reno5 F
  • Kartu Garansi & Manual Book
  • Case
  • Sim Tray Ejector
  • Jelly Case Transparant
  • Kabel USB Type C
  • 30W VOOC Flash Charge 4.0
  • Headset

Desain Ramping dan Stylish

Secara desain, Reno5 F memiliki desain berbeda di Reno5 series. Tapi sejatinya, secara dimensi, desain OPPO Reno5 F dibuat sedikit lebih tebal dari generasi sebelumnya. Karena di bekali dengan pendingin khusus yakni, Multi Cooling-System untuk mendukung kebutuhan bermain game agar lebih optimal.

Selain itu hal lain yang ingin kami sampaikan OPPO Reno5 F sangat nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan memang hp ini memiliki body yang tipis dan ringan. Tebalnya hanya 7,8 mm dengan bobot 172 gram saja. Selain mudah dimasukkan ke dalam saku celana, perangkat ini juga nyaman digenggam dengan satu tangan. 

Untuk warnanya sendiri OPPO Reno5 F hadir dengan dua varian warna yakni, Fluid Black dan Fantastic Purple seperti unit yang kami review. Menariknya, pada bagian punggung HP selain dibentuk persegi melengkung secara smooth pada setiap sisinya, jika terkena efek cahaya akan terlihat mengkilap warna ungu di bagian atas dan hijau kebiruan di bagian bawahnya.

Layar Punch Hole AMOLED

Beralih ke sektor layar, menurut kami OPPO Reno5 F memiliki ukuran yang terbilang ideal. Hadir dengan 6,43 inci dengan jenis panel AMOLED (screen-to-body 90,8%) yang secara kualitasnya memiliki tampilan yang terang dan kaya warna. Selain itu, layar nya memiliki resolusi Full HD+ (2400 x 1080) dengan refresh rate 60 Hz dan Touch Sampling Rate up to 180 Hz di Game Mode.

Di bagian kiri atas layar terdapat punch hole untuk penempatan kamera selfie dan di bezel bagian layar atas terdapat Earpiece untuk panggilan suara. Untuk keamanannya, OPPO membekali Reno5 F dengan teknologi fingerprint kekinian yakni, In-Display Fingerprint 3.0. Di mana pada fitur ini memberikan tingkat responsive yang lebih cepat dan akurat jika dibandingkan dari generasi sebelumnya.

Bagi para pengguna yang sering beraktivitas di depan layar smartphone, seperti membaca e-book ataupun menonton film favorit, OPPO Reno5 F sudah dilengkapi dengan fitur All-Day AI Eye Comfort untuk memberikan pengalaman melihat layar dengan optimal baik dalam kondisi pencahayaan terang ataupun lebih redup. Dengan fitur Sunlight Screen, Moonlight Screen, dan AI Backlight buat nyesuain kecerahan layar secara otomatis tergantung pencahayaan.

Performa Kencang Dengan Helio P95

Untuk mendukung performanya, Reno5 F mengandalkan chipset MediaTek Helio P95 (12 nm) yang didukung dengan kapasitas RAM LPDDR4X sebesar 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Chipset ini memiliki konfigurasi CPU 2x Cortex A75 2.2 GHz + 6x Cortex A55 2.0 GHz, serta GPU PowerVR 9XM-HP8 970 Mhz. Sebagai info tambahan, Helio P95 sendiri merupakan salah satu chipset dengan kinerja AI (kecerdasan buatan) paling tinggi dikelasnya.

Chipset ini juga memiliki kecepatan kinerja yang lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. OPPO Reno5 F bisa membuka aplikasi 30 persen lebih cepat, touch delay response lebih rendah 13,75 persen, dan respon tombol lebih cepat 41,41 persen.

Performa Gaming

Untuk pengetesan gaming di OPPO Reno5 F, kami mencoba 2 game yang mewakili berbagai macam genre dan cukup populer saat ini di Playstore. Kedua game yang di maksud adalah AOV dan Call Of Duty Mobile.

Kinerja hp ini terbilang cukup baik saat kami coba untuk memainkan game AOV dan Call Of Duty Mobile. Dibeberapa bagian grafik ramai pun, game masih playable dan sangat lancaruntuk dimainkan. Tekstur dan detail gambar yang dihasilkan menurut kami juga memiliki kualitas dan saturasi warna yang cukup baik. Overall, selama memainkan dua game ini dalam waktu sekitar satu jam lamanya, kami merasa nyaman dan tidak menemukan kendala yang berarti.

Suhunya pun terbilang masih aman, karena dibekali dengan sistem pendingin khusus yakni, Multi Cooling-System yang merupakan paduan aluminium dengan konduktivitas termal tinggi sehingga memiliki kapasitas pembuangan panas 21,9 persen lebih efisien.

Selain itu, agar bermain game semakin nyaman OPPO Reno5 F juga di dilengkapi sederet fitur untuk mendukung optimasi daya yang lebih baik.

Game Space:

  • Game Focus Mode, fitur ini memungkinkan untuk memblokir atau menonaktifkan semua gangguan termasuk notifikasi chat atau telepon masuk saat bermain game.
  • Performance Mode, terdapat tiga opsi yang bisa dipilih yakni Competition Mode, Balanced Mode, dan Low Power Mode. Pada Competition Mode membuat seluruh resource memori hp untuk performa gaming yang lebih maksimal.
  • Bullet Screen Message, notifikasi dari instant messaging akan tampil di layar sebagai overlay di dalam game. Hal ini memungkinkan pengguna bisa melihat isi pesan tanpa harus keluar dari permainan.

Buat operasi sistemnya Reno5 F menjalankan ColorOS 11.1, menggunakan basis Android 11. Jika dibandingkan dengan ColorOS 7, versi tampilan antarmuka terbaru dari OPPO ini jauh lebih sederhana dan nyaman di mata. Dengan segudang fitur kustomisasi yang tersimpan rapih.

Kamera Ciamik Dengan Banyak Fitur

Untuk kebutuhan fotografinya, OPPO Reno5 F dibekali quad-camera dengan sensor utama 48 megapixel, lensa ultra-wide 8 megapixel, lensa makro 2 megapixel, dan lensa mono 2 megapixel. Bagi penggemar selfie, ada kamera sebesar 32 megapixel di bagian depan. Menurut kami, dengan konfigurasi ini memungkinkan untuk memotret dengan apik di berbagai skenario pemotretan.

Soal hasil, adanya sensor yang cukup besar sangat membantu untuk penangkapan cahaya yang maksimal dengan detail gambar yang lebih baik. Tak hanya itu, dari sisi fitur kameranya sendiri, sudah cukup lengkap untuk hasil yang maksimal. Pada mode portrait, bokeh yang dihasilkan cukup rapih. Tersedia juga efek-efek portrait yang bisa dicoba untuk membuat  konten lebih berbeda seperti, Dynamic Bokeh, Neon Portrait dan AI Color Portrait.

Selain itu, dalam pencahayaan yang kurang OPPO Reno5 F bisa menghasilkan foto yang terbilang cukup baik. Terdapat tiga filter Night Plus baru seperti Cosmopolitan, Astral, dan Dazzle. Cosmopolitan akan menambahkan sentuhan warna keemasan yang hangat. Sementara Astral memberikan efek warna hijau, biru, jingga, dan kuning. Dan Dazzle memberikan efek kilauan cahaya dari objek berwarna sehingga menghasilkan pemandangan lebih terlihat menarik.

Video

Pada sektor videografi, OPPO Reno5 F juga menawarkan beragam fitur untuk membuat konten yang menarik. Di kamera utama, perekaman video bisa menghasilkan kualitas 4k 30fps dengan fitur pendukung seperti, fitur ultra steady, video bokeh untukt kamera depan dan belakang, lengkap dengan efek color AI Portrait yang membuat video lebih keren dan dramatis.

Untuk pengguna yang gemar membuat video vlog, terdapat fitur dual-view video yang bisa merekam video dari kedua point of view kamera, yaitu depan dan belakang dengan kualitas gambar yang ciamik. Hal ini tentunya sangat membantu menghemat waktu untuk proses editing video, dengan adanya fitur ini jadi bisa ngerekam semuanya secara bersamaan.

Baterai

Dengan kapasitas baterai sebesar 4310 mAh, cukup untuk mendukung aktivitas seharian. Mulai dari telepon, bermain game, membuka sosmed hingga membuat konten foto maupun video. Saat kami menjajal daya tahan batre, sebagai gambaran jika dari pagi batre terisi penuh, pada malam hari hanya tersisa 10% saja.

Jujur, saat kondisi batre mulai menipis kami tidak terlalu khawatir soal itu. Pengisian daya oppo Reno5 F dibekali dengan teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charge 4.0 30 watt yang bisa diandalkan. Fitur fast charging ini memungkinkan baterai Reno5 F bisa terisi penuh dalam waktu kurang dari satu jam (Full Charging 56 minute).

Tidak hanya itu, Oppo Reno 5F dilengkapi dengan  fitur yang menurut kami cukup menarik dan sangat membantu ketika baterai sedang low dan lupa membawa charger. Yang pertama, fitur super power saving di mana mode ini bisa digunakan untuk menelepon selama 1 jam hanya menggunakan 5% daya baterai saja. Kemudian ada juga fitur Super Nighttime Standby yang secara otomatis bisa mengatur dan menjaga penggunaan daya seminimal mungkin saat pengguna tertidur.

Kesimpulan

Setelah kami coba gunakan hp ini selama beberapa minggu, Reno5 F memiliki banyak berbagai keunggulan dan fitur-fitur menarik yang kami suka dan benar-benar bisa diaplikasikan di keseharian. Dibanderol dengan harga Rp. 4.299.000,-, menurut kami Reno5 F ini sangat worth it untuk pengguna yang sedang mencari hp dikelas menengah. Apalagi, p ini juga bisa menghasilkan foto ataupun video berkualitas tinggi dengan segudang fitur mumpuni.