Review realme 9 4G : Desain Mewah, Kamera Bukan Gimmick, Tandem Pas Abadikan Ramadan

GadgetSquad.ID – Jika diibaratkan ajang balap seperti MotoGP atau gelaran Formula 1, realme terus menekan pedal gas, untuk menjadi yang terdepan dalam musim belanja Ramadan tahun ini. Yup, menurut GadgetSquad Ramadan kali ini realme terbilang sangat agresif, dibanding kompetitornya.

Ragam produk kece mulai dari segmen flagship, entry level smartphone, hingga kelas menengah silih berganti hadir, menggoda konsumen di Indonesia yang ingin membeli hape baru menyambut Ramadan. Nah, pertengahan Ramadan ini, satu lagi hape baru dari realme mendarat di meja redaksi GadgetSquad. Ini dia “realme 9 4G”.

Yah kok masih 4G. Yup memang belum 5G, tapi jangan meragukan kualitas realme dalam mengembang setiap produk yang dirilis, termasuk realme 9 4G. Mengusung slogan “108MP. Capture The Spark”, realme 9 4G dengan keunggulannya, siap menjadi tandem sejati melewati keseruan Ramadan kamu. Berikut hasil review realme 9 4G.

Desain
Sektor tampilan menjadi titik awal GadgetSquad bersenang-senang dengan realme 9 4G. Sesuai ekspektasi, semua produk realme dari berbagai kelas, selalu hadir dengan desain yang memesona, termasuk realme 9 4G yang saat ini berada dalam genggaman GadgetSquad.

Saat pertama digenggam, langsung terasa jika relame 9 4G ini memiliki bodi yang “singset” atau slim dengan bobotnya juga terbilang ringan. Kombinasi tersebut membuat tangan ini tak capat lelah, jika menggengam realme 9 4G dalam waktu lama. Secara keseluruhan hape ini punya dimensi 160.2mm x 73.3mm x 7.99mm dengan berat 178g

Selain bodi yang slim, keistimewaan lain hape ini dari sisi eksterior, yakni dari konsep desain bodi belakangnya. Mengusung konsep “Ripple Holographic Design”, tampilan bodi belakang hape ini terinspirasi oleh cahaya dari gurun.

Salah satu yang membuat istimewa dari konsep desain yang diusung, bodi belakang realme 9 4G akan berubah warna, saat terkena pantulan cahaya matahari. Selain itu bias cahaya dan bayangan di tangan, mampu menampilkan efek ombak pada bodi smartphone ini.

Sebagai info, desain bodi belakang hape ini melalui 6 lapisan pengerjaan yang sangat indah, realme pertama kalinya menggabungkan Plasma Atom-coating Process dan UV-nano Imprinting Process untuk menciptakan tekstur 3D bergelombang.

Kemudian realme 9 4G dilapisi dynamic 3D ripple texture yang diciptakan melalui proses Plasma Atom-coating dan UV-Nano Imprinting yang inovatif. Dengan teknik tersebut, mampu menampilkan desain dengan efek cahaya bergelombang seperti ombak.

Singkat cerita, setelah melalui proses tersebut, hadirlah realme 9 4G yang nampak begitu elegan dengan desain bodi belakang begitu keren dan kekinian sob. Hape ini sendiri tersedia dalam pilihan Stargaze White, Sunburst Gold dan Meteor Black. Dalam review realme 4G kali ini, GadgetSquad mengulik warna Meteor Black.

Layar
Nggak afdol jika mengulas sisi eksterior tapi tidak mengulas sektor layar. Demi memberi pengalaman terbaik melewati keseruan bulan Ramadan, Hari Raya dan seterusnya, realme 9 4G menghadirkan sajian visual dari layar bergaris tengah 6,4 inci dengan resolusi FHD+. Layarnya sendiri mengadopsi panel Super AMOLED dengan rate 90Hz.

Saat GadgetSquad uji dengan streaming video serta nge-gim, kombinasi teknologi yang tertanam di layar realme 9 4G, mampu bekerja maksimal menghadirkan pengalaman visual yang memanjakan mata. Hal lain yang perlu dicatat, layar hape ini mengusung 360Hz touch sample rate, membuat sentuhan dan pergeseran di layar semakin halus.

Tidak cukup sampai disitu, pihak vendor juga sudah membenamkan teknologi 10240-level brightness auto adjustment yang canggih pada realme 9 5G. Teknologi itu dapat menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitar. Sehingga kamu dapat menatap layar dengan lebih nyaman, meski dalam waktu lama.

Selain itu dengan 90.8% Screen-to-Body Ratio, tentu menambah rasa nyaman pandangan mata. Soal keamanan, jangan takut layar realme 9 4G mudah tergores, lantaran sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Berkaca pada amunisi yang diberikan, layar hape ini lebih dari cukup untuk bersaing dengan produk lain di level yang sama.

Kamera
Review 9 4G tiba juga di sektor kamera. Seiring berjalannya waktu, hape dengan kamera kece gak hanya hadir untuk produk kelas flagship. Kini dengan modal 2 jutaan, banyak hape yang memiliki amunisi berkualitas di sektor imaging. Apakah realme 9 4G salah satunya?

Sempat disinggung di awal, jika realme 9 4G memiliki slogan “108MP. Capture The Spark”, artinya sudah jelas ketangguhan di sektor kamera menjadi daya pikat jagoan terbaru realme ini. Melirik amunisi yang diusung di sektor kamera, menurut GadgetSquad hape ini memiliki potensi hasil foto yang menjanjikan.

Untuk merekam berbagai momen spesial, realme 9 4G sudah membenamkan 3 kamera di bagian belakang. Komposisinya sendiri, kamera utama 108MP dengan sensor Samsung ISOCELL HM6. Kamera utama mendapat tandem lensa Super-wide 8MP dan makro 2MP. Tak ketinggalan kamera depan 16MP.

Lebih jauh mengulik kamera utama realme 9 4G yang hadir dengan sensor Samsung ISOCELL HM6. Keunggulan sensor Samsung ISOCELL HM6 yakni, sudah mengadopsi Nonapixel Plus yang nota bene adalah teknologi baru 9 in 1. Tidak seperti teknologi 3-average tradisional HM2, teknologi ini benar-benar menggabungkan 9 piksel menjadi satu.

Alhasil, sensitivitas cahaya low-dark light dan fitur noise control capability mendapat peningkatan, sehingga menciptakan performa maksimal untuk pemotretan malam hari berkat dukungan smart ISO, kecerahan maksimum sensor HM6 meningkat 1,6 kali dalam kondisi minim cahaya.

Saat GadgetSquad menguji dengan berburu foto malam, harus diakui teknologi yang dimiliki hape ini tidak mengkhianati hasil. Sebagai hape 2 jutaan, menurut GadgetSquad hasil bidikan foto malam realme 9 4G, salah satu yang terbaik di kelasnya.

Asiknya lagi, demi hasil bidikan yang lebih artistik, serta guna menjawab permintaan para fans, realme menghadirkan fitur street photography Mode 2.0 di hape ini. Sebelumnya fitur tersebut terlebih dulu hadir di seri realme 9 Pro+. Fitur Street Photography Mode 2.0 mendapat pembaruan seperti filter Peak & Zoom dan Pop 90-an.

Untuk sensor kamera lainnya, menurut GadgetSquad memilik hasil bidikan mumpuni. Sementara itu hasil bidikan kamera depan yang bertumpu pada lensa 16MP, kreasi Sony tipe IMX471 lengkap dengan teknologi AI Beauty Camera, tidak kalah sip dengan kompetitor di kelas yang sama.

Sedangkan saat diuji mengambil video, realme 9 4G mampu merekam konten bergerak dengan kualitas gambar 1080P/30fps. Fitur pendukung di sektor video recorder, juga sudah terbilang lengkap layaknya tren hape masa kini.

Hasil foto realme 9 4G

Performa
Bergeser ke soal performa, hal ini tentu erat hubungannya dengan spesifikasi di area dapur pacu. Berdasarkan data yang didapat, dapur pacu realme 9 4G dikomandoi chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan proses fabrikasi 6nm yang tercanggih di kelasnya.

Dukungan chip Qualcomm 4G baru, diklaim sanggup meningkatkan performa smartphone ketika bermain game, termasuk aktivitas lainnya. Chipsetnya sendiri menjadi pondasi prosesor Octa-core (Cortex-A73 2.4GHz x 4 + Cortex-A53 1.9GHz x 4), plus GPU Adreno 610.

Agar performa lebih terjaga, realme 9 4G mendapat asupan RAM cukup besar. Hape ini sendiri hadir dalam dua pilihan, yakni RAM 6GB dan 8GB. Varian 8GB mendukung Dynamic RAM Expansion hingga 5GB. Sementara untuk menyimpan data, terdapat internal 128GB, plus slot eksternal memori microSD.

Menurut GadgetSquad, mesin tempur realme 9 4G terbilang sangat bertenaga untuk bertarung di kelasnya. Ketika proses pengujian pun tidak banyak kendala berarti yang dirasakan. Mulai dari digeber nge-gim, streaming film dan musik, hingga di push menjalan berbagai aplikasi secara multitasking, performa hape ini lancar jaya.

Fitur menarik lainnya
realme 9 4G berkerja dengan platfrom realme UI 3.0 berbasis Android 12. Tampilan UI terbaru tersebut nampak menyegarkan dengan desain Fluid Space dan Sketchpad AOD. menu menarik lainnya yang bisa kamu rasakan, diantaranya In-display fingerprint (Sensor sidik jari di dalam layar).

Sensor sidik jari dalam layar pada realme 9 juga terintegrasi dengan deteksi detak jantung yang 98% hasilnya akurat. Hanya saja, deteksi detak jantung ini bukanlah alat medis yang dapat mendiagnosa lebih lanjut namun hanya sebagai referensi.

Hal lain yang patut diketahui, permukaan pada body hape memiliki fitur waterproof yang dapat melindungi realme 9 dari percikan atau tumpahan air. Pihak vendor juga mengklaim realme 9 4G, termasuk hape tangguh, dimana dalam pengembangkannya sudah lolos dalam berbagai skenario pengujian ketahanan.

Pengujian ketahan tersebut meliputi pergantian berulang 4000 kali, tes tombol daya 300000 kali, uji tombol volume 150000 kali, tes pasang dan cabut USB sebanyak 20000 kali, temperature shock -40 ~ 75, 150 siklus, hingga uji ketahanan suhu tinggi jangka panjang dan kelembaban tinggi dengan suhu 65℃/95%RH/14-hari.

Baterai
Review realme 9 4G berlanjut ke wilayah daya tahan. Sumber energi realme 9 4G, bertumpu kepada baterai berkapasitas 5000 mAh. Ukuran baterai tersebu terbilang sudah cukup besar. Berdasarkan pengujian yang dilakuan realme, baterai 5000mAh tersebut membuat realme 9 4G, bertahan dalam mode standby selama kurang lebih 48 hari

Masih menurut data pihak realme. Ketika digunakan melakukan panggilan telpon, realme 9 sanggup bertahan 48 jam dan 18 jam untuk video. Saat GadgetSquad membuktikan langsung dengan secara stimultan nge-gim, mendengarkan musik, nonton film streaming, serta berbagai aktivitas keseharian lainnya selama kurang lebih 2 jam nonstop.

Hasil pengujian GadgetSquad menunjukan baterai realme 9 4G berkurang sekitar 20 persen, hal tersebut terbilang masih wajar dan cukup irit. Untuk efisiensi waktu, sumber energi di hape ini mendukung fitur 33W Dart Charge, dimana baterai dapat terisi penuh 50% hanya dalam waktu 31 menit.

Kesimpulan
Pasar yang begitu besar, membuat persaingan hape pada rentang 2 jutaan terbilang sangat ketat. Agar menarik perhatian, setiap vendor terus melakukan inovasi, inilah yang dilakukan realme dengan seri realme 9 4G. Tak sekedar mengganti nama seri namun “jeroannya” masih sama, realme 9 4G punya inovasi berkelas.

Salah satunya di sektor imaging, hape ini berani mengusung kamera 108MP. Tak sekedar gimmick, saat diuji kamera realme 9 4G punya kualitas di atas rata-rata, kompetitor di segmen yang sama. Desainnya juga sangat inovatif nan kekinian, performa bertenaga, baterai awet dan masih banyak keunggulan lain.

Satu hal yang terpenting, semua keunggulan tersebut bisa didapatkan hanya bermodal 2 jutaan saja. Di plot sebagai “The best 108MP to capture Ramadan in 2 juta”, dari hasil uji realme 9 4G memang layak menjadi salah satu target, bagi kamu yang mencari hape baru sebagai tandem meng-capture keindahan Bulan Suci. Selamat Hari Raya!!!