Review realme Buds Air 3 : TWS Nyaman, Performa Impresif !

Bersamaan dengan peluncuran realme GT 2 Pro dan realme Narzo 50 Pro, realme juga meluncurkan perangkat audio nirkabel terbarunya di Indonesia yakni, realme Buds Air 3. TWS dengan model In-ear ini diklaim akan menjadi new flagship killer Active Noise Cancellation (ANC) yang hadir dengan banyak peningkatan dari generasi sebelumnya.

Lantas bagaimana dengan performa dan fitur yang ditawarkan ? Berikut review pengalaman kami menggunakan realme Buds Air 3 selama satu minggu terakhir.

Desain

Jika dibandingkan dari generasi sebelumnya yakni realme Buds Air 2, realme Buds Air 3 membawa desain baru dengan tampilan yang lebih modern. Memiliki bentuk yang sedikit melebar namun tetap ergonomis dengan tepian sudut yang membulat. Hal yang paling kami suka adalah penempatan logo realme di bagian atas tutup case dengan tampilan yang menarik seolah nampak memiliki permukaan kaca transparan. Jujur, menurut kami sentuhan ini sangat menarik dan menjadikan ciri khas dari TWS yang beredar dipasaran.

Dari segi ukuran TWS terbaru besutan realme ini juga cukup kompak (64,5 x 48,3 x 24,3 mm), dan ringan dengan bobot 37 gram, sehingga mudah untuk dimasukan ke dalam saku celana saat dibawa bepergian. Materialnya menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan build quality nya yang cukup kokoh. Hal tersebut juga bisa dibuktikan saat kami membuka dan menutup charging case-nya, tidak menemukan kesan ringkih.

Sedangkan untuk varian warnanya, realme Buds Air 3 tersedia dengan dua pilihan warna yakni, Galaxy White dan Starry Blue seperti unit yang kami ulas. Selain terlihat stylish dan elegan, permukaan glossy pada charging case nya juga tidak mudah terkena bekas sidik jari yang menempel. Di bagian depan bodi, terdapat LED indikator dan tombol kecil disamping kanan untuk mengaktifkan proses pairing atau me-reset perangkat ke pengaturan pabrik. Sedangkan di bagian bawah terdapat jenis port USB-C untuk charging case.

Beralih pada desain earbuds dilapisi dengan tekstur glossy yang memberikan kesan mewah. Tiap earbud-nya pun dirancang cukup manis dengan dua aksen warna yang sedikit berbeda. Model earbuds TWS ini adalah in ear buds, dimana posisi earbuds akan masuk ke dalam telinga untuk mendapatkan pendengaran yang lebih maksimal. Tingkat kekedapannya pun bisa  diandalkan, sehingga pengguna bisa mendengarkan musik favorit lebih fokus.

Pada paket penjualannya, realme Buds Air 3 dilengkapi dengan dua buah eartip dengan dengan material silikon yang memiliki ukuran berbeda agar penggunanya bisa menyesuaikan ukuran lubang telinga untuk kenyamanan saat digunakan.

Konektivitas

realme Buds Air 3 akan langsung terdeteksi di ponsel saat tutup casing dibuka. Tapi jika pengguna ingin menyambungkan dengan perangkat lain, cukup hanya perlu menekan tombol kecil yang ada di bagian samping kanan selama 2 detik untuk masuk ke mode pairing.

Bagi anda yang terbiasa menggunakan dua perangkat dalam satu waktu, realme Buds Air 3 sudah dibekali dengan fitur Dual Device Connection, dimana fitur ini memungkinkan penggunanya untuk bisa mengkoneksikan ke dua perangkat sekaligus tanpa harus memutuskan koneksi salah satu perangkat. Selain itu, TWS ini juga sudah didukung dengan Bluetooth 5.2 yang membuat efisiensi daya menjadi lebih baik serta koneksi lebih kuat.

Kualitas Audio

Berbicara soal kenyamanan pakai memang relatif, menurut kami realme Buds Air 3 ini nyaman dipakai dan tidak mengganggu telinga. Selain itu, berat dari setiap earbuds pun cukup ringan, sehingga nyaman saat kami gunakan dalam waktu lama. Selain itu, kedua earbud ini juga dilengkapi dengan driver sebesar 10mm, dengan penggu realmenaan material komposit polimer dari kristal cair. Alhasil, dari material tersebut realme Buds Air 3 diklaim bisa menghasilkan suara bass yang lebih mendalam dan memberikan pengalaman audio visual yang imersif. TWS ini juga cocok digunakan di luar ruangan atau untuk aktivitas olahraga, karena dilengkapi dengan rating IPX5 yang aman dan tahan terkena percikan air, hujan ataupun keringat.

Realme Buds Air 3 didukung dengan Active Noise Cancellation hingga frekuensi 42dB yang bisa meredam suara bising di sekitar ke dalam beberapa tingkatan. Terdapat tiga mode yang bisa dipilih dan disesuaikan saat penggunaan yang terdiri dari Noise Cancellation, Normal dan Transparency. Menariknya, realme Buds Air 3 juga menjadi TWS pertama di industri yang mendapatkan sertifikasi dari TUV Rheinland suntuk kemampuannya meredam kebisingan.

Saat kami coba gunakan untuk mendengarkan musik beat bergenre R&B, fitur dari ANC di perangkat ini bisa berjalan dengan sangat baik. Separasi tiap instrumen nya pun bisa terdengar jelas ketika kami mendengarkan lagu Sunflower dari Post Malone feat Swae Lee. Suara bass nya cukup kuat dengan vokal yang terdengar jernih, baik High, Mid, ataupun Low juga bisa terdengar dengan baik.

Tak hanya itu, mode Noise Cancellation nya pun menurut kami memiliki kualitas jempolan dikelasnya. Hal ini kami buktikan sendiri, saat kami coba gunakan untuk mendengarkan lagu selama perjalanan di dalam kereta. Suara bising rel kereta dari luar cukup bisa diredam dengan baik, sehingga kami bisa menikmati musik dengan fokus selama perjalanan.

Pengoperasian TWS ini cukup mudah dengan model sentuh. Tekan earbuds untuk mengaktifkan dan mematikan fitur ANC, sedangkan untuk memutar dan stop musik, atau menerima panggilan telepon masuk, pengguna hanya perlu mengetuk dua kali bagian tangkai earbuds. 

Aplikasi realme Link

Untuk bisa memaksimalkan kualitas suara dan fiturnya, pengguna juga bisa menginstall aplikasi realme Link yang bisa di unduh melalui playstore untuk pengguna Android atau di Apps Store untuk pengguna iOS. Setelah terkoneksi dengan aplikasi, pengguna bisa langsung mengontrol dan memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Buds Air 3. Tersedia tiga preset EQ yang bisa di pilih seperti “Bass Boost+” untuk meningkatkan suara dentuman bass, “Bright” yang lebih cocok untuk mendengarkan konten audio yang lebih ringan dan “Normal“. realme Buds Air 3 juga menghadirkan fitur Smart Wear Detection yang berfungsi untuk menjeda musik atau film secara otomatis ketika salah satu buds dilepaskan dari telinga ketika sedang digunakan.

Mode Game

Bagi pengguna yang gemar bermain game online dan ingin lebih fokus, realme Buds Air 3 sudah didukung dengan “Mode Game”. Pada mode ini, realme meningkatkan latensi serendah 88 ms yang di klaim terendah di Industri. Alhasil, latensinya pun berkurang menjadi 35% jika dibandingkan dari seri sebelumnya. Saat kami coba gunakan untuk bermain game bergenre FPS yakni Apex Legend, suara yang dihasilkan cukup responsif dan bisa menurunkan latensi dari konektivitas antara smartphone dan earbuds pada saat bermain game.

Daya Tahan

Realme Buds Air 3 memiliki kapasitas 546 mAh yang bisa memberikan dukungan penggunaan hingga total 30 jam (22 jam dengan ANC). Meski tidak disebutkan kapasitas baterai untuk masing-masing setiap earbuds, tapi realme mengklaim mampu bertahan selama 7 jam per earbud atau selama 5,5 jam dengan menggunakan fitur ANC. Selain itu, realme Buds Air 3 ini juga sudah mendukung fast charging, yang mampu mengisi daya sampai penuh hanya dalam waktu kisaran 60 menit saja.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp Rp. 600 ribuan, menurut kami realme Buds Air 3 bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang sedang mencari TWS terjangkau dengan fitur ANC dan kualitas audio memuaskan. Tak hanya itu, realme Buds Air 3 menawarkan desain yang menawan dan nyaman digunakan dalam waktu yang lama.