Review realme C30 : Hape 1 Jutaan Ter-Stylish, Performanya Apik

GadgetSquad.ID – Dalam beberapa waktu belakang ini, realme cukup getol merilis produk kelas menengah atas hingga level flagship di Indonesia. Dari info yang didapat hape kelas atas racikan realme terbilang cukup mencuri perhatian. Hal tersebut tentu menjadi pertanda bagus bagi bisnis realme.

Di sisi lain, realme nampaknya tidak melupakan pasar entry level. Yup, realme memang punya sejarah bagus, bahkan terbilang populer di segmen tersebut. Dalam upaya mempertahankan “tajinya” di kelas entry level, realme kembali memboyong keluar seri “C” di Indonesia. Perkenalkan ini dia realme C30.

Saat ini realme C30 sudah bertandang ke base camp GadgetSquad. Membawa DNA seri C ala realme yang punya track record bagus, dalam persaingan hape entry level di Indonesia. realme C30 siap menggoda konsumen Tanah Air dengan segala keunggulannya. Tanpa panjang lebar, yuk kita eksplor realme C30 lebih detail.

Desain
Jujur GadgetSquad selalu salut kepada realme dalam mengembangkan, desain setiap hape yang dirilis. Setiap hape realme baik dari kelas entry level, maupun flagship selalu punya identitas desain yang memanjakan mata. Apakah hal tersebut juga berlaku kepada realme C30?

Jawabannya iya. realme C30 boleh datang dari kelas entry level, tapi soal desain tetap terlihat keren dan berkarakter layaknya hape kelas premium. Bentuk fisik hape terbilang biasa saja, bodinya punya frame kotak layak hape masa kini. Tapi saat digenggam, sangat terasa jika realme C30 punya bodi yang terbilang tipis.

Yup, realme C30 hadir dengan konsep “Ultra Slim Dynamic Texture Design” dimana ketebalan tidak lebih dari 8,5mm. Daya tarik desain realme C30 tak berhenti di bodi yang ramping. Saat pandangan beralih ke bodi belakang, terlihat jelas bagaimana “totalnya” realme dalam merancang desain setiap ponsel yang dibuat, termasuk seri C30.

Bodi belakang realme C30 hadir dengan tekstur garis-garis vertikal dari atas ke bawah yang nampak begitu stylsh. Pihak realme sendiri, menyebut tampilan kece bodi belakang hape ini dengan sebutan “Vertikal Stripe Design”.

Harus diakui desain belakang realme C30, jauh dari kesan hape entry level yang biasanya terlihat standar dengan cover bodi polos. Tak hanya membuat penampilan mu lebih stylsh saat membawa hape ini dalam beraktivitas, desain vertikal di bodi belakang realme C30, membuat hape ini lebih mantab saat digenggam, tidak licin.

Masih di area belakang terdapat lensa kamera utama, lampu flash, serta sentuhan logo realme yang seakan menyempurnakan desain bodi seri C30. Pada bagian sisinya, terdapat tombol power, pengatur volume, slot sim card, corong speaker, port jack 3,5mm, serta port charger tipe micro.

Tampilan manis realme C30 sendiri, hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Bamboo Green, Denim Black dan Lake Blue seperti yang GadgetSquad uji. Dari hasil penelusuran di sektor desain, tampilan hape ini berbanding lurus dengan slogannya “HP Sejutaan #PastiStylish”

Layar
Jika diulik lebih jauh, layar sedikit banyak juga mempengaruhi tampilan sebuah hape. Nah, sekarang saatnya GadgetSquad mengeklpor layar realme C30. Untuk memanjakan pengguna pemula, realme C30 hadir dengan layar lebar berukuran 6,6 inci. Layarnya mengusung konsep mini drop yang kekinian dengan frame tipis.

Bidang pandang realme C30 terbilang luas, hal itu tak lepas aspek ratio body to screen yang menyentuh level 88,7%. Selain bidang padang jadi lebih luas, tingginya rasio screen-to-body di hape ini, membuat layar lebih imersif serta minim gangguan visual saat menonton streaming.

Layar realme C30 mengadopsi tingkat resolusi HD+. Selama pengujian, walau komposisinya teknologi layar realme C30 tidak mewah, kamu jangan pesimis dengan kualitas visual yang disajikan hape ini.

Menurut GadgetSquad, visual di layar realme C30 terbilang baik, tampilannya cukup tajam, terutama pada menu dan saat digunakan untuk browsing. Bisa dikatakan dari hasil uji, performa layar hape ini gak kalah dengan produk di level yang sama.

Performa
Pihak realme berani mengklaim, seri C30 adalah hape dengan performa terbaik di kelasnya, yakni segmen entry level. Apa yang membuat pabrikan asal Tiongkok ini, begitu percaya diri dengan performa realme C30? Kunci klaim tersebut ada di komposisi dapur pacu realme C30.

Untuk menjadi yang terbaik di levelnya, dapur pacu realme C30 sudah dipersenjatai prosesor prosesor Unisoc T612. Prosesor tersebut memiliki skor 224.233 pada benchmark AnTuTu. Saat diulik lebih detail, prosesor memiliki arsitektur octa-core 12nm yang memiliki clock speed hingga 1,82 GHz.

Dapur pacu hape ini juga mengadopsi Cortex A75 untuk performa dan Cortex A55 demi efisiensi. Selain itu SoC ini juga mengandung beberapa komponen seperti GPU Mali-G57, ISP tiga inti dan modem 4G. Agar performa lebih stabil dapur pacu realme C30 dapat dukungan RAM 2GB.

Hape yang bertarung di kelas satu jutaan ini, ternyata punya daya tarik lain di sektor dapur pacu. realme C30 hadir dengan internal memori 32GB, plus slot eksternal microSD. Nah yang perlu diketahui, memori di hape ini menggunakan teknologi UFS 2.2.

UFS 2.2 adalah teknologi memori flash terbaru yang dapat memberikan kecepatan baca dan tulis data 3 kali lebih cepat daripada eMMC 5.1. Sebagian besar kompetitor hanya menggunakan memori UFS 2.2 pada model kelas menengah ke atas, sementara realme menggunakannya dalam segmen harga entry-level di realme C30.

Merujuk dari komposisi yang ditawarkan, bisa dikatakan dapur pacu realme C30 punya amunisi yang menjanjikan. Ketika diuji, performa hape ini manakala dimaksimalkan menjalankan berbagai aktivitas baik bersifat membantu pekerjaan, hingga hiburan semua berjalan dengan lancar.

Kamera
realme C30 memang hanya hape entry level, tapi bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi menghasilkan konten foto maupun video yang ciamik. Untuk memuaskan hasrat fotografi para penggunanya, realme C30 sudah memiliki amunisi kamera utama 8MP yang tertaman di bodi belakang.

Demi hasil bidikan yang mumpuni, kamera utama tersebut sudah mengadopsi teknologi AI. Tak ketinggalan lampu flash yang bisa membantu kamu, ketika mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya.

Bagaimana hasil bidikannya? Jika harus disandingan dengan hasil bidikan kamera hape level premium, jelas realme C30 kalah. Akan tetapi jika diadu dengan hape di kelas yang sama, kreasi foto maupun video realme C30 bisa diadu. Nggak kalah Sob pokoknya!!

Agar hasil bidikan lebih kreatif, kamu bisa menambahkan aneka filter kece yang inovatif. Sementara itu, jika kamu termasuk pencinta selfie, hape ini sudah dipersenjatai kamera depan 5MP dengan teknologi AI.

Hasil foto realme C30

Baterai
Hape entry level biasanya dikenal punya daya tahan baterai yang awet, apakah realme C30 memiliki keunggulan tersebut? Jawabannya sudah pasti sob. Gak percaya? Yuk, saatnya GadgetSquad ulik lebih jauh soal daya tahan realme C30 dalam menemani aktivitas kamu sehari-hari.

realme C30 siap mengawal aktivitas kamu dengan baterai besar berkapasitas 5000 mAh. Berdasarkan pengujian yang dilakukan realme Lab, baterai 5000 mah tersebut membuat realme C30 bisa bertahan selama 45 hari dalam keadaan siaga.

Agar kinerja baterai semakin efisien, berbagai amunisi tambahan sudah disiapkan. Salah satunya mode Ultra Saving, saat fitur ini aktif realme C30 akan lebih agresif melakukan penghematan daya.

Menariknya pada daya rendah, pengguna tetap bisa mempertahankan fungsi dasar hape dengan menjalankan enam aplikasi yang dibutuhkan.

Melalui modulasi frekuensi CPU, penyesuaian backlight, dan pengaturan lainnya, serta pengaturan penghematan daya yang ditargetkan untuk aplikasi tertentu, konsumsi daya sistem dapat dikurangi, dan masa pakai baterai ponsel dapat diperpanjang. Ultra-Saving Mode dapat mendukung standby hingga 45,37 jam dengan daya 5%.

Berdasarkan hasil lab realme, Ultra Saving Mode memungkinkan realme C30 dapat digunakan selama 1,55 jam untuk chatting melalui WhatsApp, 2,35 jam menelepon dan 4,03 jam mendengarkan Spotify hanya dengan baterai 5%.

Saat diuji langsung, semua klaim pihak vendor perihal baterai realme C30, tidak meleset jauh. Baterai realme memang sangat awet, contoh saat digeber nonton streaming selama kurang lebih satu jam. Indikator baterai di hape ini hanya berkurang tidak lebih dari 5%, dari kondisi 100%.

Kesimpulan
Jangan berkecil hati jika kamu hanya punya modal 1 jutaan untuk membeli hape baru. Modal 1 jutaan sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan hape berkualitas. realme C30 menurut GadgetSquad, adalah salah satu hape 1 jutaan dengan kualitas menjanjikan yang layak jadi target utama.

Hadir dengan positioning Smartphone #PalingStylish 1 jutaan, hape ini memang tampil penuh gaya di sektor desain. Tampilannya Stylish banget, nggak kalah saat disandingkan dengan hape kelas flagship sekalipun. Tampilan fisik yang stylish, semakin mantab dengan performa yang yang tidak kalah bertenaga.

Pesona lain yang dimiliki realme C30, tentu saja dari daya tahan baterai yang begitu awet. Fitur-fitur lainnya juga tidak kalah powerfull saat diuji. So, tunggu apalagi, langsung singkirkan hape lawas mu, ganti dengan realme C30.

Info tambahan nih cuy, rencananya varian 4/64GB juga akan segera hadir di Indonesia. Selain itu bakal ada flash sale tanggal 7 Juli 2022.