Home Review Review realme C31 : Hape 1 Jutaan, Pas Jadi “Bestie” Kamu di...

Review realme C31 : Hape 1 Jutaan, Pas Jadi “Bestie” Kamu di Bulan Ramadan

GadgetSquad.ID – Ini dia review realme C31 ! Padahal belum hilang rasanya kagum GadgetSquad terhadap performa realme GT 2 Pro yang seakan membuktikan kepada kompetitior, jika realme mampu menghadir hape flagship berkualitas. Realme langsung tancap gas dengan sebuah sajian spesial, untuk menyambut bulan Ramadan.

Yup, jika tidak ada kendala mungkin saat artikel ini tayang, umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia, akan berjumpa dengan bulan suci Ramadan. Menyambut bulan suci tersebut, realme kembali menghadirkan hape kece berslogan “Desain Keren, Seru Seharian”, perkenalkan sob, ini dia “realme C31”.

Baca juga : Review realme GT 2 Pro : Bukti realme Bisa Bikin Hape Flagship Berkualitas, Bukan Sekedar Ikut-ikutan!!

Review realme C31

Kehadiran realme C31 tentu akan menambah warna persaingan hape baru, dalam menaklukan hati kosumen yang ingin menyambut momen bulan Ramadan hingga Idul Fitri nanti, dengan ponsel anyar berkualitas. Mampukah Hp terbaru realme ini membuat Ramadan kamu kali ini lebih spesial? Berikut review realme C31 di GadgetSquad kali ini.

  • Desain

Walau datang untuk bertarung di kelas menengah, jangan ragu dengan kualitas yang dimiliki realme “C” series. Perlu kamu ketahui, keluarga realme “C” series, selama ini cukup sukses di segmen menengah dan realme C31 siap melanjutkan kisah sukses terebut.

Misi realme C31 untuk menjadi tandem spesial kamu selama ramadan, sudah terlihat dari segi desain. Jangan pernah meragukan keseriusan realme dalam mendesain hape andalannya, tak kecuali untuk ponsel kelas menengah seperti realme C31. Seperi hape realme lainnya, seri C31 nampak anggun saat kala dipandang.

Bagian depannya tertanam layar yang cukup luar dengan garis tengah 6.52 inch. Rasio layarnya sendiri mencapai 88.7%, sehingga mampu memberi bidang padang yang luas. Hadir dengan resolusi layar HD+ (1600*720), membuat tampilan display saat diuji terbilang tajam. Nggak kalah dengan kompetitor di kelas yang sama.

Salah satu hal yang paling GadgetSquad rasakan ketika review realme C31 ini, yaitu saat kali pertama menggenggam realme C31 adalah bodinya yang begitu slim. rancang bangung realme C31, mengadopsi “Ultra Slim Dynamic Texture Design”, karena tak heran hape ini memiliki bodi yang ramping.

Dari data yang didapat, pihak vendor mengoptimalkan struktur internal realme C31, dimana mampu menipiskan seluruh bodi hape ini, hingga mencapai ketebalan 8.4mm dan berat 197g. Selain bodi yang slim, salah satu kunci utama tampilan trendy realme C31, terletak pada area belakang.

Pada area belakang, realme C31 menampilkan desain terbaru bertekstur dinamis. Susunan halus tekstur yang tertata dengan baik, seakan menggambarkan kecepatan kurva dan rasa ekstensi dinamis.

Kombinasi bodi slim plus tampilan area belangkang hape yang keren, menjadikan realme C31 sebagai salah satu smartphone tertipis dengan desain paling stylish di kelasnya saat ini. Hape ini memiliki dua varian warna, yakni Light Silver serta Dark Green seperti yang GadgetSquad uji.

Menurut GadgetSquad tak ada hal minor yang terdeteksi di sektor desain. Jadi jika kamu mendapuk realme C31 menjadi teman trendy, untuk melengkapi gaya Bulan Ramadan, pilihan tersebut gak salah. Siap-siap saja jadi pusat perhatian, saat ada acara buka bersama saat Ramadan nanti.

  • Performa 

Dalam upaya menaklukan hati konsumen, teknologi terbaik di kelasnya sudah disiapkan realme, salah satunya tentu dari sektor dapur pacu. “Jeroan dapur pacu realme C31 membawa prosesor dengan performa cepat di kelasnya yaitu UNISOC T612.

Sebagai info, Unisoc, anak perusahaan Unigroup yang berkinerja bisnis tinggi, telah muncul sebagai satu-satunya perusahaan Tiongkok yang memasok chip 5G. Unisoc juga telah mencapai 10% pangsa pasar global dan bergabung dengan MediaTek, Qualcomm, Apple, dan Samsung sebagai empat vendor prosesor smartphone teratas dunia.

Kembali ke chipset UNISOC T612 yang tertanam di realme C31. Chipset UNISOC T612 dihape ini delapan inti yang terdiri dari, dua inti A-75 performa tinggi dengan clock speed 1.82GHz dan enam inti A-55 yang hemat daya dengan clock speed 1.82GHz yang dipadukan dengan GPU Mali G57 650MHz.

Saat dilakukan AnTuTu Benchmark, realme C31 mampu mendapatkan skor 224.233 dan menjadi salah satu yang paling cepat di kelasnya. Selain itu, realme C31 juga sudah mendukung UFS 2.2 yang lebih cepat dalam membaca dan menulis data.

Merujuk statistik di atas, tentunya saja hape ini memiliki modal menjanjikan untuk bertarung dengan kompetitor di kelas menengah lainnya. Ketika GadgetSquad membuktikannya langsung, hasilnya tidak mengecewakan.

Realme C31 bisa bermanuver dengan lancar dalam menjalankan berbagai fungsi utamanya. Ini kami buktikan saat melakukan review realme C31 ini, termasuk ketika GadgetSquad membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan alias multitasking. Tak cukup sampai disitu, GadgetSquad juga mencoba kualitas dapur pacu hape ini dengan digeber main gim.

Digeber main PUGB Mobile dengan setingan normal, GadgetSquad masih bisa menuntaskan misi di salah satu gim “perang” paling populer tersebut tanpa banyak kendala berarti. Tidak ada leg, tampilan grafisnya pun masih enak dipadang mata.

Selain chipset UNISOC T612, dapur pacu realme C31 hadir dengan 2 pilihan RAM dan internal memori. Ada tipe RAM 4GB dengan internal 64GB seperti yang GadgetSquad uji, serta tipe RAM 3GB plus internal 32GB. Kedua tipe tersebut, sudah disertakan slot eksrternal memori microSD.

  • Kamera

Fasilitas imaging sejauh ini masih menjadi salah satu fitur andalan berbagai hape baru. Hal tersebut menurut GadgetSquad sah-sah saja, pasalnya memang banyak konsumen yang senang mengabadikan momen penting dalam bingkai foto maupun video. Apalagi disaat momen spesial seperti Idul Fitri nanti.

Nah soal fitur imaging, dibalik tampilannya yang stylish, realme C31 sudah menyiapkan amunisi berkelas yang membuat, Ramadan mu jadi lebih penuh warna. Kunci utama fitur imaging realme C31, ada pada 3 kamera yang tertaman di bodi belakang.

Komposisinya sendiri, kamera utama realme C31 disokong lensa kreasi Sony berukuran 13MP dengan bukaan cukup lebar mencapai f/2.2. Kamera utama tersebut mendapat tandem lensa macro 2MP dan dilengkapi dengan optik BW. Tak ketinggalan terdapat kamera depan 5MP untuk merekam aktivitas swafoto dan sejenisnya.

Bagaimana dengan kualitas foto realme C13?

Jika berbicara spesifikasi kamera, apa yang ditawarkan realme C31 pada sektor imaging sudah lebih dari cukup, untuk bertarung disegmen menengah. Sedangkan soal hasil, ketika GadgetSquad melakukan review realme C31 dan memotret dengan kondisi cahaya normal, kolaborasi semua lensa kamera di hape ini mampu menghasilkan foto yang berkelas, gak kalah dengan kompetitor.

Foto nampak detail dengan warna natural tanpa banyak noise, layaknya hasil bidikan fotografer profesional. Hadirnya lensa macro dan BW, akan menambah opsi menarik saat kamu ingin mengeksplor, skil fotografi mu.

Saat lensa macro digunakan, kamu bisa menghasilkan unik dengan detail dan menikmati menjelajahi pesona dunia mikro. Lensa B&W memberikan efek artistik khusus untuk potret, yang mereproduksi potret dalam hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara gambar terang dan gelap.

Hal lain yang perlu diketahui, kamera di hape ini mengadopsi teknologi AI serta dilengkapi fitur Chroma Boost dan Super Nightscape layaknya smartphone flagship realme. Kamera di realme C31 juga membawa portrait mode yang bermanfaat untuk memotret foto outfit Ramadan dengan latar belakang buram dengan satu klik.

Terkait kualitas kamera depan juga dapat bersaing dengan produk lain di segmen yang sama. Ketika diuji membuat konten video, hape ini mampu menghasilkan video dengan kualitas maksimal 1080p @30fps.

Masa sih hasil bidikan realme C31 tidak ada minusnya? Memang tidak ada yang sempurna, hanya saja kekurangan tersebut masih terbilang wajar. Semisal saat mengabadikan momen dalam kondisi minim cahaya.

Hasil foto memang ada noise terutama saat gambar dibesarkan, namun hal tersebut masih terbilang lumrah. Secara umum, selama pengujian kualitas bidikan kamera realme C13, menurut GadgetSquad begitu memuaskan, sesuai dengan segmennya.

Hasil Foto realme C31

 

  • Keunggulan lainnya

Kamu jangan takut jika hape ini bakal memiliki umur yang pendek, pasalnya realme C13 sudah mendapat “Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland”. Karenanya pihal realme berani mengklaim seri C31, sebagai hape dengan kualitas paling tahan lama di kelasnya dengan.

Nah untuk lolos pengujian hingga mendapat sertifikat tersebut, setiap hape realme melewati uji kualitas yang ketat. Sebagian besar kondisi pengujian didasarkan pada siklus hidup tiga tahunan smartphone. Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland berisi 23 tes utama, termasuk 10 Skenario Tes Penggunaan Harian, seperti jatuh, pemakaian, dan keausan.

7 Skenario uji lingkungan ekstrim, seperti suhu tertinggi dan terendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara dan 6 Skenario Uji Reliabilitas Komponen. realme C31 juga lulus lebih dari 300 uji realme untuk memberikan pengalaman smartphone yang tahan lama kepada pengguna.

Nilai plus lain yang dimiliki realme C31, hape ini dilengkapi dengan sensor sidik jari instan yang dapat mengamankan informasi pribadi Anda. Dibandingkan dengan teknologi sidik jari kapasitif tradisional, teknologi ini lebih matang dan kecepatan membuka kunci lebih cepat.

  • Baterai

realme C31 mengadopsi baterai 5.000mAh. Merujuk data yang didapat, baterai tersebut mampu membuat realme C31 memiliki waktu siaga/standby time hingga 45 hari. Lama juga broo, masa siaganya lebih dari 1 bulan. Bagaimana jika sudah aktif digunakan?

Saat me- review realme C31 dengan menjadikannya tandem melewati aktivitas keseharian secara normal, baterai di realme C31 bisa bertahan lebih dari satu hari. Agar baterai lebih awet lagi, realme C31 juga dilengkapi dengan Ultra Saving Mode. Fitur tersebut akan mengaktifkan manajemen penghematan daya yang membuat, masa aktif realme C31 lebih lama lagi.

Kesimpulan

Hape Rp 1 Jutaan Paling Worth It untuk Ramadan”, itulah positioning dari realme C31. Dari hasil ekplorasi, menurut GadgetSquad positioning yang diberikan pihak vendor kepada realme C31 Tak berlebihan. realme C31 memang layak jadi “bestie” kamu melewati keseruan selama bulan suci Ramadan, hari raya dan seterusnya

Banyak sekali daya tarik hape ini, hal tersebut sudah terlihat dari segi tampilan. Bodinya yang slim didukung desain yang begitu kekinian, dijamin membuat penampilan kamu semakin trendy dan menjadi pusat perhatian saat bertemu teman maupun klien di bulan suci.

Performanya juga sangat mumpuni, digeber menjalan semua aktivitas mulai dari kantoran, hingga sarana hiburan menunggu waktu berbuka, semua berjalan lancar jaya. Akhir kata, selamat Ramadan sob!!!