review realme narzo 50 5G : Si Paling Jagoan Gaming in Mid Range

GadgetSquad.ID – realme terus berusaha memantapkan posisinya dalam persaingan pasar hape di Indonesia. Nah, pasca keceriaan Idul Fitri pabrikan asal Tiongkok ini langsung memanaskan mesin dengan resmi memboyong realme narzo 50 5G ke Indonesia.

Kehadiran realme narzo 50 5G dipastikan akan melanjutkan, kisah sukses hape dari keluar planet narzo yang cukup mencuri perhatian di Tanah Air. Seri narzo sendiri selama ini menjadi, salah satu senjata andalan realme di kelas menengah.

Lalu apa yang istimewa dari realme narzo 50 5G yang kali ini, sudah mendarat mulus di meja redaksi GadgetSquad? Selain sudah 5G, realme narzo 50 5G digadang punya keistimewaan dari sektor gaming. Bahkan hape ini berani mengusung slogan “Mighty 5G. Game On”. Seberapa jagoan gaming realme narzo 50 5G? Berikut ulasannya

Desain
Sektor tampilan menjadi titik mula per-gamingan duniawi bersama realme narzo 50 5G. Walau di plot jadi hape gaming, realme cukup memperhatikan pengembangan desain hape ini. Menurut GadgetSquad sendiri, kenyaman nge-gaming sedikit banyak dipengaruhi dari rancang bangun sebuah produk, dalam hal ini hape.

Nah realme narzo 50 5G sendiri, punya struktur fisik yang terbilang proporsional. Alhasil hape ini nyaman saat digengam, termasuk dalam jangka waktu cukup lama. Kenyaman ini sangat perpengaruh, untuk melatih skill gaming kamu saat beraksi menuntaskan misi di medan laga.

Keindahan realme narzo 50 5G dari sisi desain, terlihat jelas saat mengeksplor bagian belakang. Hape ini nampak kokoh dengan tekstur gradien Kevlar dari bawah ke atas, dan tekstur menghilang pada posisi kamera untuk menghadirkan pengalaman visual yang ringkas.

Material Kevlar yang merupakan bahan serat ringan berkekuatan tinggi. Material Kevlar juga memiliki ketahanan aus yang tinggi dan tahan pada sobekan. Sebagai info, material kevlar diterapkan secara luas pada mobil, helm, dan produk digital kelas atas.

Pada bagian sisinya, kamu akan menemukan berbagai tombol serta port standar hape masa kini, plus sensor sidik jari, Secara umum menurut GadgetSquad tampilan narzo 50 5G, mampu menghadirkan desain kekinian yang fashionable, nampun tetap terlihat kokoh.

Layar
Untuk sebuah hape gaming, kualitas layar menurut GadgetSquad menjadi salah satu faktor “kunci” untuk memenangkan hati para gamers. Sadar akan hal ini, realme mempersenjatai narzo 50 5G dengan teknologi display yang terbilang menjanjikan.

realme narzo 50 5G mengadopsi tampilan layar penuh berukuran 16,5 cm (6,5″) dengan refresh tinggi menyentuh angka 90Hz, serta kecepatan pengambilan sampel hingga maksimal 180Hz. Dislay tersebut di klaim mampu menghasilkan 16,7 juta layar warna dengan resolusi mencapai 2400×1080 FHD+.

Saat dieksplor layar realme narzo 50 5G, mampu memberikan bidang pandang yang luas, lantaran memiliki 90,5% rasio screen-to-body. Tak cukup sampai disitu, layar hape ini sudah mengadopsi 600 tingkat kecerahan nits, alhasil visual yang tersaji tetap terlihat jelas dan natural, bahkan dalam cahaya yang terang.

Semua amunisi di sektor layar bisa dikatakan sudah lebih dari cukup, bagi realme narzo 50 5G untuk menjadi hape gaming paling menjanjikan di kelasnya. Ketika diuji, spesifikasi di sektor layar berbanding lurus dengan kualitas visual yang disajikan. Layar hape ini punya visual tajam, natural dengan respon yang mulus.

Baca juga : Bertarung di Kelas Menengah, Ini dia Keunggulan realme narzo 50 5G dan 9i !!

Performa
Jangan salah jika para gamer, pasti akan sangat perhatian dengan komposisi dapur pacu saat mencari hape gaming. Sadar dengan situasi tersebut, pihak realme membenamkan amunisi bertenaga ke dalam dapur pacu narzo 50 5G.

Lihat saja prosesor yang diusung hape ini, dimana menempatkan chipset racikan MediaTek tipe Dimensity 810 5G. Dibandingkan dengan Dimensity 720 generasi terakhir, kinerja inti tunggal CPU Dimensity 810 meningkat sebesar 16% dan frekuensi utama CPU meningkat sebesar 20%.

Untuk memberi pengalaman grafis berkelas dengan respon yang mulus, chipset Dimensity 810 mendapat tandem GPU Arm Mali-G57 MC2, yang mendukung teknologi layar dengan kecepatan refresh tinggi.

Lebih lanjut mengeksplor dapur pacu narzo 50 5G, pihak realme mengklaim jika jagoan terbarunya tersebut hadir dengan prosesor 5G tercepat di segmennya. Chipset Dimensity 810 5G di narzo 50 5G, mengadopsi proses produksi 6nm terbaru dengan dua inti Arm Cortex-A76.

Proses 6nm terbaru diklaim lebih halus, lebih canggih, dan memiliki kerapatan transistor lebih tinggi daripada proses 7nm, sehingga menghasilkan konsumsi daya yang lebih rendah, yang secara efektif memperpanjang masa pakai baterai bahkan untuk pengguna yang menuntut kerja lebih.

Agar kinerja lebih bertenaga, serta mengatasi melambatnya performa yang disebabkan oleh kurangnya memori pada ponsel, realme mengembangkan teknologi Dynamic RAM Expansion (DRE). Teknologi tersebut, membuat hape ini bisa mendapat tambahan RAM virtual hingga 5GB.

Dalam eksplorasi kali ini, GadgetSquad mengulik narzo 50 5G versi RAM 6 GB. Artinya saat teknologi DRE aktif, hape tersebut bisa memperluas kapasitas RAM hingga 11GB. Sementara itu untuk menyimpan data, terdapat internal memori 128GB, plus slot eksternal microSD up to 1TB.

Soal kualitas, saat GadgetSquad menggeber dapur pacu narzo 50 5G dengan berbagai gim popular, mulai dari PUGB Mobile, PES mobile, CODM dan game sejenis lain, performa hape in lancar jaya tanpa lag.

GadgetSquad juga bisa dengan cepat beralih di antara aplikasi yang berbeda, dan menikmati kelancaran operasi bahkan dengan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Berdasarkan pengujian secara performa, hape ini layak diperhitungan untuk bersaing dengan hape gaming di levelnya.

Kamera
“Karena fitur kamera selalu menjadi pusat perhatian”. Yup, walau di plot sebagai hape gaming, pihak realme sadar betul jika menu kamera, selalu menjadi salah satu pusat perhatian para konsumen saat membeli hape baru. Situasi ini direspon realme dengan fitur imaging yang tidak kalah powerfull.

Menyoal menu imaging, narzo 50 5G tampil percaya diri dengan tiga kamera yang tertanam di bodi belakang. Untuk komposisinya, kamera utama mengadopsi lensa Ultra HD 48MP. Kamera utama Ultra HD 48MP dilengkapi dengan aperture F1.8, FOV 80,5° dan kombinasi lensa 6P.

Masih di sektor belakang, kamera utama di narzo 50 5G ditemani lensa BW dan makro 2MP. Sedangkan untuk keperluan swafoto, realme narzo 50 5G mempercayakan kepada kamera depan ultra-jernih 8MP dilengkapi dengan bukaan sebesar 2,1 dan lensa kombinasi 5P, dan mendukung AI Beauty Mode, mode potret, dan sebagainya.

Kemampuan kemera realme narzo 50 5G mengabadikan momen, menurut GadgetSquad terbilang mumpuni. Bahkan tidak kalah dengan hape yang fokus di sektor imaging di kelas yang sama. Secara umum hasil bidikan hape ini dikondisi normal terbilang natural, digeber mengabadikan momen menatrik dikondisi minim cahaya, juga bisa dihandalkan.

Terkait kemampuan mengabadikan momen kece di malam hari atau minim cahaya, kamera realme narzo 50 5G sudah dilengkapi menu Nightscape Mode. Menu tersebut didukung teknologi 4 Super Nightscape Intelligent Algorithm and Multi-frame Synthesis Engine.

Saat fitur Nightscape Mode, kamu bisa mengambil foto pemandangan malam yang jelas dan cerah bahkan di kondisi pencahayaan kompleks. Dan yang pasti semua foto estetik pemandangan malam, bisa dilakukan dengan mudah.

Hasil foto realme narzo 50 5G

5G dan keunggulan lainnya
“5G”, teknologi ini jelas sudah menjadi pembeda dari realme narzo 50 5G, dibanding keluarga narzo series yang sudah terlebih dahulu hadir. Bahkan jika ditilik lebih jauh, realme narzo 50 5G bisa dikatakan hape gaming pertama di kelas menengah yang sudah bekali koneksi cepat 5G.

Walau saat ini koneksi 5G di Indonesia masih terbatas, yang pasti teknologi komunikasi generasi kelima tersebut, akan membawa pengalaman gaming jauh lebih nyaman. realme narzo 50 5G mendukung 5G+5G dual SIM dual standby dan mode jaringan ganda SA/NSA, yang mencakup pita jaringan arus utama global.

Selain itu, teknologi Dual Network Acceleration memungkinkan pengguna untuk menikmati overlay jaringan Wi-Fi dan 5G. Fasilitas lain yang bisa menambah pengalaman gaming kamu seru, yakni teknologi dual stereo speaker.

Dua speaker terpisah terpasang langsung di smartphone ini: satu untuk saluran suara kiri, dan satu lagi untuk kanan. Gabungan saluran suara kiri dan kanan akan menghasilkan efek stereo di mana suara terdengar sedikit berbeda terdengar oleh telinga kiri dan kanan, sehingga menghasilkan pengalaman audio lebih nyata.

realme narzo 50 5G memiliki fitur pemindai sidik jari samping, yang secara cerdik memadukan tombol daya dan modul pengenalan sidik jari. Dengan pengenalan sistem kapasitif, hanya dalam satu tekan dapat membuka kunci telepon secara instan dan juga menyediakan lebih banyak keamanan.

Terkait sistem operasi, hape ini realme UI 3.0 yang didasarkan pada Android 12, dibuat dengan baik untuk memberikan pengalaman sistem operasi Android versi stock. UI dirancang dengan mempertimbangkan preferensi dan estetika konsumen muda.

Baterai
Daya tahan menjadi amunisi selanjutnya yang membuat narzo 50 5G, percaya diri dengan hape gaming lain di segmen menengah. Dari data yang didapat, untuk mendukung aktivitas gaming, termasuk kegiatan keseharian lainnya hape 5G ini bertumpa kepada baterai berkapasitas 5000 mAh.

Menurut GadgetSquad kapasitas baterai 5000 mAH, terbilang standar untuk hape masa kini.
Namun realme narzo 50 5G sudah dibekali amunisi tambahan yang membuat, daya tahan hape 5G ini bisa di atas rata-rata.

Salah satunya realme telah memperkenalkan teknologi hemat daya Smart 5G. Teknologi Smart 5G dapat secara cerdas merasakan lingkungan sinyal di sekitarnya sesuai dengan skenario penggunaan pemakai dan secara cerdas beralih antara 4G dan 5G, yang dapat mengurangi konsumsi daya untuk ponsel hingga 30%.

Terdapat juga Mode Super Power Saving, Sleep Standby Optimization, App Quick Freeze, dan Screen Battery Optimization juga mengoptimalkan solusi hemat daya. Tak hanya itu, hape ini juga sudah dipersenjati pengisian cepat 33W dengan lima lapisan perlindungan pengisian energi, yang aman untuk daya yang konstan dan memadai.

Kesimpulan
“Most powerful 5G smartphone for gaming in mid range”, itulah positioning realme narzo 50 5G. Merujuk teknologi yang ditawarkan, positioning tersebut menurut GadgetSquad pas dan tidak berlebihan. narzo 50 5G punya semua amunisi terbaik, untuk jadi hape gaming terbaik di kelasnya.

Amunisi tersebut mulai dari layar lebar yang smooth, peforma dapur pacu mumpuni, koneksi cepat 5G, fitur pendukung lengkap, hingga kualitas baterai awet. Selama pengujian, semua amunisi tersebut berkerja dengan sangat baik. Tak ketinggalan, hape ini juga punya kamera mumpuni dan dibungkus dalam desain berkelas.

Menariknya lagi, sesuai DNA realme, semua ketangguhan gaming yang ditawarkan narzo 50 5G bisa didapat dengan harga yang bersahabat. Hanya 3 jutaan saja.

realme narzo 50 5G hadir dengan varian memori 6GB/128GB dengan harga khusus Rp 2.999.000. Ponsel ini bisa didapatkan melalui program pre-order tanggal 24-27 Mei 2022 dan Flash Sale pada 28 Mei pukul 12:00 WIB. Program pre-order dan Flash Sale tersebut akan digelar di platform-platform ecommerce populer yaitu Shopee, Lazada, JD.ID, Akulaku, Blibli, Tokopedia, realme.com, dan