Home Review Review realme narzo 50A : Layak Menjadi Smartphone Gaming 2 Jutaan Idaman...

Review realme narzo 50A : Layak Menjadi Smartphone Gaming 2 Jutaan Idaman Para Gamers!!

GadgetSquad.ID – Kiprah realme terus mendapat tempat di hati konsumen Tanah Air. Karenanya GadgetSquad tak heran jika realme saat ini, menjadi salah satu pabrikan terpopuler di Indonesia. Kondisi tersebut dalam prosesnya membuat konsumen di Tanah Air, termasuk GadgetSquad selalu penasaran menanti gebrakan terbaru dari realme.

Awal bulan November ini, 4 produk baru resmi menambah line-up keluarga besar realme, ada 3 smartphone dan 1 jam pintar. Satu diantaranya kini sudah mendarat mulus di meja redaksi GadgetSquad. Perkenalkan ini dia “realme narzo 50A”, smartphone generasi ketiga yang datang dari planet Narzo.

Saat mendapat info realme narzo 50A mendarat di meja redaksi, seketika itu jika rasa penasaran GadgetSquad untuk mengeksplor smartphone anyar itu begitu membuncah. Apa saja teknologi, serta kejutan yang ditanamkan realme di narzo 50A? Yuk kita eksplor bersama!!

Desain
Jejak eksplorasi GadgetSquad terhadap realme narzo 50A, di awali dari segi tampilan. Jujur, selain soal teknologi, salah satu faktor yang membuat GadgetSquad gak pernah bosan mengulik smartphone racikan realme, yakni dari segi desain.

Menurut GadgetSquad, realme saat ini menjadi salah satu vendor yang konsisten, merilis smartphone dengan desain unik dan berkelas.

Apakah seri narzo 50A meneruskan daya pikat realme dari sektor desain? Jawabannya iya. Secara fisik, tampilan realme seri narzo 50A nampak biasa saja.

Namun, situasi berubah saat pandangan berpindah menelusuri bodi belakang realme seri narzo 50A. Mempertahankan keindahan seri sebelumnya (narzo 30A), bodi belakang realme narzo 50A, hadir dengan desain pola diagonal yang begitu otentik.

Sepintas pola diagonal, mungkin membuat visual bodi belakang nampak tidak seimbang, tapi justru disitulah letak keindahannya. Perasaan visual ketidakstabilan, dan kemudian rasa ketidakseimbangan, menciptakan “sense of motion”, yang akan memberi kita semua sebuah kesan visual baru.

Desain ini menggunakan visi yang lebih bebas dan personal, untuk mengekspresikan pesan dan emosi, membuat gambar menjadi dinamis dan lebih menarik secara visual. Bodi belakangnya sendiri, menggunakan material matte membuatnya tak mudah kotor.

Masih di area belakang, kamu akan menemukan sederet lensa kamera yang tersusun rapi dalam bingkai kotak. Pada area yang sama, juga tertanam sensor sidik jari dengan peletakan cukup unik. Untuk sisi-sisinya terdapat beberapa tombol maupun port standar.

Hal lain yang GadgetSquad rasakan saat mengeksplor desain realme narzo 50A, yakni smartphone ini sangat nyaman digenggam. Material matte dengan sentuhan tekstur, menambah grip yang membuat bodi smartphone ini tidak licin saat digenggam.

Layar
Masih dari sisi fisik, sekarang giliran area muka yang coba GadgetSquad ulik. Tampak muka realme narzo 50A, bertahtakan layar lebar bergaris tengah 6,5 ini dengan rasio 20:9. Ukuran layar yang luas, nggak lepas dari posisi realme narzo 50A yang membidik para pencinta gaming.

Layar yang luas tentu, membuat aktivitas gaming di realme narzo 50A, menjadi lebih nyaman. Layarnya sendiri beresolusi HD+ dan mengusung desain Mini-drop. realme merancang layar realme narzo 50A dengan teknologi terkini, membuat area poni berkurang (30,9% dibanding poni dewdrop normal), dan memberi rasio Screen-to-body 88,7%.

Semua komposisi yang ditawarkan realme pada sektor layar, menurut GadgetSquad sangat menjanjikan. Memungkinkan para pengguna untuk mengurangi gangguan visual, seraya menikmati kenyamanan yang dibawa oleh layar penuh sebesar 6,5 inci.

Performa
Mengulik lebih dalam realme narzo 50A, smartphone ini hadir ditengah-tengah persaingan dengan mengusung slogan “Mighty Performance Inside”. Dari slogan tersebut, jelas sekali jika realme narzo 50A memiliki komposisi dapur pacu yang berkualitas.

Dari data yang didapat, menurut GadgetSquad wajar jika realme narzo 50A percaya diri, performanya bisa lebih superior dibanding kompetitor di level yang sama. Liat saja dapur pacunya yang dikomandoi prosesor racikan Mediatek, seri Helio G85.

Prosesor Helio G85 sendiri, saat ini dikenal sebagai salah satu chipset gaming terbaik dikelasnya. Karenanya jangan heran jika realme narzo 50A, menjadikan kemampuan gaming, sebagai salah satu daya pikat utamanya.

Sebagai prosesor yang diperuntukkan untuk gaming, Helio G85 berhasil mencapai skor sebesar 200,000+ di AnTuTu Benchmark, yang menyediakan tenaga yang cukup untuk pengalaman bermain game yang mulus.

Lanjut gaes. Prosesor Helio G85 tersebut mendapat sokongan teknologi octa-core sebesar 2.0 GHz, lengkap dengan ARM Mali-G52 GPU yang dapat memberikan pengalaman, grafik bermain game yang luar biasa.

Tak cukup sampai disitu, agar performa semakin gacor dapur pacu smartphone ini, juga sudah dibekali RAM dan memori yang besar. realme narzo 50A hadir dalam pilihan RAM 4GB + internal 64GB dan RAM 4GB + internal 128GB, tak ketinggal slot eksternal memori microSD up to 256GB.

Slogan “Mighty Performance Inside”, sangat terasa saat GadgetSquad menggeber smartphone ini untuk main gim PUGB Mobile. Performanya smartphone ini begitu mulus, lanjar jaya tanpa lag. Tampilan grafik juga memuaskan, asiknya lagi smartphone ini juga dibekali menu “game space”, membuat kamu semakin nyaman saat menuntaskan misi.

Tak hanya apik saat digeber main gim, ketika digunakan sebagai perangkat penunjang pekerjaan, kemampuan multitasking realme narzo 50A juga begitu prima. Bisa dikatakan, performa realme narzo 50A begitu “ancaman” bagi para smartphone “jawara” di levelnya

Kamera
realme narzo 50A memang menjadikan pencinta gaming, sebagai target utamanya. Namun kamu jangan sesekali meragukan kualitas realme narzo 50A, saat digunakan untuk mengabadikan berbagai momen menarik, baik foto maupun video. Jika dibanding seri sebelumnya (realme narzo 30A), kamera realme narzo 50A jauh lebih mentereng.

Sebagai senjata mengabadikan aneka momen menarik, realme narzo 50A sudah disematkan 3 lensa yang tertanam di bodi belakang. Kamera utama realme narzo 50A memiliki sensor 50MP dengan aperture besar f/1.8. Komposisi kamera utamanya dapat menangkap cahaya yang cukup, sehingga mampu menghasil jepretan kamera lebih jernih dan cerah.

Normal

Kamera smartphone ini juga memiliki kemampuan Zoom 10x, membuat kamu tetap bisa menghasilkan foto yang jelas walau dari jarak jauh. Kemampuan imaging realme narzo 50A, semakin bertaji dengan ada lensa makro dan optik B&W.

Bokeh

Saatnya menguji kualitas kamera realme narzo 50A. Dalam kondisi cahaya normal, lensa 50MP membuat bidikan realme narzo 50A yang datang dari level menengah, menjadi naik kelas ke segmen premium. Kualitas foto jernih dengan warna yang nampak nyata.

Normal

Untuk menambah sensasi fotografi, kamera realme narzo 50A sudah tersedia berbagai pilihan mode pengambilan. Salah satu yang mencuri perhatian, mode Resolusi ultra tinggi 50MP. Hasil bidikan mode resolusi ultra tinggi 50MP dapat memberikan resolusi yang luar biasa.

Menurut GadgetSquad Mode 50MP, sangat cocok untuk memotret bangunan perkotaan yang besar dan padat. Kerennya lagi, ketika foto diperbesar hingga 50% atau 100%, kamu tetap dapat melihat detail bangunan yang bermil-mil jauhnya!

50MP

Nggak cukup sampai disitu, GadgetSquad juga mengeskplor kemampuan kamera realme narzo 50A untuk berburu foto di malam hari. realme narzo 50A hadir dengan dua Night Filter baru, yakni Astral dan Dazzle. Jika menggunakan mode Astral, kamu bisa membuat pemandangan malam kota menjadi dunia fiksi ilmiah yang magis.

Mode malam

Sedangkan untuk menghasilkan foto malam dengan gemerlap cahaya kota, layaknya foto-foto kekinian, bisa memilih mode Dazzle. Dari hasil pengujian, kedua mode Night Filter, mampu menghasilkan foto malam yang jauh lebih gemerlap, dinamis dan berkelas.

Mode malam

Sementara untuk keperluan swafoto, realme narzo 50A menyematkan kamera 8MP di bagian depan. Kamera depan smartphone ini, sudah dilengkapi AI Beauty, Portrait Mode, dan fitur lainnya, dapat membuat hasil foto yang sangat istimewa dan menonjol!

Soal kemampuan mengabadikan gambar bergerak, kualitas video realme narzo 50A terbilang baik, lebih dari cukup untuk bersaing dengan kompetitor di level yang sama. realme narzo 50A mampu merekam video dengan resolusi maksimal 1080P/30fps. Smartphone ini juga bisa merekam video slo-mo dengan resolusi 720P/120fps.

Fitur Tambahan berkelas
Tersedia di Shopee, realme.com dan akulaku, pada realme narzo 50A hadir dengan platfrom realme UI 2.0 berbasis Android 11. Tampilan antar mukanya terbilang simple, namun tetap menarik dan yang terpenting mudah digunakan. realme UI 2.0 hadir dengan berbagai menu khas, membuat kamu bakal betah mengekplor smartphone ini dalam waktu lama.

Selain menu khas bawaan platfrom realme UI 2.0, fasilitas keamanan smartphone ini juga mumpuni. realme narzo 50A sudah didukung dengan keamanan kunci sidik jari. Sensor sidik jarinya ada di bodi belakang. Penempatan sensor sidik jarinya sendiri, terbilang artistik membuat tampilan smartphone ini semakin segar dipandang.

Masih soal keamanan, realme narzo 50A juga dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah, plus tambahan jelly case yang terdapat dalam paket pembelian. Hal lain yang perlu diketahui, realme narzo 50A dilengkapi dengan 3 slot kartu, dimana dua untuk kartu SIM dan satu SD card.

Baterai
Soal daya tahan, menjadi hal krusial lainnya yang membuat, daya pikat realme narzo 50A semakin bertambah. realme narzo 50A memiliki baterai jumbo 6000mAh. Berdasarkan pengujian lab realme, realme narzo 50A dapat bertahan selama 53 hari dalam mode siaga, jauh lebih baik dibandingkan dengan smartphone flagship.

Hadirnya beberapa menu tambahan, juga membuat daya tahan baterai realme narzo 50A, bisa bertahan lebih lama lagi. Sebut saja fasilitas “App Quick Freeze”, fitur ini dapat dengan cerdas¬†menghentikan aplikasi yang jarang digunakan.

Jika butuh masa pakai baterai yang lebih lama, kamu dapat mengaktifkan mode “Hemat Daya”, fitur ini akan menurunkan kecerahan layar, mempersingkat waktu mati layar otomatis menjadi 15 detik, dan menonaktifkan sinkronisasi latar belakang untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Tersedia juga fitur “Hemat Daya Super”, di mode ini pengguna dapat memilih 6 aplikasi yang paling sering digunakan, agar tetap aktif untuk mencapai masa pakai baterai yang lebih lama. Pada saat yang sama, smartphone akan mengaktifkan strategi hemat daya yang lebih agresif.

Saat GadgetSquad uji dengan pemakaian normal, realme narzo 50A bisa bertahan aktif lebih dari satu hari. Nah, saat menu penghemat daya di smartphone ini aktif, kebayang dong bagaimana daya tahan baterai realme narzo 50A.

Hal lain yang perlu dicatat, tidak butuh waktu lama untuk mengisi energi baterai 6000 mAh yang dimiliki realme narzo 50A. Pasalnya jagoan terbaru dari planet Narzo ini, sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 18W.

Kesimpulan
Tak sekedar menyematkan nama baru, sebagai generasi ketiga dari keluarga narzo, realme narzo 50A membawa banyak penyegaran. Desain, kamera, hingga dapur pacu yang lebih bertenaga, adalah beberapa penyegaran yang ditawarkan realme narzo 50A dibanding tipe sebelumnya. Dari hasil pengujian, semua teknologi baru bekerja sangat baik.

Contoh soal performa, seperti generasi sebelumnya realme narzo 50A juga di plot sebagai smartphone gaming. Nah, keputusan realme menyematkan chipset Helio G85 sangat tepat. Chipset Helio G85 yang disokong teknologi lain disektor dapur pacu, membuat performa realme narzo 50A di atas rata-rata, smartphone gaming di kelasnya.

Fitur imaging yang kini dibekali lensa utama 50MP, juga mampu memberi pengalaman fotografi kelas atas. Soal desain apalagi, realme selalu punya cara untuk memberikan penampilan berkelas untuk setiap smartphone yang dikembangkan, tak terkecuali realme narzo 50A. Untuk kemampuan fitur lainnya tak perlu diragukan lagi.

Semua modal yang dimiliki seri realme narzo 50A, menurut GadgetSquad membuat smartphone ini memang layak diposisikan realme sebagai “The Best Gaming Experience in Rp 2 Million

Unboxing realme marzo 50A