Review realme TechLife Robot Vacuum : Tinggal Pencet, Sat-set!! Lantai pun Kinclong!!!

GadgetSquad.ID – Gadget racikan realme terus berevolusi. Kini melalui kategori TechLife, realme juga mulai fokus bertarung di segmen home apliancent. Nah, saat ini gadget kece racikan realme dari lini TechLife, dua diantaranya sudah bertandang ke base camp GadgetSquad.

Kedua produk tersebut yakni realme TechLife Hair Dryer dan TechLife Robot Vacuum. Keduanya tentu hadir dengan berbagai keunggulan yang menambah seru persaingan di segmen home apliancent.

Dalam kesempatan kali ini, GadgetSquad mencoba mengenal lebih dekat dengan realme TechLife Robot Vacuum. Merujuk dari labelnya, perangkat tersebut tentu bisa meringankan pekerjaan rumah tangga, para ibu yang kebetulkan juga aktif sebagai wanita karier. Cus saatnya bersih-bersih!!

Desain
Jika kamu sudah pernah melihat produk robot pembersih, bisa dikatakan tampilan fisik realme TechLife Robot Vacuum, tidak berbeda jauh dengan perangkat sejenis. Hanya saja realme TechLife Robot Vacuum punya ciri khas tersendiri, yang membuat desain robot pembersih ini tetap terlihat menarik.
Rancang bangunnya berbentuk lingkaran, berbalut material tekstur cermin hitam yang begitu elegan. Sentuhan warna kuning khas realme,  menciptakan kontras nan unik, yang menambah sisi mewah tampilan realme TechLife Robot Vacuum. Bagian depan bodi terbuat dari tempered glass yang tahan akan benturan.
Secara keseluruhan, robot pembersih ini memiliki total dimensi 350x100mm dengan berat 3,3kg. Selain itu, ketebalan bodinya yang hanya 10 cm, membuat robot ini lincah di berbagai lingkungan dan mudah disimpan. Secara ukuran, rancang bangun robot vacuum ini sudah terbilang proporsional. Menariknya lagi, tampilannya yang kece seakan menambah sisi artistik dekorasi rumah kamu.
Teknologi unggulan
Saat ini, sebagian besar robot vacuum di pasaran menggunakan Navigasi Inersia, Navigasi Visual Kamera atau LiDAR Smart Navigation Systems. Semua navigasi tersebut punya keunggulan dan kelemahan masing-masing. Robot vacuum ala realme ini, menjatuhkan pilihan kepada sistem navigasi LiDAR Smart Navigation.
Dari data yang didapat navigasi berbasis kamera, mudah terpengaruh oleh kondisi cahaya dan buruk dalam mendeteksi ruangan. Tapi pihak realme yakin kondisi tersebut, tidak mudah dirasakan bagi pengguna TechLife Robot Vacuum. Pasalnya teknologi LiDAR Smart System yang dibawa oleh realme TechLife Robot Vacuum, sudah generasi terbaru.
Teknologi LiDAR generasi terbaru, memungkinkan perangkat ini melakukan pemetaan yang tepat dengan tingkat akurasi 98%, jangkauan putar hingga 360°; lebih tepat memposisikan pembersihan terhadap keadaan sekitar. Alhasil alat ini bisa lebih jelas mengidentifikasi setiap sudat ruangan hingga sekecil 0,01㎡, termasuk melakukan seting pembersihan yang cerdas.
realme TechLife Robot Vacuum sejatinya memiliki fungsi 2-in-1. Selain menjadi penyedot, perangkat ini juga bisa difungsikan sebagai alat pel lantai. Terdapat 3 mode pembersihan yang bisa dipilih : Pel, Vakum, Vakum & pel.
Daya hisapnya mencapai 3000Pa, artinya dapat menyedot partikel yang lebih berat dan membersihkan debu secara mendalam di celah-celah. Ada 4 tingkat mode hisapan: 500pa (Quite); 1200pa (Normal); 2500pa (Turbo);3000pa (Max).
realme TechLife Robot Vacuum sudah mendukung perintah suara Google Assistant dan Alexa, sehingga kamu bisa membersikan rumah dengan mengucapkan beberapa kata yang mudah untuk mengaktifkan perangkat ini.
Performa
Saat GadgetSquad mengujinya, manuver realme TechLife Robot Vacuum dalam menjalankan tugasnya terbilang memuaskan. realme TechLife Robot Vacuum bisa dengan cakap menyesuaikan landscape area yang akan dibersihkan, termasuk meng-cover sudut ruangan yang sulit dijangkau dengan pembersih konvensional, semisal kolong tempat tidur.
Sensor yang ada juga mampu membuat robot vacuum ini, mendeteksi perbedaan ketinggian. Pada saat berada diujung lantai, seperti pada anak tangga yang menurun, robot ini langsung berhenti sehingga tidak terjatuh dan rusak. Robot ini juga dilengkapi sensor untuk memantau kondisi mesinnya. Ketika terjadi kesalahan, vacuum robot akan mengirimkan peringatan, yang membantu memperpanjang siklus hidupnya.
Secara manuver memang sudah memuaskan, bagaimana kualitas bersih-bersih realme TechLife Robot Vacuum?
Sebagai info realme TechLife Robot Vacuum memberikan daya hisap super 3000Pa. Saat diuji robot ini mampu, menyedot partikel yang lebih berat dan membersihkan debu secara mendalam di celah-celah.
Hanya saja jika kondisi lantai sedikit basah atau ada elemen cair seperti tumbahan minyak di area dapur, kinerja sedikit kurang maksimal. Namun hal itu terbilang wajar, pasalnya tumpahan minyak memang butuh tenaga ekstra untuk dibersihkan. Selebihnya performa robot vacuum realme, bisa bersaing dengan kompetititor di level yang sama.
Mudah dikendalikan
Jujur bagi mereka yang belum melek teknologi, mungkin butuh sedikit waktu untuk beradaptasi dengan semua kecanggihan robot vacuum ini.
Kondisi di atas terbilang wajar, kamu juga biasanya perlu sedikit adaptasi, jika memiliki produk gadget baru semisal hape. Kembali kecara mengendalikan robot pembersih ala realme ini.
Sebagai langkah awal, tentu saja kamu harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi realme link. Aplikasi realme link bisa dikatakan menjadi kunci untuk mengendalikan, serta memaksimalkan fungsi robot vacuum ini.
Setelah diunduh, kamu tinggal melakukan proses pemetaan. Selanjutnya, menggunakan aplikasi realme Link, kamu sepenuhnya bisa mempersonalisasi rencana pembersihan ruangan.
Kamu dapat menggabungkan, membagi, dan memberi nama kamar yang berbeda dan kemudian sepenuhnya dapat personalisasi rencana pembersihan yang meliputi:
1. Jadwal untuk ruangan yang berbeda
2. Sesuaikan kadar air pel untuk ruangan yang berbeda
3. Sesuaikan daya isap untuk ruangan yang berbeda
4. Area terlarang (termasuk area yang tidak ingin dipel) dan dinding virtual
5. Merancang pembersihan ruangan tertentu
6. Mengatur pembersihan area tertentu
7. Penjadwalan pembersihan
8. Pembersihan titik tertentu
Sebagai catatan, aplikasi realme link juga bisa kompartibel dengan hape lain, tak hanya smartphone realme
Menu pendukung dan baterai
Robot vacuum ini memiliki 3 filter. Pertama, Filter Kasar, membantu menyaring partikel besar. Kemudian Sponge untuk menyaring partikel medium. Ketiga adalah filter HEPA yang bisa menyaring lebih dari 99% partikel PM 2.5.
Adapun filter HEPA bisa kamu cuci sendiri. Selain itu, dalam paket pembelian, alat ini dilengkapi kantong debu 600ml besar atau tempat penampungan kotoran lainnya 350mL.
Jika ingin difungsikan sebagai alat pengepel lantai, kamu bisa menyematkan tangki air 2-in-1 elektronik cerdas 300ml, yang bisa dibeli secara terpisah.
Tangki air elektronik dapat dengan tepat mengontrol air. Anda dapat memilih 4 volume air mengepel : Kering, Minimum, Normal, Maksimum. Untuk daya tahan, perangkat ini dibekali baterai berkapasitas 5200mAh.
Ketersediaan
Perihal ketersediaan, realme TechLife Robot Vacuum sudah bisa dipesan mulai 9 November. Robot vacuum ini juga hadir berbarengan dengan rilisnya realme TechLife Hair Dryer. Soal harga TechLife Robot Vacuum ada dikisaran 3 jutaan. Sementara realme TechLife Hair Dryer, bisa didapat dengan merogoh kocek 200 ribuan
Kesimpulan
Kehadiran realme TechLife Robot Vacuum, semakin membuktikan jika pabrikan asal Tiongkok ini begitu serius mengembangkan ekosistem perangkat berbasis IoT. Tak sekedar meramaikan, kualitas yang ditawarkan robot vacuum ala realme ini, menurut GadgetSquad, tidak bisa dipandang remeh oleh kompetitor.
Fiturnya lengkap, performanya kala diuji juga terbilang memuaskan, tampilan desain realme TechLife Robot Vacuum juga menarik dengan material berkelas. Secara umum, realme TechLife Robot Vacuum dengan segala keunggulan yang ditawarkan, bisa menjadi salah satu kandidat utama bagi kamu yang sedang mencari robot vacuum.