Review Redmi Earbuds 3 Pro : Suara Jernih, Fitur Lengkap, Dengan Daya Tahan Baterai Seharian

Saat ini, keberadaan aksesori smartphone semakin dibutuhkan untuk menunjang gaya hidup di kalangan milenial. Salah satunya adalah True Wireless Stereo atau yang disingkat dengan TWS. Perangkat yang cocok dijadikan pendamping smartphone ini, banyak digunakan untuk setiap aktivitas dengan penggunaan yang lebih nyaman tanpa perlu direpotkan oleh semrawutnya kabel penghubung.

Fitur yang dimilikinya pun semakin signifikan dan terus bertambah seiring waktu. Seperti fitur Active Noise Cancellation atau baterainya yang mampu bertahan lama. Salah satunya adalah TWS terbaru besutan Xiaomi yakni, Redmi Buds 3 Pro. TWS ini dibanderol dengan harga terjangkau yang menawarkan pengalaman audio terbaik di kelasnya. Lantas bagaimana dengan performanya dan fitur yang ditawarkan ? Berikut review pengalaman kami menggunakan Redmi Buds 3 Pro selama beberapa minggu terakhir.

Desain

Redmi Buds 3 Pro memiliki desain ergonomis dengan bentuk casing yang membulat di tepian sudutnya. Ukurannya pun cukup kompak, sehingga mudah untuk dimasukan ke dalam saku celana saat dibawa bepergian. Materialnya menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan build quality nya yang cukup kokoh. Hal tersebut juga bisa dibuktikan ketika sedang membuka dan menutup charging case-nya, kami tidak menemukan kesan ringkih.

Untuk pilihan warnanya tersedia dua varian warna yakni, graphite black dan glacier gray seperti unit yang kami uji. Selain terlihat stylish dan elegan, permukaan matte pada charging case membuat tidak mudah terkena bekas sidik jari yang menempel. Sedangkan di bagian depan bodi, terdapat LED indikator dan tombol kecil untuk mengaktifkan proses pairing ke android ataupun ke iOS. Port USB-C untuk charging terletak di bagian bawah, dan terdapat logo Redmi dibagian belakangnya. 

Berahli pada desain earbuds dilapisi dengan tekstur glossy yang memberikan kesan mewah. Model earbuds TWS ini adalah in ear buds, dimana posisi earbuds akan masuk ke dalam telinga untuk mendapatkan pendengaran yang maksimal. Tingkat kekedapannya bisa sangat diandalkan, sehingga penggunanya bisa mendengarkan musik favorit lebih fokus. Pada paket penjualannya, Redmi Buds 3 Pro juga dilengkapi tiga buah eartip dengan ukuran berbeda yang membantu penggunanya bisa menyesuaikan ukuran lubang telinga untuk kenyamanan saat digunakan.

Konektivitas

Saat tutup casing dibuka, Redmi Buds 3 Pro akan langsung bisa terdeteksi di handphone untuk kemudian dilakukan pairing. Tapi jika pengguna ingin menyambungkan dengan perangkat lain, cukup hanya perlu menekan tombol kecil yang ada di bagian depan selama 2 detik untuk masuk ke mode pairing.

Menariknya, HUAWEI FreeBuds 4 ini memiliki fitur Dual Device Connectivity, dimana fitur ini memungkinkan penggunanya untuk bisa mengkoneksikan ke dua perangkat sekaligus tanpa harus memutuskan koneksi salah satu perangkat. Selain itu, TWS ini juga sudah didukung dengan Bluetooth 5.2 yang membuat efisiensi daya menjadi lebih baik serta koneksi lebih kuat.

Kualitas Audio

Berbicara soal kenyamanan pakai memang relatif, menurut kami TWS ini nyaman dipakai dan tidak mengganggu telinga. Selain itu, dengan berat dari setiap earbuds hanya 4,9 gram yang cukup ringan, dan  dan 55 gram total dengan charging casenya jadi lebih mudah dan nyaman ketika kami gunakan dalam waktu lama.

TWS ini juga cocok digunakan di luar ruangan atau untuk aktivitas olahraga, karena dilengkapi dengan rating IPX4 yang aman dan tahan terkena percikan air hingga mendukung fitur noise cancelling. Redmi Buds 3 Pro dibekali dengan Active Noise Cancellation hingga 35dB yang bisa meredam suara bising di sekitar ke dalam beberapa tingkatan. Terdapat tiga mode Intelligent Dynamic ANC yang bisa di pilih dan di sesuaikan saat penggunaan yang terdiri dari Light Noise Cancellation, Balanced Noise Cancellation, dan Deep Noise Cancellation.

Pada saat kami coba gunakan untuk mendengarkan musik beat di dalam kereta dengan mode Deep Noise Cancellation. Menurut kami, fitur dari ANC di perangkat ini bisa berjalan dengan sangat baik, hal ini kami buktikan sendiri, suara bising dari rel kereta cukup bisa diredam dengan baik, sehingga kami bisa menikmati musik dengan fokus selama perjalanan. Menyoal kualitas audionya, saat mendengarkan beberapa lagu dari genre berbeda, suara bass nya cukup kuat dengan vokal yang terdengar jernih. Baik High, Mid, ataupun Low juga bisa terdengar dengan baik.

Pengoperasian TWS ini pun cukup mudah dengan model sentuh. Tekan earbuds untuk mengaktifkan dan mematikan fitur ANC, sedangkan untuk mengatur tingkat volume cukup di swipe bagian earbuds ke atas dan kebawah saja. Selanjutnya jika ingin memainkan musik, pause atau menerima telepon masuk, pengguna hanya perlu mengetuk dua kali bagian earbuds. Tidak hanya itu, untuk mengoptimalkan agar suara yang dihasilkan lebih jelas dan halus. Redmi Buds 3 Pro ini juga telah di bekali dengan teknologi 9 mm composite vibrating diaphragm coil.

Daya Tahan

Redmi Buds 3 Pro hadir dengan kapasitas baterai 35mAh yang bisa bertahan hingga 6 jam. Sementara dengan charging case memiliki kapasitas 470mAh yang bisa memberikan dukungan penggunaan hingga total 28 jam. Untuk pengisian daya case nya sudah didukung dengan fitur fast charging menggunakan kabel USB Type-C. Menariknya lagi, perangkat ini juga sudah mendukung wireless charging untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga di bawah Rp 1 juta atau lebih tepat nya Rp. 699.000, Redmi Buds 3 Pro bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang sedang mencari TWS terjangkau dengan fitur ANC dan kualitas audio memuaskan. Apalagi ditambah juga dengan Fitur wireless charging adalah hal yang membuatnya menarik di kelas dan harganya.