Review Samsung Galaxy M23 5G – Tampil Asyik Dengan Kamera 50 Mpix

GadgetSquad.id – Dari awal 2022 hingga saat ini Samsung sudah menggelontorkan banyak tipe Hp terbaru ke pasaran Indonesia. Dan kali ini GadgetSquad akan melakukan review Samsung Galaxy M23 5G yang menjadi salah satu Hp Samsung terbaru yang belum lama ini dirilis.

review Samsung Galaxy M23 5G

Review Samsung Galaxy M23 5G

Bisa dibilang, Samsung Galaxy M23 5G ini merupakan penerus dari tipe sebelumnya, yaitu Samsung Galaxy M22, yang diluncurkan sekitar September 2021. Pastinya ada sejumlah peningkatan yang dibawa. Jadi, simak review Samsung Galaxy M23 5G berikut ini :

  • Desain

Kebetulan Samsung Galaxy M23 5G yang GadgetSquad pegang ini untuk review memiliki warna bodi gold atau Samsung menyebutnya Orange Copper, yang terlihat mewah. Apalagi saat review Samsung Galaxy M23 5G dan menggerak-gerakannya, bodi ini terlihat menampilkan efek cahaya yang menambah kesan elegan. Bahan bodinya terasa seperti sedikit kesat (bukan glossy) jadi tidak meninggal bekas sidik jari. Selain warna Orange Copper, Hp terbaru Samsung ini juga tersedia dalam pilihan warna Deep Green dan Light Blue .

review Samsung Galaxy M23 5G b

Di samping bodi Hp ini disematkan tombol volume dan tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor fingerprint. Beralih ke bodi sisi kiri, disini terdapat dua slot SIM card (berjenis nano SIM) yang salah satu slotnya bisa juga untuk slot microSD. Sedangkan di bodi bawah akan ditemukan lubang jack audio 3,5mm, port USB Type C 2.0 dan lubang speaker.

  • Layar

Salah satu peningkatan yang dibawa Samsung Galaxy M23 5G dibandingkan tipe pendahulunya, yaitu layar. Layar Galaxy M23 5G yang berukuran 6,6 inchi agak lebih luas dibanding layar Galaxy M22 yang 6,4 inchi. Begitu pun dengan resolusi layarnya, juga meningkat. Layar Galaxy M23 5G berresolusi Full HD+, sedangankan M22 masih HD+. Dan memang saat review Samsung Galaxy M23 5G ini, tampilan yang muncul di layar terlihat jernih dan tajam.

Baca juga : Hanya Dijual Online, Samsung Galaxy M22 Resmi Edar di Indonesia

Tidak hanya itu, Samsung Galaxy M23 5G juga meningkatkan level refresh rate menjadi 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz. Hal ini membuat kualitas tampilan layar terasa lebih smooth, seperti saat scrolling menu-menu atau akun media sosial hingga saat memainkan game berat sekalipun. Dimana di Galaxy M22 refresh rate masih 90 Hz.

review Samsung Galaxy M23 5G c

Tapi hanya saya jenis teknologi layar yang digunakan Samsung Galaxy M23 5G masih panel TFT LCD. Padahal Galaxy M22 sudah menggunakan Super AMOLED yang memiliki kualitas lebih baik.  Meski demikian, saat melakukan review Samsung Galaxy M23 5G ini, tampilan layarnya masih terlihat tajam dengan tingkat kecerahan lebih tinggi. Juga masih terlihat nyaman untuk dilihat di bawah sinar matahari.

Review Samsung Galaxy M23 5G

  • Kamera

Lanjut ke fitur kamera Galaxy M23 5G. Ternyata Samsung mengurangi jumlah kamera di Hp terbaru ini. Jika Galaxy M22 dilengkapi 4 kamera, Samsung Galaxy M23 5G ‘hanya’ dibekali 3 kamera. Tapi..kamera utama Galaxy M23 5G memiliki resolusi lebih tinggi, yaitu 50 Mpix, sedangkan kamera utama Galaxy M22  berresolusi 48 Mpix.

Dua kamera lainnya di Hp terbaru ini yaitu : kamera ultra wide 8 MP dengan sudut pengambilan gambar hingga 123 derajat, dan kamera depth 2 MP untuk menghasilkan foto bokeh. Saat melakukan review Samsung Galaxy M23 5G pada fitur  kameranya, didapatkan hasil foto yang terlihat tajam dan warna yang terang.

Begitu pula saat memotret di kondisi malam atau minim cahaya, hasil masih terlihat terang meski ada sedikit noise. Untuk kebutuhan foto Makro, Hp Samsung terbaru ini tetap menyediakan mode macro yang menggunakan lensa depth. Berikut ini beberapa hasil foto dari kamera Samsung Galaxy M23 5G :

 

  • Performa

Perbedaan lain Samsung Galaxy M23 5G dengan tipe pendahulunya yaitu, Hp terbaru Samsung ini mengandalkan prosesor Snapdragon 750G untuk mendukung performanya. Sedangkan Galaxy M22 mengusung prosesor Mediatek.

Samsung mengklaim prosesor octa-core di Galaxy M23 5G ini memiliki performa 20% lebih baik daripada generasi sebelumnya. Begitu pula prosesor grafis Adreno 619 yang juga memiliki performa 10% lebih cepat terutama untuk mendukung refresh rate layar 120 Hz.

review Samsung Galaxy M23 5G e

Untuk mendukung performanya, Galaxy M23 5G juga dibekali dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Sedangkan slot Micro SD bisa membaca kartu memori hingga kapasitas 1 TB. Apalagi Hp terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan RAM Plus. Dengan fitur ini bisa menambahkan jumlah RAM hingga 6 GB, jadi mendapatkan total RAM 12 GB.

Dan saat review Samsung Galaxy M23 5G ini dengan menjajal berbagai aplikasi yang ada di dalamnya, semua bisa dijalankan dengan mulus tanpa jeda. Mulai dari browsing, nonton streaming, schrolling akun sosial media hingga bermain game online. Seperti saat memainkan game PUBG bisa dijalankan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti

 

  • Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, Samsung Galaxy M23 5G diperkuat baterai berkapasitas 5000 mAh. Saat melakukan review Samsung Galaxy M23 5G ini, ternyata baterai terbilang awet. Ini terbukti saat Hp ini digunakan untuk menonton video Youtube dengan resolusi Full HD, selama kurang lebih 1 jam, kapasitas bertai hanya turun sebesar 8 persen.  Pun begitu saat digunakan untuk bermain game PUBG kurang lebih selama 45 menit kapasitas baterai hanya berkurang 7 persen.

Apalagi baterai ini juga sudah mendukung teknologi fast charging 25W. Di mana saat review Samsung Galaxy M23 5G ini saat melakukan charging dari nol hingga 100%, hanya butuh sekitar waktu 1 jam 30 menit.

review Samsung Galaxy M23 5G f

Peningkatan tersebut mencakup sudah mendukung jaringan 5G, layar dengan refresh rate 120Hz, menggunakan prosesor Snapdragon 750G hingga fitur RAM Plus. Dengan peningkatan spesfikasi yang cukup signifikan tersebut, Samsung membanderol Galaxy M23 5G dengan harga Rp 3.499.000.

 

Kesimpulan

Beberapa peningkatan yang dibawa Samsung Galaxy M23 5G dibandingkan seri pendahulunya, menjadi daya tarik tersendiri dari Hp Samsung terbaru ini. Apalagi perbedaan yang cukup signifikan yaitu sudah mendukung akses 5G menjadi nilai plus. Ini berarti tidak perlu untuk berganti Hp lagi saat akses 5G sudah tersedia di Indonesia. Dengan memberli Samsung Galaxy M23 5G yang dijual seharga Rp 3.499.000, bisa menjadi ‘investasi’ untuk merasakan akses 5G nantinya.

 

Spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G

OS Version Android 12
Ukuran Layar 6,6 inch
Screen Resolution 1080 x 2408 Pixel
Detail Prosesor SM7225 Snapdragon 750G 5G (8 nm)
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 50 Mpix
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8 MP
Resolusi Kamera Depan 8 Mpix
USB Type-C, USB OTG
NFC Ya
Kapasitas Baterai 5.000 mAh