Review Samsung Galaxy Z Flip 3 5G – Smartphone Lipat Mewah Bawa Fitur Baru

0
597

GadgetSquad.id – Selain Samsung Galaxy Z Fold3, juga ada Samsung Galaxy Z Flip 3 yang menjadi pasangan smartphone terbaru yang baru saja diluncurkan Samsung di Indonesia. Dari review Samsung Galaxy Z Flip 3 berikut ini, terungkap ternyata smartphone lipat yang satu ini tidak kalah menarik dibandingkan Galaxy Z Fold3. Samsung Galaxy Z Flip3 juga membawa daya tarik dan inovasi baik dari sisi desain maupun kecanggihan fitur di dalamnya.

review Samsung Galaxy Z flip 3 (1) (1)

Review Samsung Galaxy Z Flip 3

Pada review Samsung Galaxy Z Flip 3 ini, GadgetSquad menggunakan smartphone lipat ini yang berwarna cream.

Desain Mewah dan Ringkas

Beberapa orang yang melihat Samsung Galaxy Z Flip 3 saat sedang dipegang, selalu berkomentar ini adalah smartphone kelas atas dan mahal. Ini menjadi tentu menjadi gengsi tersendiri bagi yang memilikinya.

Terlebih lagi dengan mengusung inovasi desain lipat menambah kemewahan dari smartphone Samsung terbaru ini. Samsung Galaxy Z Flip 3 tampil dengan pilihan warna yang berani dan desain yang premium. Ada 3 pilihan warna Galaxy Z Flip3 yang bisa dipilih, yaitu Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black. Dan review Samsung Galaxy Z Flip 3 yang dilakukan GadgetSquad kali ini menggunakan warna cream.

review Samsung Galaxy Z flip 3 (3) (1)

Selain tampil mewah, Galaxy Z Flip 3 juga memiliki bodi yang ringkas. Ini tidak lepas dari inovasi desain bodinya yang bisa dilipat. Saat dalam kondisi dilipat, smartphone memiliki dimensi hanya 72,2 x 86,4 x 17,1mm. Dengan ukuran ini Galaxy Z Flip 3 terasa ringkas dan nyaman untuk dimasukan kantong baju atau celana. Sedangkan dalam keadaan terbuka, smartphone ini memiliki dimensi 72,2 x 166,0 x 6,9mm. Dan untuk beratnya sekitar 183 gram, di mana masih terasa ringan dalam genggaman.

Baca juga : Ini Dia Spesifikasi & Harga Resmi Samsung Galaxy Z Fold 3 5G dan Z Flip 3 5G

Sebagai perbandingan, ukuran Galaxy Z Flip3 memiliki dimensi yang lebih ringkas ketimbang Galaxy Z Flip generasi sebelumnya, baik dalam keadaan terbuka maupun tertutup. Pada saat melakukan review Samsung Galaxy Z Flip 3 ini banyak yang menganggap smartphone lipat ini lebih cocok digunakan kaum hawa. Ini mungkin karena desain lipatnya yang menyerupai tempat bedak. Namun sebenarnya tidak juga, bagi kaum pria yang ingin memiliki smarthone yang ringkas

 

Tahan Air

Dibalik kemehawannya, Samsung Galaxy Z Flip 3 juga sudah dibekali dengan daya tahan terhadap air. Jadi tidak perlu lagi khawatir menggunakan smartphone lipat ini misalnya saat kondisi hujan atau saat berada di kolam renang. Galaxy Z Flip3 dijamin tidak akan rusak meski dalam kondisi basah.

Jaminan rasa aman ini karena melalui sertifikasi IPX8 ini, Samsung Galaxy Z Flip 3 sudah telah lulus uji coba perendaman di air tawar dengan kedalaman sampai 1,5 meter selama hingga 30 menit. Benar saja, ketika saat review Samsung Galaxy Z Flip 3 ini dan dicoba disiram air dan dicelupkan ke dalam air, ternyata smartphone ini tidak rusak sama sekali dan masih bisa digunakan. Bahkan juga tetap bisa digunakan meski tidak sengaja tercelup ke dalam air. Kemampuan tahan air ini yang menjadi pembeda antara Samsung Galaxy Z Flip 3 dengan seri Galaxy Z Flip sebelumnya.

Baca juga : Mewahnya Samsung Galaxy Z Flip 3 Bisa Digunakan Lebih Leluasa, Berkat Kemampuan Tahan Air

Samsung mendesain celah antara bodi dan engsel pada Galaxy Z Flip3 ini dengan sekecil mungkin agar mengurangi air yang bisa saja masuk. Samsung juga menyematkan lapisan karet khusus pada komponen elektronik supaya terlindungi dari air yang mungkin masuk. Tidak hanya itu, pada bagian engsel perangkat ini juga diberi lapisan anti karat untuk melindunginya dari potensi korosi.

 

Bodi Kuat

Tidak hanya dilengkapi kemampuan tahan air, Samsung juga mendesain bodi Galaxy Z Flip3 dengan kokoh dan kuat. Material Armor Aluminum digunakan sebagai rangka smartphone layar lipat ini. Untuk diketahui material ini adalah aluminium terkuat yang pernah digunakan pada sebuah smartphone. Cangkang ponsel lipat turut dilindungi dengan kaca Gorilla Glass Victus yang diklaim 50 persen lebih tangguh dibanding Gorilla Glass 6.

 

Cover Screen Lebih Besar

Perbedaan lain Galaxy Z Flip 3 dibandingkan dengan Galaxy Z Flip sebelumnya, kini smartphone lipat terbaru ini sudah disematkan desain baru Cover Screen dengan luas empat kali lebih besar. Saat melakukan review Samsung Galaxy Z Flip 3 ini memang terasa lebih mudah saat melihat notifikasi dan pesan yang masuk tanpa perlu membuka layar dalamnya, cukup melalui Cover Screen ini. Tidak hanya itu, melalui layar luar ini juga bisa tetap update dengan jadwalnya, memeriksa cuaca, dan melihat seberapa banyak langkah yang dilakukan dalam sehari melalui widget baru pada Cover Screen. Dan yang lebih seru, layar di bodi luar ini juga bisa dijadikan viewfinder saat kamera aktif.

review samsung galaxy Z flip 3 a (2) (1)

Tidak hanya itu, juga bisa mengambil foto dan merekam video dengan cepat saat smartphone dalam keadaan tertutup, langsung dari Cover Screen. Hal tersebut menjadi mungkin berkat fitur Quick Shot yang telah dikembangkan dari generasi sebelumnya. Cukup dengan menekan tombol daya sebanyak dua kali, pengguna sudah bisa mengaktifkan Quick Shot dan melihat tampilan yang dihasilkan dari kamera ganda di Samsung Galaxy Z Flip 3 di Cover Screen yang kini berukuran lebih besar. Pengguna pun bisa dengan mudah beralih dari mode foto dan video dengan melakukan swipe ke samping, serta mengatur penggunaan lensa wide atau ultra wide dengan swipe ke atas atau bawah.

 

Layar Makin Mulus

Perbedaan lain yang dihadirkan Samsung Galaxy Z Flip 3 yaitu kemampuan layarnya yang kini makin mulus saat diakses. Ini karena layar ini sudah didukung dengan Adaptive Refresh Rate hingga mencapai 120Hz. Tidak heran saat review Samsung Galaxy Z Flip 3 dan men-scrolling  layar Z terasa mulus. Termasuk juga saat digunakan untuk menikmati konten video dengan  refresh rate tinggi juga bisa dilihat dengan mulus. Namun terasa ada perbedaan soal ukuran layar ini, terasa lebih memanjang. Ini bisa jadi karena mengikuti ukuran bodi yang ramping.

Flex Mode, Cara Baru Membuat Konten

Biasanya ketika ingin melakukan foto atau video shoot secara selfie atau wefie, pasti sibuk mencari sandaran untuk meletakkan smartphone. Tapi tidak perlu repot-repot lagi jika menggunakan Samsung Galaxy Z Flip 3. Memiliki bentuk yang bisa dilipat dalam berbagai sudut, , smartphone terbaru ini memungkinkan untuk diletakkan secara stabil untuk digunakan untuk selfie atau wefie.

Misalnya ketika melakukan review Samsung Galaxy Z Flip 3 ini, dicoba menekuk bodinya pada sudut 90 derajat dan digunakan untuk merekam video TikTok. Selanjutnya tinggal diletakkan di tempat yang memungkinkan tanpa perlu repot mencari sandaran untuk smartphone ini.

review Samsung Galaxy Z flip 3 (5) (1)

Saat melakukan review Samsung Galaxy Z Flip 3 ini, ternyata desain Flex Mode juga menghadirkan fitur yang berbeda pada layar smartphone ini. Dengan Flex Mode memungkinkan layar dalamnya memberikan dua tampilan berbeda sekaligus tersebut. Misalnya saat mengaktifkan layar dalam posisi bodi smartphone ini ditekuk, bisa melakukan berbagai pengaturan kamera di bagian bawah layar sambil melihat preview hasil tangkapan kamera di bagian atas layar. Selebihnya, pengguna tinggal pencet tombol shutter.

Selain itu juga memungkinkan untuk menangkap foto selfie unik secara hands-free dengan Flex Mode. Caranya saat kamera aktif, cukup tekuk smartphone ini dengan sudut yang sesuai (misalnya sudut 90 derajat), lalu letakkan di tempat yang memunkinkan. Selanjutnya cukup melambaikan tangan dari kejauhan tanpa harus menggenggam smartphone ini.

Selain itu, saat smartphone ini dalam kondisi tertutup, juga bisa mengambil foto dan merekam video dengan cepat Caranya yaitu langsung dari Cover Screen lewat fitur Quick Shot, dengan menekan tombol daya Z Flip3 dua kali.

Selain itu , Flex Mode ini juga membuat mengakses beberapa aplikasi menjadi lebih beda. Saat dalam kondisi ditekuk, bisa meikmati cara baru untuk menikmati konten. Misalnya bisa menikmati video yang tampil di di bagian atas layar, sambil bisa melakukan pengaturan, seperti tingkat kecerahan dan volume, di bagian bawah layar.

Apalagi pengalaman menonton pun jadi lebih memuaskan berkat Stereo Speaker dengan Dolby Atmos® terbarukan pada Z Flip3 karena pengguna bisa merasakan suara immersive dengan kejernihan, kedalaman, dan efek spasial yang luar biasa, terlepas dari apa yang ditonton atau didengar.

 

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 3 5G
– Layar depan: 1,9 inch Super AMOLED 260 x 512 pixel
– Layar utama: 6,7 inch Dynamic AMOLED 2X, refresh rate adaptive 120 Hz. rasio 22:9, Ininity Flex Display dengan rasio 2640 x 1080 pixel
– Dimensi ketika tertutup: 72,2 x 86,4 x 17.1~15,9mm
– Dimensi ketika dibuka: 72,2 x 166 x 6,9 mm
– Berat: 183 gram
– Chipset: Snapdragon 888
– RAM: LPDDR5 8 GB
– ROM: UFS 3.1 128 GB / 256 GB
– Kamera luar: 12 MP (wide) dan 12 MP (ultra-wide)
– Kamera dalam: 10 MP
– Network: 5G, 4G, WiFi 6, Bluetooth
– Fitur: Fingerprint di tombol power, tahan Air
– Baterai 3.300 mAh
– Warna: Cream, Green Lavender, Phantom Black