Review Samsung Galaxy Z Fold 3 5G – Menikmati Inovasi Smartphone Dengan Rasa Baru

0
322

GadgetSquad.id – Setelah sebelumnya GadgetSquad melakukan review Samsung Galaxy Z Flip3, sekarang giliran review Samsung Galaxy Z Fold 3. Hingga saat ini belum ada yang menyaingi Samsung dengan menghadirkan smartphone lipat ke pasaran di Indonesia. Dan tidak terasa kini Samsung sudah meluncurkan seri Galaxy Z Fold generasi ketiga, yakni Samsung Galaxy Z Fold 3.

review Samsung Galaxy Z Fold 3

Review Samsung Galaxy Z Fold 3

Di generasi ketiga ini tentunya ada sejumlah pembaruan yang dibawa. Untuk lebih jelasnya, simak review Samsung Galaxy Z Fold 3 berikut ini :

Desain Bodi dan Layar Lipat

Bentuk bodi lipat Samsung Galaxy Z Fold series mengingatkan kita akan seri smartphone communicator di waktu dulu. Tapi tentunya Galaxy Z Fold mengusung inovasi teknologi terkini berupa layar lipat yang belum ada saat ini.

Samsung Galaxy Z Fold 3 memiliki dimensi berukuran yakni 158,2 x 67,1 x 14,4-16 mm saat dilipat. Dari review Samsung Galaxy Fold 3, saat dalam kondisi tertutup, ukuran lebar bodinya terasa cukup ramping saat dalam genggaman. Namun memang terasa ketebalannya. Sedangkan saat dalam kondisi dibuka ukuran dimensinya berubah menjadi lebih luas yaitu 158,2 x 128,1 x 6,4 mm.

review Samsung Galaxy Z Fold 3 c

Saat dalam genggaman, bodi Samsung Galaxy Z Fold 3 terasa solid. Meski memang bobotnya yang cukup terasa. Tapi dibandingkan seri sebelumnya, bobot Galaxy Z Fold3 sudah lebih ringan, yaitu 271 gram. Di mana di seri Galaxy Z Fold 2 bobotnya mencapai 282 gram.

Baca juga : Mewahnya Samsung Galaxy Z Fold 3 Dipadukan Ketangguhan Yang Teruji! Ini Rahasianya!

Saran saja, dari review Samsung Galaxy Z Fold 3 yang dilakukan, smartphone lipat ini lebih Ok jika digenggam saja, karena bisa terasa lebih bergengsi menggenggam smartphone lipat ini.  Selain itu karena ukurannya yang panjang dan tebal membuat smartphone ini terasa begitu menonjol ketika dimasukkan ke dalam kantong baju atau celana. Atau jika tidak ingin menggenggamnya, lebih baik dimasukan ke dalam tas.

Yang menarik dari desain smartphone lipat Galaxy Z Fold3 ini yaitu bagian engselnya yang begitu terlihat saat dalam kondisi smartphone tertutup. Engselnya yang cukup besar seolah membagi dua bagian smartphone ini saat kondisi terlipat. Di bagian engsel ini juga terpampang logo Samsung. Namun saat dalam kondisi bodi terbuka, bagian engsel ini akan tidak terlihat karena tertutup oleh bodi.

Bodi belakangan smartphone ini (dalam kondisi tertutup) memiliki permukaan doff glossy yang tidak meninggalkan sidik jari, jadi akan tetap terlihat bersih.  Di bodi belakang ini tersemat tiga lensa kamera yang ditemani lampu flash dengan desain yang agak menonjol keluar bodi.

Di bagian samping bodi smartphone lipat ini terdapat tombol volume dan tombol power (on/off) yang saling sejajar. Tombol power ini juga berfungsi sebagai fingerprint scanner. Selain itu juga ada slot SIM card di sisi samping lainnya.Di bagian bodi bawah, disematkan lubang port USB type-c. Juga ada dual lubang speaker yang diletakan di sisi atas dan bawah bodi smartphone lipat ini.

Review Samsung Galaxy Z Fold 3 yang digunakan GadgetSquad ini memiliki warna bodi Phantom Silver. Selain itu Samsung juga menyediakan pilihan varian warna Phantom Black dan Phantom Green. Warna silver juga terdapat pada bagian engsel, namun dengan permukaan glossy atau mengkilap.

 

Layar Depan dan Dalam

Ada dua layar yang tersemat di Samsung Galaxy Z Fold 3 ini, layar luar (saat kondisi terlipat) dan layar dalam (saat kondisi terbuka). Layar luar disebut juga dengan Screen Cover yang memiliki ukuran 6,2 inci. Layar ini mengusung teknologi Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran resolusi 832 x 2268 piksel. Sedangkan layar dalamnyaberukuran 7,6 inci yang memang terlihat lega. Layar ini mengusung teknologi Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 2208 x 1768 piksel.

Memiliki kekuatan layar 1.200 nits dan didukung HDR 10+ membuat tampilan gambar yang muncul di kedua layar ini terlihat tajam dan detil. Apalagi kedua layar ini  sudah didukung refresh rate 120 Hz, yang membuat pergerakan gambar di layar terlihat mulus, termasuk saat menampilkan gambar dengan resolusi tinggi. Ini terbukti saat review Samsung Galaxy Z Fold 3 ketika sedang menonton film berresolusi tinggi dan juga saat memainkan game berresolusi berat. Semua terlihat mulus tanpa nge-lag sama sekali. Hebatnya lagi, kedua layar ini sudah dilapisi Gorilla Glass Victus sehingga tetap mulus tanpa ada goresan meski digores dengan benda tajam sekalipun.

review Samsung Galaxy Z Fold 3 h

Dua layar di Galaxy Z Fold3 bisa digunakan untuk dua hal yang berbeda. Untuk layar depan, bisa digunakan untuk kebutuhan seperti biasa, seperti mengecek notifikasi yang masuk, membaca pesan yang masuk, membuka email, dan aktivitas ringan lainnya. Sedangkan layar dalamnya, ini yang membuat berbeda, bisa membuat menikmati smartphone dengan  tampilan yang lebih lega, sehingga makin puas.

Baca juga : 3 Inovasi Keren Ini Hanya Ada di Samsung Galaxy Z Fold 3

Ini terbukti saat melakukan review Samsung Galaxy Z Fold 3 ketika membuka video YouTube dan menonton streaming film. Jika merasa kurang puas menonton di layar depan, tinggal buka saja layar dalam maka otomatis tampilan video yang sedang dilihat akan muncul di layar dalam, tentu dengan tampilan yang lebih luas.Tidak hanya itu, saat bermain game juga akan terasa lebih puas, karena dengan layar luas tampilan grafik gama terasa makin besar. Begitu juga saat sedang browsing web mencari info-info terupdate, terlihat tampilan di layar makin lega sehingga memudahkan dalam membaca berita-berita yang ada. Apalagi layar ini juga sudah mendukung refresh rate 120 Hz, jadi pergerakan tampilan grafis, baik konten video, game, web, tetap terlihat mulus meski di layar besar.

Atau bisa juga menikmati konten dengan cara handsfree, cukup letakkan smartphone ini, misalnya di meja, kemudian buka layar dalam sejauh nyamannya mata memandang, misalnya sejah 45 derajat.

Kepuasan lain dengan adanya layar dalam yaitu bisa  browsing, membaca, melihat foto, akses sosmed lebih leluasa. Termasuk saat melakukan scrolling di layar Galaxy Z Fold 3 terasa lebih mulus berkat didukung refresh rate 120 Hz,. Kualitas visual pada layar juga terlihat detail yang tajam.

Namun karena saat keadaan terbuka bodi Galaxy Z Fold 3 mejadi lebih lebar, maka butuh dua tangan untuk memegangnya. Satu tangan untuk memegang, sementara tangan satunya untuk mengakses menu di layar.

Baca juga : Samsung Galaxy Z Fold 3 Dilengkapin S Pen, Produktivitas Jadi Makin Mudah

Saat dalam keadaan layar dalam terbuka, Samsung menyediakan mode QWERTY keyboard, serta ada piliham mode keyboard dengan susunan huruf terpisah untuk tangan kanan dan kiri,. agar ibu jari mudah menjangkaunya. Dan jika menggunakan stylush Samsung juga menyediakan metode yang lebih asyik, yakni tulis tangan.

Multitasking

Yak benar, semua smartphone memang sudah bisa melakukan multitasking atau membuka dua atau lebih aplikasi sekaligus. Namun jika membuka satu aplikasi, maka aplikasi satunya disembunyikan atau tidak ditampilkan namun tetap berjalan secara background.

Nah, berbeda dengan kemampuan Samsung Galaxy Z Fold 3. Dengan dilengkapi layar dalam yang luas, maka bisa membuka dua aplikasi sekaligus di satu layar. Misalnya bisa membuka email sambil menonton YouTube. Itulah yang kami rasakan saat melakuka review Samsung Galaxy Z Fold 3 ini.

Jadi satu aplikasi, misalnya membuka Gmail, bisa ditampilkan di sisi kiri, sedangkan sisi kanan menampilkan aplikasi lainnya, misalkan YouTube. Menariknya posisi pembagian layar ini bisa diatur, mau kanan kiri atau atas bawah pada layar dalam.

review Samsung Galaxy Z Fold 3 j

Cara menampilkan dua aplikasi dalam satu layar dalam ini, yaitu pertama buka satu aplikasi terlebih dahulu. Nah, Samsung sudah menyediakan taskbar di pinggir layarnya yang berisi beberapa aplikasi yang bisa diatur. Usap pada bagian taskbar samping ini, kemudian pilih dan tekan pada aplikasi lainnya yang ingin dibuka, tahan dan geser ke area layar. Kemudian tentukan aplikasi kedua yang dibuka itu mau ditempatkan di sebelah kanan, kiri, atas, bawah atau tengah.

Yang tak kalah menarik Samsung Galaxy Z Fold 3 juga bisa terhubung dengan TV atau monitor secara nirkabel dan kabel HDMI. Yaitu dengan terhubung menggunakan Samsung DeX. Saat terhubung, Galaxy Z Fold 3 bisa menstransfer file dan menjalankan aplikasi melalui TV atau Monitor.

Kamera

Untuk fitur kameranya, Samsung Galaxy Fold3 dilengkapi dengan 5 lensa, yang terdiri dari 3 kamera utama, 1 kamera di layar depan dan 1 kamera di layar dalam. Tiga kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera 12MP Wide, 12MP Ultra wide, dan 12MP Telephoto. Ada juga kamera 4MP di dalam layar dalam, dan kamera 10MP di bagian layar depan.

Pada review Samsung Galaxy Z Fold 3 yang kami lakukan yaitu menggunakan kamera belakang, hasilnya sungguh memuaskan. Hasil foto terlihat tajam, detil dan terang. Bahkan ketika dicoba memotret di kondisi esktrim, yaitu kondisi backlight dengan kamera menghadap langsung ke arah sinar matahari, hasilnya objek foto tetap terlihat terang dan jelas. Hebatnya lagi kamera ini sanggup menangkap foto objek mataharinya, sehingga membuat hasil foto backlight semakin keren.

Untuk foto selfie, bisa memilih menggunakan kamera di layar depan atau di layar utama, keduanya memiliki resolusi kamera berbeda. Dengan resolusi 10 Mpix kamera di layar depan tentu memiliki kualitas hasil foto yang lebih baik dibandingkan kamera di layar dalam yang resolusi 4 MPix. Namun sebenarnya kamera di layar dalam ini lebih ditujukan untuk kebutuhan seperti video call, meeting online dan lainnya.

Baca juga : Ini Bukti 5 Kamera Samsung Galaxy Z Fold3 Bisa Hasilkan Foto Maksimal

Performa

Performa Samsung Galaxy Z Fold 3 mengandalkan dapur pacu beruapa prosesor Snapdragon 888 Octa-core yang dipadukan dengan prosesor grafis GPU Adreno 660. Juga didukung RAM 12GB dan memori internal 256GB.

Selama melakukan review Samsung Galaxy Z Fold 3 ini tidak ditemuai kendala untuk berbagai aktivitas seperti akses beberapa social media, browsing, menonton video streaming, memotret, merekam video hingga bermain game. Semua bisa dilaukan dengan mulus tanpa nge-lag. Termasuk saat digunakan untuk bekerja secara online, mulai meeting online, video call, mengolah dokumen dan lainnya, semua bisa dilakukan dengan lancar.

review Samsung Galaxy Z Fold 3 m

Sementara dari daya tahan baterainya mampu dipakai seharian. Samsung menyematkan kapasitas baterai 4.400 mAh. Karena dalam paket pembelian tidak disertakan kepala charger, kami pun menggunakan charger merek lain. Ponsel ini pun terisi penuh dari 0-100% sekitar 3,5 jam.

Sementara itu, untuk daya tahan baterainya ketika dicoba melakukan review Samsung Galaxy Z Fold 3 dengan berbagai aktivitas, ternyata mampu dipakai seharian pebuh. Baterai berkapasitas baterai 4.400 mAh yang diandalkan smartphone ini mampu bekerja maksimal secara hemat energi. Ini lantaran dengan adanya dua layar, terutama layar dalam yang berukuran besar, tentu akan menguras daya baterai. Tapi ternyata smartphone ini bisa bertahan lama. Sedangkna ketika dicoba untuk melakukan isi ulang baterai, dari keadaan low batt, baterai akan penuh selama 3,5 jam waktu charging.

 

Tahan Air

Tidak hanya soal kemewahan, performa dan inovasi yang ditonjolkan, Samsung juga memikirkan soal ketangguhan Galaxy Z Fold 3 ini. Ini dibuktikan dengan diberinya sertifikasi IPX8, yang membuat smartphone ini tahan air. Bahkan masih sanggup dibawa menyelam sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Saat melakukan review Samsung Galaxy Z Fold 3 ini, kami sempat mencoba menyelupkannya ke dalam air dalam beberapa saat. Dan setelah diangkat, ternyata tidak rusak dan masih bisa menyala dan beropasi secara normal.

Kemampuan tahan air pada Samsung Galaxy Z Fold 3 ini tidak lepas dari upaya Samsung mendesain smartphone ini dengan inovasi tinggi. Seperti agar bagian dalam smartphone ini tetap terlindungi saat dalam kondisi basah, Samsung memperkecil celah antara bodi dan engsel laya rlipat serapat mungkin sehingga tidak air yang mempu menembus. Engsel ini juga dibuat dengan bahan anti karat agar terhindar dari korosi. Selain itu komponen elektronik di bodi smartphone ini juga diberi lapisan karet agar air tak rembes ke dalam.

Masih soal ketangguhan, mungkin ada yang meragukan daya tahan layar lipat ini. Jangan khawatir, Samsung sudah melakukan uji coba ketangguhan engsel lat lipat ini, dan mengklaim engselnya bisa tahan hingga 200 ribu kali lipatan.

 

Kesimpulan

Sebagai smartphone layar lipat pertama yang hadir di Indonesia Samsung Galaxy Z Fold mampu menyajikan inovasi dan rasa baru menikmati smartphone, termasuk di seri Fold 3 ini. Berbagai kemudahan bisa dirasakan selama menggunakan smartphone ini, yang berbeda dari smartphone yang berdesain standar lainnya. Dan tentunya sesuatu yang sangat melekat pada Samsung Galaxy Z Fold.