Review Xiaomi 11T : Performa Memukau Harga Terjangkau !

Pada bulan November tahun lalu, Xiaomi merilis ponsel flagship terbarunya yakni, Xiaomi Mi 11T dan sekaligus menjadi hp terakhir Xiaomi yang meluncur untuk tahun 2021 di Indonesia. Sama dengan generasi sebelumnya Xiaomi 11T memiliki spesifikasi layaknya smartphone flagship dengan performa mumpuni dan sejumlah fitur premium yang mampu mendukung aktivitas multitasking dan meningkatkan produktivitas, hingga bermain game.

Terlepas dari hal tersebut, Xiaomi 11T dibanderol cukup terjangkau dengan harga Rp 5.999.000. Harga yang ditawarkan tentu sangat menarik perhatian jika dibandingkan dengan hp flagship lainnya. Kali ini tim Gadget Squad berkesempatan menjajal Xiaomi Mi 11T varian warna Moonlight White. Perangkat ini kami gunakan untuk aktivitas harian selama tiga minggu terakhir. Lantas, bagaimana dengan pengalaman pemakaian yang ditawarkan dari hp ini ? simak ulasannya berikut ini.

Desain Elegan

Ketika pertama kali memegang hp ini, menurut kami Xiaomi 11T memiliki bodi yang terbilang sedikit tebal dengan ukuran 8.8 mm dan bobot nya yang cukup berat untuk sebuah smartphone di angka 203 gram. Hal tersebut sangat bisa dimaklumi tentunya, mengingat hp ini dibekali dengan baterai yang cukup besar berkapasitas 5.000 mAh untuk mendukung aktivitas harian. 

Secara desain, Xiaomi 11T menggunakan material material glass pada bagian back covernya dengan frame aluminium yang terlihat elegan dan premium. Hal lain yang kami suka, meskipun tampilan bodinya mengkilap tapi bodi belakangnya ini tidak mudah kotor akibat terkena sidik jari yang menempel.

Untuk kamera utamanya, Xiaomi menempatkan posisi kamera pada sisi kiri bagian atas yang digabungkan pada satu modul kamera. Terdapat dua buah kamera berukuran lebih besar yang ditemani satu kamera dengan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan antara keduanya. Selain itu juga terdapat sensor fokus infra merah dan LED flash yang terletak pada modul kamera tersebut.

Di bagian bawah bodi terdapat slot SIM card yang bisa memuat dua SIM card, port USB type C, Mic dan grill speaker. Lanjut pada sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power yang menyatu dengan sensor fingerprint. Kemudian pada sisi atas, Xiaomi menempatkan IR Blaster dan satu grill seaker, sehingga total speaker di hp ini berjumlah dua speaker untuk memberikan pengalaman audio yang maksimal.

Xiaomi 11T tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Celestial Blue, Meteorite Gray yang warna abu-abu dengan efek seperti cermin dan Moonlight White seperti unit yang kami ulas.

Layar AMOLED 120Hz

Beralih pada bagian layar, ponsel flagship terjangkau besutan Xiaomi ini menerapkan desain Dot Display yang menghadirkan sebuah lubang pada bagian tengah atas layar sebagai penempatan kamera selfie beresolusi 16MP. Menurut kami Xiaomi 11T memiliki ukuran layar terbilang cukup luas yang mengusung bezel tipis di tepian layarnya. Hadir dengan 6,67 inci jenis panel AMOLED (screen-to-body 85,1%) yang secara kualitasnya memiliki tampilan yang terang dan kaya warna. Cakupan warnanya pun jauh lebih luas menjadi 1 miliar warna dengan intensitas cahaya yang maksimal hingga 1.000 nits.

Selain itu, layar nya memiliki resolusi Full HD+ (2400 x 1080) dengan high refresh rate hingga 120 Hz dan dukungan HDR10+. Pengalaman kami ketika menggunakan ponsel ini untuk menonton film streaming pada resolusi tinggi, gambar yang ditampilkan menjadi lebih jernih dan tajam. Tidak hanya itu, kelebihan refresh rate yang tinggi pada 120Hz juga memberikan pengalaman yang mulus saat scrolling antar aplikasi ataupun saat bermain game berat terasa nyaman dan menyenangkan.

Proteksi ekstra terhadap layar adalah salah satu bagian yang penting dalam sebuah smartphone, Xiaomi pun memberikan lapisan berupa kaca tambahan dengan fitur tahan benturan dan goresan di ponsel ini yakni, Gorilla Glass Victus. Lapisan proteksi layar teranyar besutan Corning ini memiliki desain ringan dan tipis yang membuat perangkat menjadi jauh lebih tipis dan ringan.

Gorilla Glass Victus diklaim bisa menyelamatkan layar smartphone yang terjatuh dari ketinggian 2 meter, sekaligus memberi proteksi goresan 2x jauh lebih baik dari generasi sebelumnya yakni, Gorilla Glass 6. Tak hanya itu, Xiaomi 11T juga sudah memiliki sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan cipratan air, saat terkena gerimis, atau terkena tetesan air dan debu.

Performa Mumpuni Dimensity 1200 Ultra 5G

Xiaomi 11T series ini di Indonesia tersedia dalam dua varian, Xiaomi 11T dan 11T Pro. Nah kali ini unit yang kami uji adalah versi regulernya yang dibekali prosesor MediaTek Dimensity 1200-ultra 5G. Chipset ini menggunakan arsitektur 3 cluster dengan satu core Cortex-A78 yang berjalan di kecepatan 3GHz, sedangkan tiga core Cortex-A78 berjalan di 2,6GHz, dan empat core Cortex-A55 hemat daya dengan kecepatan 2GHz.

Untuk mendukung performanya, Xiaomi 11T dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB berjenis UFS 3.1. Sebagai informasi tambahan, RAM yang sudah besar ini terbantu dengan Memory extension sebesar 3 GB yang akan membuat lebih lancar pada saat penggunaan secara multitasking. Sedangkan untuk sistem operasi nya sendiri sudah menggunakan yang paling terbaru yakni, MIUI 12.5 berbasis Android 11.

Menyoal performannya, ponsel ini cukup bersaing di kelasnya. Meski hanya memakai MediaTek, namun Xiaomi 11T memiliki skor benchmark yang sangat mumpuni. Kami pun menguji performa ini ponsel untuk melakukan serangkaian performance test dengan beberapa aplikasi benchmark. Benchmark yang kami gunakan dalam pengujian ini antara lain AnTuTu, dan PCMark. Berikut hasil skor benchmark dari Xiaomi 11T :

AnTuTu Benchmark

Berdasarkan pengujian lewat aplikasi AnTuTu Benchmark versi 9.2, ponsel ini bisa meraih skor skor 573 ribuan. Menurut kami, angka tersebut cukup baik dikelasnya untuk smartphone dengan rentang harga Rp 6 juta.

PC Mark

Selanjutnya, kami juga menguji kemampuan ponsel ini menggunakan “ Work “ pada aplikasi benchmark di PCMark. Hasilnya, ponsel ini mampu mendapatkan skor 10.786 poin, angka tersebut merupakan skor yang cukup tinggi. Dengan hal tersebut, menurut kami kemampuan dari Xiaomi 11T ini bisa diandalkan untuk kegiatan multitasking saat digunakan sehari-hari.

Gaming

Selain itu, untuk menguji performa nya kami mencoba memainkan dua game dengan genre FPS dan RPG yang cukup populer saat ini yakni, PUBG Mobile dan Genshing Impact. 

Pada game PUBG Mobile, untuk settingan grafiknya Xiaomi 11T mampu menyuguhkan opsi grafik “Ultra HD” dengan option frame rate hingga “Ultra”. Selama memainkan game ini cukup berjalan dengan stabil, di beberapa part grafik ramai pun game masih sangat playable. Tak hanya itu, tekstur dan detail gambar yang ditampilkan pun menurut kami memiliki kualitas dan saturasi warna yang cukup baik.

Sedangkan di game yang kedua yakni Genshin Impact, ponsel ini bisa memainkan game dengan mulus pada settingan grafik “High” alias rata kanan. Selama bermain game, tracking pergerakan sangat smooth, secara visual untuk kualitas detail gambar cukup baik dan pada saat grafik ramai pun tidak ada bagian gambar yang tertinggal. Jujur untuk sebuah ukuran ponsel dengan harga Rp. 6 juta, menurut kami Xiaomi 11T mampu memberikan performa yang sangat baik untuk memainkan game-game kekinian.

Apalagi, dengan adanya fitur terbaru game turbo di ponsel ini bisa mengoptimalkan dan efektif merespons games supaya berjalan lebih cepat. Hanya dengan mengaktifkan mode game, maka pengguna tidak akan mengalami lag atau patah-patah saat bermain game. Selain itu, guna memberikan pengalaman bermain game lebih optimal dan nyaman untuk penggunanya, Xiaomi membekali fitur Floating Windows yang mampu membuat tampilan aplikasi menjadi lebih kecil.

Dengan demikian, pengguna bisa memainkan game sambil tanpa harus keluar membuka aplikasi lainnya tanpa harus keluar dari permainan. Dan yang tidak kalah menarik adalah fitur Gaming toolbox 2.0 yang membantu memaksimalkan ketika bermain game agar lebih lancar dan terbebas dari gangguan notifikasi ataupun telepon yang masuk.

Kamera 

Selain performa yang mumpuni, salah satu yang diunggulkan di hp ini terdapat pada sektor kameranya. Menurut kami, Xiaomi 11T hadir dengan komposisi kamera yang terbilang komplit. Mulai dari kamera utama 108MP untuk menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi dengan dukungan AI, lensa ultra-wide 8MP dan telemakro 5 MP. Sedangkan pada bagian kamera depannya memiliki resolusi 16 MP.

Berbicara soal kualitasnya, kami menyukai hasil foto dari kamera utama Xiaomi 11T. Memiliki detail gambar yang cukup baik, kaya warna, dan dynamic range yang luas. Berikut adalah hasil hasil foto dari kamera Xiaomi 11T.

Hasil Kamera

Normal Mode
Wide Angle

Hasil foto kamera utama lebih baik ketimbang kami menggunakan kamera berlensa ultra lebar. Warnanya Terlihat lebih cerah dan lebih minim gangguan over-saturated jika dibandingkan lensa ultra lebar. Selain itu, tekstur pada objek juga lebih terlihat jelas. Hal lainnya performa auto exposure atau AE pada ponsel ini mampu menghadirkan kecerahan di masing-masing porsi yang seharusnya.

108 MP Ultra HD

Cropping

Selain itu Xiaomi 11T dibekali dengan fitur 108 MP Ultra HD melalui lensa utama untuk menampilkan gambar dengan resolusi yang sangat tinggi serta menghasilkan foto dengan tampilan yang tajam tanpa kehilangan detail. Sensor 108MP Samsung Isocell HM2 tersebut juga telah dioptimalisasi dengan teknologi 9-in-1 pixel binning yang mampu membuat gambar tetap detail walaupun setelah proses cropping seperti gambar di atas.

Macro

Untuk anda yang hobi memotret objek kecil atau macro photography, Xiaomi 11T memiliki fitur “ Super Macro “ yang bisa diandalkan untuk memotret objek dari jarak dekat. Seperti yang terlihat pada gambar, saat kami memotret permukaan pohon detail objek sangat terlihat dengan tingkat detail yang cukup baik.

Low Light

Selain itu, di suasana minim cahaya menurut kami ponsel ini bisa menjalankan tugasnya dengan cukup baik. Hal ini lantaran Xiaomi 11T sudah didukung dengan fitur AI kamera yang bisa menampilkan foto gelap menjadi lebih terang. Pengguna juga bisa memaksimalkan foto low light dengan mode Night Mode 2.0 untuk membuat hasil foto yang gelap menjadi jauh lebih terang, detail yang lebih terlihat dan gangguan noise juga bisa lebih diredam.

Selfie Portrait

Secara keseluruhan, performa kamera depan cukup baik karena masih menampilkan warna dan exposure yang bagus meski membelakangi cahaya. Sama seperti kamera belakang, kamera depan Xiaomi 11T juga dilengkapi dengan mode Portrait agar dapat menampilkan efek bokeh.

Video

Beralih pada perekaman videonya, kamera bagian belakang bisa merekam hingga resolusi 4k 30fps. Untuk anda yang gemar membuat vlog, ponsel ini mampu merekam hingga resolusi tertinggi di 1080p 30fps aja. Xiaomi 11T juga dilengkapi dengan fitur Image Stabilization yang berguna untuk menampilkan hasil video yang mulus saat merekam. Pada saat merekam video Full HD dengan resolusi 1080p 30 fps, getaran tangan dapat diredam dengan cukup baik saat saya berjalan.

Koneksi Lebih Kencang Dengan 5G

Sesuai dengan namanya, Xiaomi 11T 5G dibekali dengan konektivitas 5G untuk mendukung koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Walaupun memiliki dual slot SIM card, tapi hanya slot kartu SIM pertama saja yang support dengan koneksi 5G. Sedangkan slot SIM kedua hanya mendukung kartu SIM 4G LTE saja.

Audio Imersif

Untuk mendapatkan pengalaman musik dan media yang imersif, Xiaomi 11T dibekali dengan dual speakers yang terletak di bagian bawah dan atas layar. Saat kami coba untuk menonton film streaming dalam posisi landscape, speaker memproduksi suara dari dari sisi kiri dan kanan yang menciptakan ilusi perspektif audio multiarah. Dengan sumber audio yang berbeda arah membuat pendengaran akan lebih mendalam dan menyenangkan.

Baterai

Xiaomi 11T memiliki baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang sanggup bertahan hingga 13 jam saat browsing di refresh rate yang tinggi 120 Hz. Dengan kapasitas baterai yang ditawarkan tentunya akan memudahkan segala aktivitas tanpa takut kehabisan baterai.

Selain memiliki kapasitas baterai yang besar, Xiaomi 11T dilengkapi dengan fitur fast charging  67W yang diklaim mampu melakukan pengisian daya 100% selama 36 menit saja. Kami mencoba membuktikan, pengisian daya hingga penuh memang hanya membutuhkan waktu kurang dari 40 menit.

Berdasarkan pengalaman kami, penggunaan baterai Xiaomi 11T juga cukup hemat. Saat kami menggunakan perangkat ini untuk bermain game genshin impact selama 45 menit dari kapasitas 57 persen. Setelah dipakai bermain game tersebut dengan waktu 45 menit dan opsi refresh rate 120 Hz, baterai Xiaomi 11T yang tersisa adalah 43 persen. 

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp. 6 Juta menurut kami Xiaomi 11T ini bisa jadi rekomendasi paket komplit untuk anda yang ingin membeli atau mengupgrade smartphone dengan performa kencang yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Tak hanya itu, selain menawarkan performa yang sangat mumpuni untuk menjalankan tugas berat, tentu saja dari sisi kamera memiliki kualitas yang sangat baik dengan spesifikasi tinggi dan berbagai fitur yang cukup lengkap untuk memaksimalkan kebutuhan fotografi dan videografi. Apalagi, ponsel ini juga sudah memiliki jaringan 5G agar bisa mendukung koneksi internet yang lebih cepat.

Jika kita melihat sekali lagi dari semua hal yang ditawarkan, Xiaomi cukup serius dalam mengemas ponsel ini. Bagi anda yang sedang mencari smartphone dengan performa mumpuni dan kemampuan kamera yang bagus, Xiaomi 11T jelas harus dilirik.