Home Review Review Xiaomi Redmi 10 : Ketika Smartphone Entry Level Naik Kelas !

Review Xiaomi Redmi 10 : Ketika Smartphone Entry Level Naik Kelas !

0
415

Meskipun berada di kelas smartphone entry level, tapi kehadiran Redmi 10 yang baru saja diluncurkan Xiaomi beberapa waktu yang lalu harus diakui sangat menarik. Dengan kehadiran smartphone kelas entry level ini membuat naik kelas dan menjadikannya sebagai pelopornya.

Kali ini tim Gadget Squad berkesempatan menjajal Redmi 10 dengan varian RAM 6GB dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 128GB. Versi ini dibanderol dengan harga Rp2.399.000 yang merupakan varian tertinggi. Lantas, pantaskah smartphone ini disebut sebagai jagoan entry level ? simak ulasan reviewnya berikut ini.

Desain

Secara desain, jika di lihat secara seksama Redmi 10 memang tidak terlihat seperti smartphone kelas entry level. Tampilannya sangat menarik dan elegan dengan desain modul kamera yang mirip dengan Mi 10 Series dan Redmi Note 10 Series. Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya yakni Redmi 9, jelas Redmi 10 ini memiliki perubahan tampilan yang cukup signifikan sehingga terlihat dan terasa seperti ponsel premium.

Selain itu, Redmi 10 memiliki bodi yang cukup tipis dan ringan. Bobotnya hanya 181 gram dengan Dimensi 161.95 x 75.53 x 8.92mm dan ketebalan hanya 8.92 mm yang membuat Redmi 10 semakin nyaman untuk digenggam. Terlepas dari hal tersebut, walaupun bodinya menggunakan material polycarbonat tapi menurut kami Xiaomi bisa mengemasnya dengan baik.

Di bagian atas Redmi 10 masih membawa ciri khas ponsel Xiaomi yaitu IR Blaster. Walaupun kini tren menghilangkan jack headphone tampaknya semakin kencang, Redmi 10 masih tetap mempertahankannya.. Untuk slot kartu SIM-nya menggunakan jenis dedicated slot dimana pengguna bisa memasukkan dua nano SIM card dan satu port microSD. Sedangkan untuk pilihan warnanya, Redmi 10 hadir dengan tiga varian warna yakni, Sea Blue, Carbon Gray dan Pebble White seperti unit yang kami uji.

Layar

Pindah ke bagian layarnya, menurut kami Redmi 10 memiliki ukuran yang terbilang ideal yang mengusung bezel tipis di tepian layarnya. Hadir dengan 6,5 inci FHD+ (2340 x 1080 piksel) Dot Display beresolusi 1080p yang memberikan tampilan yang terang dan kaya warna. Tidak hanya itu, layar Redmi 10 telah dibekali dengan refresh rate 90 Hz dengan Adaptive Sync yang membuat Gerakan scrolling layar jauh lebih smooth. Sehingga saat kami menikmati beragam aktivitas multimedia semakin nyaman dan menyenangkan.

Layar tersebut juga dibekali dengan beberapa fitur seperti Sunlight Display 2.0, Reading Mode 3.0 yang membantu mata pengguna menjadi lebih rileks dan tidak mudah lelah ketika membaca atau menonton film favorit. Tidak lupa untuk daya tahan layar Xiaomi membekali Redmi 10 yang dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3. Meskipun bukan generasi yang terbaru, tapi setidaknya bisa melindungi pada area layar dari goresan dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Di bagian sisi kanan terdapat side Arc Fingerprint untuk membuka dan menutup perangkat sebagai keamanannya agar smartphone tetap aman. Menurut kami selain responnya cukup cepat, dengan penempatan fingerprint yang berada di samping bodi ini lebih terasa ergonomis jika dibandingkan fingerprint yang berada di punggung layar seperti generasi pendahulunya. Pengguna juga bisa menggunakan fitur Face Unlock untuk membuka layar Redmi 10. Dengan catatan, kondisi penerangan tidak terlalu gelap fitur Face Unlock di ponsel ini cukup bisa diandalkan.

Performa MediaTek Helio G88

Untuk mendukung performanya, Redmi 10 dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G88. CPU octa-core-nya memiliki dua CPU Arm Cortex-A75 yang beroperasi hingga 2.0GHz. Dengan hal tersebut memungkinkan performa Redmi 10 bisa menghasilkan reaksi responsif, loading aplikasi dan pengambilan gambar yang lebih cepat. Dari sisi grafis, ponsel entry level ini diperkuat dengan GPU Mali-G52 Mc2 dengan kemampuan peningkatan 30% dalam kepadatan kinerja dibandingkan dengan G51 pada node proses yang sama, sementara efisiensi daya mendapat peningkatan sebesar 15%.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Xiaomi pun memberikan slot microSD hingga 512 GB. Jika dirasa kurang, kapasitas penyimpanan tersebut masih dapat diperluas hingga 512 GB menggunakan slot SIM yang tersedia.

Menariknya, untuk smartphone kelas entry level ini, Xiaomi turut menyematkan fitur tambahan yang semakin melengkapi Redmi 10 dengan fitur Memory Extension yang bisa dijumpai di smartphone mid range ke atas. Fungsi dari fitur ini dapat mendistribusikan lebih banyak kapasitas RAM menggunakan memori penyimpanan internal. Sehingga dengan adanya fitur ini, mendukung penggunaan multitasking dengan cepat dan lebih lancar dari performa yang dihasilkan. Saat ini, fitur Memory Extension pada Redmi 10 dapat menambah 1GB untuk perangkat 4GB+64GB dan 2GB untuk perangkat 6GB+128GB. Dengan hal tersebut, tentu saja fitur ini istimewa karena bisa hadir di kelas smartphone dengan banderol harga mulai dari Rp 1,9 jutaan saja.

Sedangkan operasi sistem Redmi 10 dilengkapi dengan sistem operasi baru, MIUI 12.5 berbasis Android 11. Pada OS terbaru ini kami suka dengan tampilan desain UI nya yang memiliki desain lebih minimalis, bentuk ikonnya juga dirombak menjadi lebih elegan dan sangat mudah dikenali.

Untuk pengguna yang gemar bermain game online di ponsel, Redmi 10 menurut kami terbilang cukup bisa diandalkan. Hal ini lantaran Redmi 10 sudah dilengkapi dengan beberapa fitur khusus gaming. Seperti, fitur Game Turbo yang berfungsi mengoptimalkan dan efektif merespons games supaya berjalan lebih cepat.

Gaming Test

Sebagai gambaran, untuk menguji performa nya ada dua gim yang kami coba mainkan yaitu, Genshin Impact dan PUBG Mobile. Kedua gim ini cukup populer dan memerlukan spesifikasi yang tinggi agar dapat berjalan dengan optimal.

Genshin Impact

Gim yang mengusung genre Role-Playing Game ini (RPG) sering menjadi tolak ukur performa gaming. Xiaomi Redmi 10 sendiri mampu menjalankan Genshin Impact pada settingan grafis bawaan. Dibeberapa bagian grafik cukup ramai pun, gim masih playable dan sangat lancar untuk dimainkan. Tekstur dan detail gambar yang dihasilkan memiliki kualitas dan saturasi warna yang cukup baik.

Overall, selama memainkan gim ini dalam waktu sekitar satu jam lamanya, saya merasa cukup nyaman dan impresif dengan performa yang ditawarkan. Walaupun gim bisa sangat lancar dimainkan dengan settingan grafis “ default “ saja, hal tersebut bisa sangat di maklumi, mengingat Redmi 10 adalah smartphone kelas entry level.

PUBG Mobile

Sedangkan performa gaming Redmi 10 di gim PUBG Mobile cukup baik. Ponsel ini dapat berjalan pada kualitas HD dengan lancar. Sedangkan pada kualitas Balance dan Ultra, Redmi 10 dapat menjalankan PUBG Mobile dengan frame rates yang cukup smooth.

Apalagi ditambah dengan dukungan layar refresh rate 90 Hz dengan Adaptive Sync yang secara otomatis naik menjadi 90Hz saat bermain game untuk menghasilkan grafis yang lebih tajam dan pergerakan mulus.

Benchmark

Dalam pengujian ranking AnTuTu Benchmark Redmi 10, smartphone entry level ini memiliki performa yang cukup baik melalui hasil uji yang ada. Sebagai pendatang smartphone entry level  terbaru, smartphone ini memiliki perolehan skor benchmark lebih dari 200 ribu poin.

Kamera 50MP

Berbicara soal kameranya, untuk pengguna yang hobi fotografi Redmi 10 ini bisa menjadi rekomendasi dan pilihan yang menarik. Meski dijual di harga Rp2 jutaan, ponsel ini unggul di kemampuan fotografi lewat empat kamera di belakangnya yang sudah dibekali dengan lensa 50MP f/1.8. Selain itu konfigurasi kamera lainnya terdapat lensa ultrawide 8MP FOV 120°, f/2.2, kemudian lensa macro 2MP f/2.4, dan kamera depth sensor beresolusi 2MP f/2.4.

Secara total, jumlah kamera utama yang melengkapi Redmi 10 ini ada 4 sensor. Jumlah ini meningkat dibandingkan pendahulunya yakni, Redmi 9 yang hanya memiliki 3 sensor kamera utama saja. Dan menurut kami, keberadaan empat kamera ini menjadikan Redmi 10 sebagai perangkat yang ideal untuk memotret di berbagai kondisi.

Apalagi, ditambah dengan hadirnya 50 MP melalui lensa utama untuk mengambil gambar dengan resolusi yang sangat tinggi yang ngehasilin foto dengan tampilan yang tajam dan tanpa kehilangan detail. Untuk mengaktifkan mode ini, pengguna hanya perlu membuka menu kamera, kemudian pilih “ more ” dan pilih opsi “ 50 MP “.

Untuk kamera selfie-nya menggunakan kamera beresolusi 8MP. Pengguna juga bisa memaksimalkan hasil foto dengan memanfaatkan fitur Beauty untuk membuat hasil selfie menjadi cantik dengan beragam filter foto menarik yang bisa di pilih.

Kamera Portrait menjadi fitur yang kami sering gunakan. Kualitas gambarnya cukup lumayan dengan efek bokeh yang cukup apik. Sementara untuk pengguna yang expert, terdapat mode Pro yang berfungsi untuk memaksimalkan hasil foto dengan menyesuaikan settingan seperti ISO, shutter speed dan white balance secara manual. Pada kondisi minim cahaya, pengguna juga bisa memaksimalkan hasil foto dengan fitur “ Night Mode “.

Kualitas foto dari kamera Redmi 10 menurut kami sangat bagus untuk spesifikasi dan harga yang ditawarkan dengan syarat pengambilan foto dilakukan di kondisi pencahayaan yang cukup. Berikut adalah beberapa contoh hasil foto yang kami ambil menggunakan kamera Redmi 10.

Hasil Foto

Hasil Kamera Utama 50 MP
Normal
Wide
Normal
2x Zoom

Video

Dari sisi perekaman video, sayangnya baik dari kamera utama dan kamera depan hanya dibekali dengan dua opsi resolusi yakni, 720P 30FPS dan 1080P 30 FPS saja. Hal tentunya ini sangat bisa dimaklumi memang, mengingat resolusi perekaman video 1080P 60FPS kebanykan hanya dijumpai pada smartphone kelas menengah.

Menyoal fitur videonya, pengguna juga memaksimalkan perekaman dengan layar lebar, 2 kali zoom, macro video, efek beauty dan beberapa pilihan filter tone warna agar video terlihat lebih estetik.

Dual Speaker

Menariknya, Redmi Note 10S mempunyai speaker ganda pada sisi bawah dan atas bodinya yang akan menawarkan sensasi audio jernih dan lebih nyaman ketika menonton film favorit.

Daya Tahan

Untuk daya tahan hidupnya, Redmi 10 dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Baterai tersebut sudah mendukung pengisian cepat 18W dan 9W reverse wired charging sehingga bisa menjadi power bank.

Berdasarkan pengalaman saat kami gunakan smartphone ini sebagai daily driver, dengan kapasitas baterai yang ditawarkan cukup memberikan keleluasaan untuk penggunaan secara multitasking, bermain game, mengambil foto atau nonton video seharian tanpa takut baterai akan cepat habis. Sebagai gambaran, jika pagi kondisi baterai terisi penuh, malam harinya kondisi baterai hanya menyisakan belasan persen saja.

Kesimpulan

Berada di kelas entry level, menurut kami Redmi 10 mampu menawarkan fitur yang sangat menarik di kelasnya. Mulai dari desain premium, layar FHD plus dengan refresh rate 90 Hz, kamera 50 MP dan sederet fitur yang biasanya dijumpai di smartphone mid-range keatas. Dan lagi-lagi, Xiaomi berhasil menarik perhatian besar dan menjadikan standar baru untuk segmen smartphone entry-level.

Redmi 10 sudah tersedia di pasaran dengan harga Rp 1.999.000 untuk varian 4 GB/64 GB dan Rp 2.399.000 untuk varian 6 GB/128 GB.