7 Tips Mengambil Foto dengan Fitur Portrait OPPO A95

GadgetSquad.id – OPPO A95 dirilis dengan tiga kamera belakang, dengan lensa utama 48 MP dengan bukaan yaitu f/1.7, ditemani 2 lensa 2 MP f/2.4 untuk keperluan depth dan yang satunya makro. Selain itu OPPO juga membekali ponsel itu dengan fitur menarik, salah satunya portrait, yang muncul berdasarkan teknik fotografi potret—teknik mengabadikan figur manusia sebagai obyek utama, dengan fokus pada lekuk wajah dan bagian tubuh atas.

Namun, semakin ke sini, untuk meningkatkan fokus pada wajah dan bagian atas obyek foto ini, maka terkadang ada upaya untuk mengurangi fokus latar belakang dengan menggunakan lensa yang sesuai. Atau biasa disebut background yang blur, sehingga objek foto akan semakin menonjol.

Pada ponsel, karena mengalami kekurangan di sisi ukuran sensor, karena ruang yang sempit, maka fitur itu sebagian besar dicapai dengan  bantuan kecerdasan buatan (AI), caranya dengan mengumpulkan informasi dari lensa-lensa kamera yang ada di ponsel. Berikut beberapa tips mudah untuk menghasilakn gambar portrait denganm baik:

1. Objek manusia atau benda

Di beberapa ponsel, fitur portrait tidak berfungsi ketika mengenali objek foto yang akan diambil bukan manusia. Namun, di beberapa ponsel model baru, fitur ini biasanya tetap bisa digunakan, apapun objeknya.

2. Pemilihan tempat

Ketika berbicara pegambilan gambar, pasti tidak terlepas dengan tempat karena berkaitan dengamn background foto. Yang perlu diperhatikan untuk mengambil gambar portrait adalah bagaimana warna dominan, atau pencahayaan di tempat tersebut.

Sebaiknya, pilihlah yang tidak terlalu sama dengan warna pakaian yang dikenakan atau wajah objek foto. Sehingga, saat di-blur background akan tetap memberikan tekstur yang apik dan menarik.

3. Jarak pengambilan gambar

Saat pertama kali muncul, ponsel dengan fitur portrait sering meminta pengguna agar lebih mendekati objek atau memenuhi jarak optimal pemotretan mode portrait. Hal ini juga berlaku pada OPPO A95. Pengguna perlu mengupayakan untuk mendekat tujuannya, untuk mengoptimalkan fungsi pengenalan AI.

4. Komposisi tepat

Saat memotret menggunakan mode portrait, disarankan agar memposisikan kamera dalam posisi vertikal. Kemudian, wajah objek foto harus terlihat jelas, tentu tetap menyisakan ruang untuk background agar bisa terlihat lebih estetik.

5. Manfaatkan AI

Secara default, sistem pada ponsel dengan kamera yang didukung mode portrait, biasanya mengatur kadar blur di angka 50 persen. Tetapi, pengguna bisa mengaturnya secara manual melalui AI blur yang sudah disediakan OPPO.

6. Cari perspektif berbeda

Untuk yang ini, berhubungan dengan angle pengambilan gambar. Karena ketika sudah ada di lapangan akan ada banyak hal yang bisa disesuaikan untuk mendapatkan hasil gambar portrait yang bagus. Misalnya, pengguna bisa mengambil gambar dari samping, atas, atau bahwa objek, sehingga hasil gambar bisa lebih bervariasi.

7. Manfaatkan filter

OPPO A95 telah menghadirkan beberapa pilihan filter di dalamnya, untuk bisa membuat pengguna bisa lebih berkreativitas dalam memotret. OPPO menyediakan 6 filter yang berhubungan dengan portrait photography, cukup pilih saja salah satu yang sesuai dengan karakter pengguna.