8 Tips Agar Data Pribadi Aman Saat Pakai Telegram

GadgetSquad.id – Aplikasi chatting atau pesan instan sudah menjadi media utama untuk berkomunikasi. Banyak orang menggunakan aplikasi pesan instan populer untuk berbagai kebutuhan, tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, tetapi juga untuk kebutuhan bisnis, belajar, dan lain-lain.

telegram

Saat bertukar pesan untuk berbagai kebutuhan ini, terkadang ada beberapa informasi yang ingin hanya dapat diakses oleh orang yang dituju. Apalagi jika pesan yang dipertukarkan merupakan pesan yang bersifat rahasia atau privat.

Telegram, sebagai salah satu aplikasi chatting terpopuler di Indonesia, memahami akan kebutuhan ini. Makanya aplikasi menyediakan beberapa fitur untuk melindungi data pribadi penggunanya. Seperti fitur “Secret Chat”  yang menggunakan enkripsi ujung ke ujung.

Selain itu Telegram juga mengklaim berkomitmen terhadap privasi data pribadi. Fitur keamanan ini dapat dirasakan oleh penggunanya dari pertama kali membuat akun Telegram baru, hingga percakapan pertama yang kamu lakukan, bahkan hingga pada saat kamu log-out.

Cara Pakai Telegram Agar Data Pribadi Aman

Bagaimana sih Telegram melindungi datamu selama kamu menggunakan aplikasi ini ? Ini dia tips menggunakan Telegram agar data pribadi tetap aman terlindungi.

  1. Membuat Akun Otentikasi Pengguna

Memasukkan nomor teleponmu pada saat sign up akan memastikan keaslian pengguna melalui verifikasi.

 

  1. Kebebasan Penuh Pengaturan Kontak

Setelah sign up, kamu dapat memberikan atau membatasi akses yang diminta Telegram atas kontak dan log panggilanmu.

 

  1. Kembali Login Verifikasi Dua Langkah

Untuk log in berikutnya, kamu dapat mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk aplikasi guna mencegah pembajakan akun.

 

Baca juga : Cara Cegah WhatsApp Dibajak , Juga Trik Amankan Telegram dan Signal

 

  1. Secret Chat Untuk Keamanan Ekstra

Setiap obrolan di Telegram dienkripsi, namun kamu dapat mengaktifkan fitur “Secret Chat” untuk enkripsi end-to-end tambahan.

 

  1. Tetap Aman Dengan Mengunci Chat

Lihat ikon kunci di atas layarmu? Klik untuk mengunci pesan secara otomatis setelah tidak digunakan selama beberapa menit.

 

  1. Bersosialisasi Secara Aman

Lokasimu bersifat pribadi karena fitur “People Nearby” dinonaktifkan secara default– dan kamu selalu dapat mengaktifkannya untuk bersosialisasi!

 

  1. Selain Keamanan Individu, Keamanan Grup Juga Penting

Batasi undangan untuk bergabung dengan grup dan juga batasi pesanmu agar tidak dibagikan di luar grup.

 

  1. Menghapus Pesan Sebelum Logout

Hapus riwayat obrolanmu kapan saja, dan gunakan metode “Auto-Delete” untuk menghapus jejakmu secara otomatis setelah sekian waktu berlalu.