Ini Cara Pakai Google Maps dengan Rute Khusus Motor

0
27

GadgetSquad.id – Google Maps makin banyak diandalkan oleh pengguna sebagai aplikasi peta digital untuk petunjuk jalan. Baik yang menggunakan transportasi mobil pribadi, transportasi umum, dan penjalan kaki. Namun selama ini belum ada mode atau rute khusus bagi pengguna motor. Tapi akhirnya kini tersedia fasilitas tersebut.

Fitur rute khusus untuk motor tersedia di update terbaru aplikasi Google Maps untuk Android yang sudah mulai tersedia di Google Play Store. Para pengendara motor kini bisa mendapatkan rute ke suatu lokasi dengan petunjuk khusus untuk kendaraan motor.

Baca Juga : Google Maps Siapkan Fitur Penujuk Arah Untuk Gojek Dkk

Khusus rute untuk sepeda motor, tampilan peta digital buatan Google ini akan menambahkan petunjuk rute jalan-jalan pintas atau jalan tikus berukuran kecil yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Selain itu, Google Maps juga tidak akan menampilkan rute jalan tol, dimana motor tidak boleh melewatinya.

Selain itu, informasi perkiraan lamanya waktu tempuh juga disesuaikan dengan motor. Di mana bisa lebih cepat dibandingkan rute  mobil, karena motor bisa selap-selip.

Unutk menggunakan rute khusus motor di Google Maps, cara mudah :

  • Unduh aplikasi Google Maps versi terbaru, yaitu versi 9.73 di Google Play Store.
  • Setelah aplikasi ter-update, buka aplikasi tersebut seperti biasa, lalu tentukan lokasi tujuan di peta digital tersebut. Selanjutnya klik tombol Direction.
  • Peta digital ini kemudian akan menampilkan petunjuk jalan menuju lokasi tujuan. Nah, di bagian pilihan moda transportasi di sisi atas layar akan ada ikon baru bergambar sepeda motor. Klik ikon itu untuk mendapatkan rute untuk kendaraan roda dua.
  • Di bagian detail navigasi, patokan (landmark) yang mudah diingat akan ditandai dengan huruf ‘i’ dalam lingkaran biru. Hal itu untuk mempermudah pengendara motor dalam mengenali rute dan mengingat jalur yang dilalui,” lanjut Sasha.

Fitur rute khusus motor di Google Maps bisa digunakan di seluruh Indonesia. Sayangnya, saat ini baru perangkat berbasis OS Android saja bisa menggunakan fitur ini. Belum ada kepastian kapan pengguna perangkat iOS bisa kebagian fitur yang sama.

Google memerlukan waktu 4 bulan untuk mengerjakan fitur rute khusus untuk motor untuk pengguna di Indonesia. Google menambahkan 29.000 rute jalan kecil yang bisa dilalui sepeda motor, 3.000 km jalan baru, dan 10.000 segmen jalan yang hanya bisa dilalui mobil (jalan tol).

Baca juga : Tanpa Samsung dan Xiaomi, Ini Hp Android Rekomendasi Google

Jika dilihat, sepertinya langkah Google menghadirkan fitur rute khusus motor ini juga untuk mengakomodasi kebutuhan para driver ojek online. Di mana penggunaan Google Maps khusus untuk motor memang paling banyak digunakan oleh driver ojek online.

Google sendiri berencana akan terus memperbarui aplikasi Google Maps yang digunakan pada aplikasi ojek online, sehingga lebih akurat dan up-to-date dengan fitur-fitur terkini.