Lupa PIN Aplikasi WhatsApp ? Ini Cara Mudah Mengatasinya !

GadgetSquad.id – Salah satu cara untuk mengamankan aplikasi WhatsApp dari tindakan pembajakan yaitu dengan menseting Verifikasi Dua Langkah pada aplikasi chatting ini. Caranya pengguna bisa mengaktifkan nomor PIN tertentu (sesuai yang ditentukan pengguna) agar setiap ada yang mencoba untuk mengakses akun aplikasi WhatsApp, maka akan diminta nomor PIN tersebut terlebih dahulu.

pesan whatsapp (1) aplikasi whatsapp

Namun terkadang, kita lupa nomor PIN yang sudah ditentukan. Akibatnya begitu menginstall ulang WA dan diminta memasukkan nomor PIN, ternyata yang dimasukan salah. Kita pun tidak bisa mengakses WA kita sendiri. Jangan khawatir, ada cara agar tetap bisa mengakses aplikasi WhatsApp meski lupa nomor PIN

 

Cara menyetel ulang PIN verifikasi dua langkah di aplikasi WhatsApp 

Terdapat beberapa opsi untuk menyetel ulang PIN verifikasi dua langkah aplikasi WhatsApp yang sudah diseting tapi lupa. Caranya antara lain yaitu

Menyetel ulang PIN menggunakan alamat email

Jika Anda memberikan alamat email ketika menyetel verifikasi dua langkah, Anda dapat segera menyetel ulang PIN dengan meminta tautan untuk menyetel ulang. Untuk menyetel ulang PIN:

  1. Buka aplikasi WhatsApp > ketuk Lupa PIN? > Kirim Email. Tautan untuk menyetel ulang akan dikirim ke alamat email yang telah Anda berikan.
  2. Ikuti tautan untuk menyetel ulang yang tercantum di dalam email, lalu ketuk KONFIRMASI.
  3. Buka WhatsApp > ketuk Lupa PIN? > Setel ulang.

Harap diingat bahwa menghapus atau memasang ulang WhatsApp tidak akan menonaktifkan atau menyetel ulang PIN verifikasi dua langkah.

 

Baca juga : Pesan WhatsApp Sekarang Bisa Hilang Secara Otomatis

Menyetel ulang PIN tanpa alamat email

Anda perlu menunggu selama 7 hari untuk menyetel ulang PIN jika:

  • Anda sebelumnya tidak memberikan alamat email untuk menyetel ulang PIN.
  • Anda lupa alamat email yang digunakan untuk menyetel ulang PIN.
  • Pengguna lain telah menyetel PIN verifikasi dua langkah sebelum Anda mulai menggunakan nomor telepon tersebut.

Setelah 7 hari, buka aplikasi WhatsApp > ketuk Lupa PIN? > Setel ulang.

Catatan: Untuk alasan keamanan, kami tidak memiliki opsi untuk mempercepat jangka waktu 7 hari atau menonaktifkan akun Anda setelah verifikasi dua langkah diaktifkan. PIN verifikasi dua langkah berbeda dari kode pendaftaran 6 digit yang Anda terima melalui SMS atau panggilan telepon.