Tips Memaksimalkan Foto Produk Yang Menarik Dengan Kamera OPPO A16

0
49

Di zaman yang serba modern ini, tidak sedikit pebisnis yang memanfaatkan teknologi digital untuk memulai bisnis berjualannya. Dengan adanya berbagai platform media sosial seperti Instagram, FaceBook, Youtube hingga TikTok sangat membantu untuk memasarkan produk.

Terkait dengan hal tersebut agar dapat mencuri perhatian konsumen, sebuah produk memerlukan konten yang sangat menarik. Banyak yang beranggapan jika foto produk yang bagus dihasilkan dari kamera yang mahal. Namun nyatanya hal itu bukanlah satu-satunya cara. Seperti yang dilakukan oleh Meyani Kristina Ningrum seorang O-Fans yang berasal dari kota Batam. Beliau sangat aktif memberikan pelatihan mobile fotografi untuk UMKM menggunakan OPPO A16.

Dalam sesi sharing bersama media, Meyani mengatakan bahwa tidak sedikit para pelaku UMKM di luar sana yang masih merasa sangat tidak percaya diri untuk membuat foto-foto produk usahanya karena alasan utama hanya memiliki ponsel dengan kamera biasa saja dan tidak memiliki alat-alat pendukung fotografi.

Berangkat dari hal tersebut, beliau mencoba memberikan pelatihan kepada UMKM mengenai peran penting foto dalam meningkatkan omzet penjualan. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat foto produk yang menarik dan bernilai jual menggunakan kamera OPPO A16.

Pencahayaan Produk Harus Cukup Terang

Sebelum memotret, pengguna harus memastikan pencahayaan yang cukup pada objek dan latar. Karena dalam fotografi, pencahayaan merupakan unsur utama yang dapat membentuk karakter pada sebuah foto. Dengan cahaya yang mencukupi juga dapat menentukan apakah sebuah foto baik atau tidak.

Jika pengguna tidak memiliki Lighting, maka disarankan untuk menggunakan pencahayaan alami atau natural lighting. Yaitu dengan memanfaatkan sinar matahari, baik cahaya yang masuk ke dalam ruangan ataupun di luar ruangan agar hasil foto yang dihasilkan terlihat terang dan detail.

Tentukan Tema

Menentukan tema foto produk bisa membantu menghasilkan foto yang lebih optimal. Maka dari itu, tentukan tema terlebih dahulu sebelum pengambilan foto. Meyani menyampaikan tidak semua produk harus di foto menggunakan properti. Walaupun dengan menambahkan beberapa properti dan menata background foto semaksimal mungkin, akan membuat foto semakin terlihat menarik. Menurut beliau, itu semua dikembalikan sesuai tujuan dan tema apa yang akan kita buat. Salah satu contoh nya seperti foto keset yang di foto menggunakan alas berwarna putih saja dengan bantuan cahaya natural ini. Dengan konsep minimalis dan clean, foto yang dihasilkan sudah cukup untuk sudah cukup baik merepresentasikan produk ini sendiri.

Lain halnya dengan foto produk makanan, seperti nasi bungkus dan kue klepon ini. Foto tersebut harus dibuat semenarik mungkin dan menggugah selera, mulai dari detail makanan, hingga bentuk keseluruhan makanan harus direpresentasikan dengan ciamik.

Anda juga bisa memberikan warna unik dengan penambahan properti seperti piring saji yang cantik, teko,  sendok, hingga alas foto dan background yang foto yang cocok. Dengan penataan yang bagus, properti yang cantik tidak hanya membuat foto terlihat sangat menarik saja, tapi tentu saja terlihat lebih menggoda selera.

Kamera OPPO A16

OPPO A16 hadir dengan tiga kamera utama yang cocok untuk memotret di berbagai kondisi. Ada sensor utama 13MP f/2.2 yang sudah mendukung PDAF, dan dua sensor 2MP untuk foto jarak dekat (makro) dan efek potret (depth sensor). Ketika memotret foto produk, pengguna juga bisa memaksimalkan fitur kamera “ Mode Expert “ yang bisa mengatur shutter speed hingga ISO sesuai selera untuk hasil yang lebih maksimal.

Selain itu, ponsel OPPO A16 dilengkapi dengan kapasitas RAM 3GB dan ROM 32GB. Jika dirasa kurang, pengguna juga bisa menambahkannya hingga 256GB yang bisa menyimpan hasil foto produk lebih banyak secara leluasa. Menariknya, pengguna juga tidak perlu khawatir akan kehabisan daya saat memotret dan melakukan kegiatan lainnya. OPPO A16 memiliki kapasitas baterai 5000 mAh yang bisa diandalkan.

Aplikasi Pendukung

Agar foto terlihat lebih menarik di unggahan sosial media, pengguna bisa mengedit foto dengan aplikasi gratisan di PlayStore seperti, Canva, dan Lightroom. Adapun aplikasi pendukung lainnya untuk mengganti warna background dan menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada foto seperti, remove.bg. Dengan begitu, pengguna bisa memaksimalkan hasil foto tanpa perlu repot untuk mengedit secara manual dan bisa ganti background fotonya secara otomatis.