Tips Mudah Edit Foto ala Selebgram dengan Fitur AI Palette Oppo Reno6

0
38

GadgetSquad.id – Smartphone terbaru Oppo Reno6 resmi hadir dan sudah dijual di pasar Indonesia. Ponsel tersebut memiliki kamera yang bisa diandalkan untuk memotret dengan hasil gambar yang berkualitas karena banyaknya fitur yang terpasang, salah satunya adalah AI Palettes.

Fitur AI Palettes memungkinkan pengguna Oppo Reno6 mengedit foto  yang diambil agar lebih estetik dan menarik tanpa harus download aplikasi tambahan. Karena biasanya, untuk membuat foto yang menarik perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga, tapi tidak dengan ponsel ini.

Oppo menghadirkan sejumlah preset atau filter secara default yang bisa digunakan penggunannya. Lebih menarik lagi, pengguna juga bisa menambahkan filter sesuai kebutuhan melalui referensi foto yang terbaik yang bisa didapatkan melalui media sosial.

Pada dasarnya AI Palettes memiliki kemampuan yang mirip dengan aplikasi edit foto pihak ketiga seperti Adobe Lightroom maupun VSCO. Perbedaannya adalah AI Palettes sudah tersedia pada ponsel secara langsung dan tidak perlu lagi berlangganan secara premium untuk mendapatkan hasil edit foto yang maksimal.

Setelah mengetahui makna dan manfaat dari AI Palettes, lalu bagaimana cara menggunaka fitur tersebut? Caranya, pertama pengguna perlu memilih foto terbaik yang ingin diedit, atau bisa menjepret terlebih dahulu dan mencai hasil yang maksimal melaui Oppo Reno6.

Ketika foto terbaik yang ingin diedit sudah didapatkan, pengguna cukup tekan tombol Edit yang ada di bagian bawah foto. Kemudian, geser layar ke kiri untuk menemukan fitur AI Palettes yang berada di antara dua fitur lain Beautify dan Stickers.

Setelah dipilih, pengguna akan dihadapkan dengan tampilan AI Palettes yang memiliki dua filter standar yakni Gothic dan Red Orange. Pengguna juga dapat menambahkan filter lainnya dengan menekan tombol Plus, yang akan menampilkan filter-filter lainnya.

Namun, sebekumnya, pengguna perlu menyiapkan gambar lain dengan tampilan estetik, bisa didapatkan melalui media sosial. Lalu tunggu beberapa saat, sampai dengan fitur AI Palettes menyesuaikan pada bagian referensi gambar, dan menerapkannya pada foto terbaik pengguna.

Untuk melihat perbandingan antara foto yang sudah diedit dan belum, cukup tekan tombol Compare. Jika hasil editannya sudah cukup baik, pengguna perlu ketuk tombol centang di bagian bawah, lalu Save untuk menyimpan foto yang selesai diedit, dan foto siap diunggah di media sosial pengguna.