ini Implementasi dan Rencana Pengembangan 5G Telkomsel di Indonesia

Kecepatan data yang ditawarkan oleh jaringan 5G memang layak dikembangkan di Tanah Air, apalagi di kala pandemi. Melalui implementasi teknologi ini maka kegiatan daring dapat dilakukan dengan lancar. Sebagai pionir layanan 5G di Indonesia, Telkomsel telah melakukan implementasi dan ke depan masih ada rencana lain sebagai pengembangan 5G di Indonesia.

Berikut ini adalah implementasi dan rencana yang akan dilakukan Telkomsel untuk terus berupaya mengembangkan teknologi mobile broadband tersebut. Beberapa rencana tersebut bahkan sudah di dilakukan.

Memperluas jangkauan 5G di beberapa kota

Hingga saat ini Telkomsel sudah memperluas jangkauan 5G. Sejak launching 26 kluster di Jakarta layanan 5G Telkomsel kini sudah menjangkau 9 kota, yaitu Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Surakarta, Surabaya, Bali, Makassar, dan Balikpapan.

Begitu juga pada PON Papua, dimana Telkomsel juga sudah deploy 5G untuk pengalaman penggunaan pada limited coverage terutama di venue.
Di ibukota Jakarta sendiri teknologi ini sudah menjangkau sekitar 7 cluster perumahan, seperti di Kelapa Gading, PIK, Widya Chandra, Pondok Indah, BSD, Alam Sutera, dan Menteng.

ini Implementasi dan Rencana Pengembangan 5G Telkomsel di Indonesia

“Untuk menjangkau area 5G, saat ini Telkomsel terus berupaya untuk memperluas jaringannya terutama pada daerah residensial. Hal ini karena relevan dengan kondisi dan situasi saat ini, dimana kebanyakan masyarakat bekerja dari rumah” kata Indra Mardiatna, VP Technology Strategy Telkomsel.

Untuk perluasan jangkauannya, Telkomsel telah memiliki tools dan analisis untuk memperkirakan daerah mana yang menjadi Point of Interest Telkomsel untuk implement. Dari tools inilah maka akan dinilai, daerah mana yang menjadi prioritas untuk menjangkau teknologi 5G.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan Layanan IoT Untuk Cek Ketersedian Bahan Bakar

Memberikan kualitas Layanan 5G yang terbaik

Investasi dalam mengimplementasikan 5G juga dilakukan untuk menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan. Telkomsel mengatakan bahwa 5G hadir untuk setiap lapisan masyarakat. Melalui pengembangan yang bertahap dari sisi produk, layanan, maupun dari sisi penggunaan.

Seperti yang dilakukan pada negara-negara tetangga, Singapura, Filipina, Thailand, dan Australia yang juga sudah meluncurkan 5G, Telkomsel juga mengembangkan teknologi ini dengan membawa 3 kapabilitas utama.

ini Implementasi dan Rencana Pengembangan 5G Telkomsel di Indonesia

Yakni pertama adalah enhanced mobile broadband dengan speed ideal. Yang Kedua adalah latensi yang sangat kecil. Dan yang ketiga adalah kapasitas yang lebih besar terutama untuk serving ke IoT atau machine to machine communication.

Dengan kemampuan mobile broadband mumpuni diharapkan ekosistem akan terbentuk dan banyak mendorong efisiensi di sisi produktivitas untuk semua jenis industri termasuk UMKM.

Baca juga: Bagaimana Koneksi 4G Telkomsel dapat Mengakselerasi Gaya Hidup Digital

Melakukan edukasi pemahaman 5G pada pelanggan

Untuk melakukan pemahaman masyarakat terhadap teknologi 5G, Telkomsel melakukan sosialisasi melalui digital channel seperti webinar, meski di tengah keterbatasan pandemic. Beberapa channel dimanfaatkan, seperti web Telkomsel.com, Youtube, dan Media. Selain itu Telkomsel juga banyak mengisi webinar tentang 5G di beberapa community, industry, dan akademi.

Edukasi 5G ini juga tidak hanya menjadi tanggung jawab Telkomsel. Oleh karenanya Telkomsel juga mengajak ekosistem yang lain seperti vendor atau pemerintah untuk melakukan edukasi, terkait roadmap plan teknologi Indonesia ke depan. Dengan edukasi ini maka diharapkan semua pihak dapat mengadopsi teknologi ini dengan cepat.

Kerjasama berbagai pihak untuk mengadopsi penggunaan 5G

Pengembangan ekosistem 5G juga dilakukan Telkomsel melalui upaya kolaboratif yang berkelanjutan bersama para pemangku kepentingan. Seperti penggunaan 5G untuk industri manufaktur yang dilakukan secara otomatisasi robotik.

Begitu juga di industri pertambangan, misalnya untuk remote heavy machinery untuk area yang sulit, akrena latency untuk remote cukup handal. Atau Drone monitoring untuk di daerah penambangan dengan visual video HD juga menjadi contoh aplikasi 5G yang tepat di sisi enterprise.

Bahkan tidak menutup kemungkinan juga untuk konsumen consumer selain ada visual access, UHD, nanti juga ada aplikasi-aplikasi lain yang bisa memaksimalkan 5G itu sendiri.

ini Implementasi dan Rencana Pengembangan 5G Telkomsel di Indonesia

Namun begitu jika dilihat saat ini, perusahaan akan sangat diuntungkan dengan mendapatkan benefit  dengan kehadiran 5G saat ini terutama dengan industri 4.0.

“Untuk memperluas jangkauan 5G, Telkomsel terbuka untuk kerjasama. Dari sisi teknologi sendiri bisa dibantu dari tim teknis sedangkan soal kerjasama bisa dibantu dengan tim enterprise” tambah Indra Mardiatna.

Baca juga: 5G Telkomsel Sudah Tersedia, Apa Manfaatnya Bagi Pelanggan?

Mendukung Implementasi 5G pada Event Besar

Demi mendukung event besar yang dilakukan di Indonesia, Telkomsel terus mendukung program pemerintah dengan implementasi 5G, sekaligus menunjukkan bahwa kita tidak ketinggalan dengan negara lain.

Salah satunya pada event PON XX Papua 2021. Telkomsel Sebagai the first 5G operator di Indonesia menjadi yang pertama menghadirkan jaringan 5G di Bumi Cendrawasih melalui showcase Telkomsel 5G Experience Center.

ini Implementasi dan Rencana Pengembangan 5G Telkomsel di Indonesia

Di Stadion Lukas Enembe tersebut Telkomsel memberikan pengalaman teknologi 5G melalui 5G virtual reality (VR) live, 5G VR based drone, dan 5G VR Tourism.

Inisiatif ini menjadi bagian dari upaya memperkuat ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan dengan menghadirkan Trifecta Digital Telkomsel yang meliputi Digital Connectivity, Digital Platform dan Digital Services di wilayah timur Indonesia.