Ini Aplikasi Online Yang Sering Diakses Pelanggan XL Selama Libur Lebaran

GadgetSquad.id – Selama libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H (24 April – 7 Mei 2022), XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data internet oleh pelanggan XL sebesar 33%. Ini lebih tinggi dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, dan 11% lebih itnggi jika dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.
pelanggan XL selama Lebaran (1)
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Setelah dua kali Lebaran masyarakat kebanyakan tidak bisa melakukan perjalanan mudik, Lebaran tahun ini dipenuhi suasana eforia masyarakat yang jadi salah satu sebab kenaikan trafik data yang cukup signifikan.”

Karakter Pelanggan XL Selama Libur Lebaran

Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan data pelanggan XL secara nasional didominasi oleh streaming yang mencapai 52%, disusul oleh social network sebesar 42%. Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 66%, Netflik naik 16%, YouTube naik 40%, TikTok naik 76%, Spotify naik 21%, dan Vidio relatif stabil.

 

Untuk layanan Instant Messenger, secara nasional trafik pemakaian layanan WhatsApp oleh pelanggan XL meningkat 38%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Twitter meningkat 29% dan Meta (Facebook) 38%. Layanan lainnya juga mengalami kenaikan trafik, antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 23%, sedangkan web browsing naik 36%.

 

Untuk layanan video conference Zoom, meskipun sepertinya juga mulai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersilaturahmi, namun karena ada libur sekolah dan cuti karyawan maka trafik pemakaiannya relative stagnan cenderung menurun. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses pelanggan XL yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 48% dibanding hari normal.

 

 

Sementara itu, untuk layanan telekomunikasi SMS dan voice yang digunakan pelanggan XL mengalami kenaikan/penurunan, masing-masing sebesar +6% dan -3% dibandingkan hari biasa. Di sisi lain, pengganti layanan voice, yaitu VoLTE mengalami kenaikan signifikan hingga 13% dibandingkan hari normal.

 

Layanan VoLTE yang berbasis data memiliki fungsi yang sama dengan voice, dengan keunggulan pada kejernihan suara, serta bisa dilakukan bersamaan dengan akses ke layanan data lainnya. Secara biaya, pelanggan juga tidak perlu membayar secara tersendiri, cukup menggunakan paket data yang dimiliki.

 

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan data pelanggan XL secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 23%, Jawa Timur 24%, dan Jawa Barat 20%. Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan data di wilayah Sumatera Bagian Utara secara rata-rata trafik data naik sebesar 21%, Sumatera Bagian Selatan 17%, Kalimantan 17%, Sulawesi 14%, Bali-Lombok-Sumbawa 19%.

 

Sementara itu dilihat dari area kota/kabupaten, secara nasional, lima kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kab. Sampang naik sebesar 41%, Kab. Bangkalan naik sebesar 39%, Kab. Lombok Tengah naik sebesar 35%, Kab. Brebes naik sebesar 33%, dan Kab. Purwakarta naik sebesar 25%.