GadgetSquad.id – Kali ini GagdetSquad akan melakukan review Samsung Galaxy A53 5G , Hp terbaru Samsung Indonesia  yang baru saja diluncurkan di pertengahan Maret 2022.

Jika masih ingat, di bulan yang hampir bersamaan tahun lalu, Samsung juga merilis tipe sejenis yaitu Galaxy A52. Nah, Samsung Galaxy A53 5G ini bisa dibilang sebagai penerusnya.

Review Samsung Galaxy A53 5G

Pastinya ada peningkatan yang dibawa tipe terbaru yang satu ini, apa saja ? Simak review Samsung Galaxy S53 5G selengkapnya berikut ini :

  • Desain

Identik! Begitulah kira-kira kesan yang kami tangkap saat me- review Samsung Galaxy A53 5G ketika melihat tampilan desainnya. Identik dengan tipe pedahulunya, yaitu Galaxy A52, baik desainnya maupun ukuran bodinya. Bahkan warna bodinya juga mirip, kebetulan Samsung Galaxy S53 5G yang kami pegang ini memiliki bodi belakang berwarna biru muda, sama dengan warna biru muda Galaxy S52 yang kami review setahun lalu.

Desain Samsung Galaxy A53 masih terlihat berkelas dan tidak kalah dengan tampilan Hp Samsung kelas atas. Bodi Samsung Galaxy A53 menggunakan bahan mate yang terasa agak kesat yang bisa mencegah agar tidak mudah slip. Selain itu bahan mate ini juga tidak mudah meninggal bekas sidik jari, berbeda dengan bahan glossy.

Baca juga : Main Game Online hingga Akses Konten Hiburan Lebih Puas dengan Samsung Galaxy A53 5G

Pada review Samsung Galaxy A53 ini, yang juga menarik yaitu di bagian sekeliling samping bodi Hp ini, terlihat warna chrome agak kebiruan yang menambah kesan elegan. Di samping kanan bodiya tersemat tombol power yang ditemani tombol volume. Kemudian di bodi bawahnya terdapat lubang speaker, port USB Type-C dan ‘laci’ slot Simcar 1 + Simcard 2/MicroSD). Nah ada yang berbeda jika dibandingkan dengan Galaxy 52, yaitu di Galaxy S53 5G tidak lagi disediakan lubang jack audio 3,5 mm. Jadi pengguna Hp terbaru Samsung ini harus menggunkan wireless earphone atau earbuds.

Masih sama dengan Galaxy A52, HP terbaru Samsung Galaxy S53 5G ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP68. Ini artinya Hp ini tahan air, bahkan tahan hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Selain itu Hp Samsung terbaru ini juga tahan terhadap kotoran debu. Pada review Samsung Galaxy A53 yang dilakukan, dicoba untuk menyeburkan Hp ini ke air di dalam ember beberapa saat, ternyata masih bisa berfungsi dengan normal.

 

  • Layar

Untuk fitur layarnya ternyata Samsung Galaxy S53 5G mengusung layar yang masih sama dengan tipe sebelumnya. Layarnya masih berukuran 6,5 inci yang ketajamannya didukung teknologi Super AMOLED dan resolusi 1080 x 2400 piksel.

Saat review Samsung Galaxy A53 5G ini, ketajaman layarnya memang terasa, yaitu ketika melihat konten foto maupun menoton video/film, tampilan gambarnya di layar terlihat tajam dan jernih. Bahkan tampilan layar juga tetap terlihat dengan baik saat berada di kondisi di bawah terik sinar matahari.

review Samsung Galaxy A53 5G (3)

Tapi ada juga perbedaannya, layar Samsung Galaxy A53 5G memiliki refresh rate yang lebih tinggi yaitu mencapai 120 HzHz, berbeda dengan Galaxy S52 yang refresh rate-nya 90 Hz. Tidak heran ketika me- review Samsung Galaxy S53 5G ini dan digunakan bermain game berat, tampilan grafisnya terlihat mulus tanpa patah-patah.

Yang juga tidak ketinggalan, layar Hp Samsung terbaru ini sudah dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 5, sehingga lebih kuat dan tidak mudah tergores hingga oleh benda tajam sekalipun. Masih seputar layar, pada area layar bagian bawah Hp ini sudah tersemat pemindai sidik jari (fingerprint). Dan saat review Samsung Galaxy A52, pemindai sidik jari ini cukup cepat merespon sentuhan sidik jari ketika ingin membuka layar yang terkunci.

 

  • Kamera

Fitur kamera yang dibawa Samsung Galaxy A53 5G ternyata tidak berbeda dengan Galaxy S52 sebelumnya. Hp terbaru Samsung ini juga dilengkapi empat kamera di bagian belakang bodi. Keempat kamera ini terdiri dari kamera utama 64MP dengan OIS + kamera Ultra Wide 12MP + kamera Macro 5MP + kamera Depth 5MP. Sedangkan untuk kamera depannya berupa lensa 32MP.

Hasil review Samsung Galaxy A53 5G pada fitur kameranya, kami mendapatkan kesan : kamera utama 64MP memang menjadi jaminan untuk menghasilkan hasil foto berkualitas tinggi, hasil fotonya terlihat tajam dan jernih. Termasuk saat memotret di malam hari atau kondisi low light, kamera ini dapat menangkap foto malam dengan hasil yang memuaskan.

Kemudian untuk kamera ultra wide-nya terasa berguna saat mau mengambil foto dengan jangkauan tangkapan yang lebih luas. Sedangkan kamera makronya dapat menghasilkan foto jarak dekat yang detil fotonya bisa tertangkap dengan tajam. Dan berkat kamera Dept-nya Hp ini dapat menghasilkan foto bokeh dengan hasil yang sempurna, terlihat pemisahan antara objek yang fokus dan latar yang buram terlihat begitu rapih.

Saat melakukan review Samsung Galaxy A53 5G untuk kamera depannya, kamera ini akan secara otomatis menghaluskan permukaan tampilan wajah saat foto selfie. Kamera depan ini pun bisa memotret foto selfie bokeh.

Untuk perekaman video, baik kamera depan dan belakang bisa rekam sampai resolusi 4K 30fps. Belum lagi sudah mendukung OIS (Optical Image Stabiliser) yang berguna saat merekam video dalam keadaan bergerak, agar hasilnya tetap stabil. Yang menarik, ada juga fitur menarik bernama Single Take yang memungkinkan untuk menangkap foto sekaligus video cukup dengan sekali shoot.

  • Performa

Setelah melakukan review Samsung Galaxy A53, ternyata performa Hp ini terbilang memuaskan. Berbagai aplikasi bisa dijalankan dengan lancar tanpa nge-lag. Termasuk untuk bermain game online populer seperti Mobile Legends, AOV, PUBG Mobile, dan Call of Duty Mobile, dapat dimainkan dengan lancar di Hp ini dengan setelan grafis tinggi. Apalagi didukung speaker stereo yang cukup kencang suaranya. Di volume tinggi, suara yang dihasilkan tetap cukup baik.

review Samsung Galaxy A53 5G (9)

Performa dari Samsung Galaxy A53 5G ini didukung prosesor buatan Samsung sendiri yaitu Exynos 1280. Ini berbeda dengan pendahulunya Galaxy A52 yang menggunakan prosesor Snapdragon 720G. Begitu pula dengan sistem operasinya, Galaxy A53 5G sudah mengadopsi Android 12, berbeda dengan seri Galaxy A52 yang masih Android 11.

Selain itu performa Galaxy A53 5G juga tidak lepas dari pengaruh RAM 8 GB. Untuk memori internalnya Hp Samsung terbaru ini tersedia dalam dua pilihan memori 128 GB dan 256 GB. Belum lagi juga disediakan slot Micro SD yang mendukung hingga kapasitas 1 GB.

  • Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, Galaxy A53 5G dibekali dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini lebih besar dibandingkan Galaxy A62 yang 4.500 mAh. Dengan kapasitas itu, baterai di Hp ini sanggup bertahan cukup lama, dimana saat melakukan review Samsung Galaxy A53 5G ini sanggup bertahan 24 jam lebih untuk penggunaan yang cukup intens, termasuk untuk bermain game online.

Samsung Galaxy A53 5G ini juga sudah mendukung pengisian cepat 25W. Saat review Samsung Galaxy A53 5G ini , butuh waktu sekitar  2 jam untuk mengisi daya baterai dari keadaan habis hingga 100%. Soal charger-nya ternyata di dalam kotak penjualan Galaxy A53 5G, hanya disediakan kabel data/charger tanpa disediakan kepala charger, jadi harus dibeli terpisah.

Kesimpulan Review Samsung Galaxy A53 5G

Dari review Samsung Galaxy A53 yang dilakukan, Hp ini layak menjadi pilihan untuk smartphone di kelas menengah. Desain yang cukup elegan, tahan air,  kamera berkualitas tinggi dan baterai tahan lama menjadi beberapa keunggulan Hp terbaru Samsung yang satu ini.

Harga dan Spesifikasi

Dimensi & Berat159.6 x 74.8 x 8.1 mm, 189g
WarnaBlack, White, Blue, Peach
LayarSuper AMOLED 6,5 inches

1080 x 2400 piksel, refresh rate 120Hz

Sistem OperasiAndroid 12 (One UI 3.1)
MemoriRAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB / 256GB
ChipsetExynos 1280 (5 nm)

Octa-Core (2×2.2 GHz + 6×1.8 GHz)

Kamera Belakang64MP wide-angle, F1.8, 0.8µm, OIS

12MP ulra wide, F2.2, 1.12µm

5MP makro, F2.4, 1.12µm

5MP Depth, F2.4, 1.12µm

Kamera Depan32MP, F2.2, 0.8µm
Baterai5.000mAh, fast charging 25W
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4G+5GHz), Bluetooth v5.0
KonektorUSB Type 2.0-C
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari, sensor giro, sensor geomagnetik, hall sensor, sensor cahaya, Virtual Proximity sensor
GPSGPS, Glonass, BeiDou, Galileo
SpeakerSpeaker stereo
FiturIP67
HargaRp5.999.000 (8/128GB), Rp6.499.000 (8/256GB)