Perkuat 4G, Koneksi 5G Telkomsel Kini Juga Mengaspal di Mandalika International Street Circuit

GadgetSquad.ID – Hadirnya Mandalika International Street Circuit yang disusul gelaran World SuperBike 2021 (WSBK), memberikan euforia tersendiri. Kini Sirkuit Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menjadi sorotan dunia.

Demi kelancaran berbagai gelaran kelas dunia, termasuk balap WSBK 2021, serta MotorGP tahun depan berbagai infrastruktur pendukung sudah disiapan, termasuk soal akses internet.

Teranyar, Telkomsel memastikan ketersediaan konektivitas jaringan mobile broadband 4G/LTE, serta menjadi operator telekomunikasi pertama yang menghadirkan jaringan ultra-broadband terkini 5G, di kawasan Mandalika.

Komitmen tersebut diimplementasikan sebagai salah satu wujud nyata dukungan Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup yang merupakan digital telco partner untuk mendukung digitalisasi di salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yakni kawasan Mandalika.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, bahwa menghadirkan konektivitas digital dengan jaringan broadband terkini di seluruh Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia, telah menjadi salah satu komitmen Telkomsel untuk memastikan pengalaman aktivitas digital yang nyaman bagi masyarakat.

“Bersama dengan TelkomGroup, kami telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan broadband 4G/LTE serta menggelar akses pengalaman jaringan 5G Telkomsel pertama di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat.”

“Telkomsel berharap, pengalaman digital masyarakat di kota Mataram juga akan semakin maksimal, terutama ketika menikmati dan mengabadikan keseruan perhelatan rangkaian event olahraga otomotif balap motor internasional tingkat dunia, yakni World Superbike 2021 dan MotoGP 2022, yang akan berlangsung di Mandalika International Street Circuit.”

Untuk kawasan Mandalika International Street Circuit sendiri, Telkomsel telah melakukan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan untuk 7 BTS 4G/LTE, dengan tambahan 3 unit Compact Mobile BTS (Combat) guna memastikan kelancaran aktivitas internet dan digital tim operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengunjung dan tim peserta balap motor event World Superbike 2021 dan MotoGP 2022.

Sedangkan untuk mendukung sektor pariwisata, Telkomsel juga telah memastikan optimalisasi 13 unit BTS 4G/LTE dan diperkuat tambahan 3 unit Combat di yang menjangkau area penginapan, lokasi kuliner, medical center, titik transit transportasi seperti bandara, serta tempat wisata, termasuk 21 unit BTS 4G/LTE dengan penambahan 2 unit Combat yang menjangkau jalur jalan raya di kawasan Mandalika.

Hendri menambahkan, Telkomsel sebagai the first 5G operator di Indonesia terus melanjutkan komitmen dalam memperluas edukasi serta akses pengalaman jaringan 5G secara bertahap dan terukur agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat termasuk di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Mengakselerasikan komitmen tersebut, Telkomsel juga untuk pertama kalinya telah menggelar jaringan 5G dengan dukungan 4 unit BTS di kawasan Mandalika sekaligus untuk menghadirkan pengalaman digital teknologi terbaru sepanjang event World Superbike 2021 dan MotoGP 2022.

Selama perhelatan olahraga internasional tersebut berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital untuk pemanfaatan teknologi VR 360 (yang menampilkan keindahan destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat), 5G Robot, dan VR Cloud Gaming menggunakan jaringan 5G melalui gelaran showcase ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di kawasan Mandalika International Street Circuit.

“Mengusung semangat kolaborasi #YangKitaBisa dalam mengakselerasikan kemajuan ekosistem digital di kawasan Indonesia Timur, termasuk Nusa Tenggara Barat, Telkomsel konsisten untuk terus membuka peluang lebih luas bagi kemajuan seluruh lapisan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi terdepan. Kami meyakini, inisiatif kehadiran pengalaman konektivitas digital berteknologi terkini melalui jaringan dan layanan Telkomsel 5G juga dapat menjadi langkah awal dalam melanjutkan dukungan kepada peningkatan ekonomi digital masyarakat di NTB, terutama untuk sektor pariwisata lokal agar bisa bersaing di kancah global,” pungkas Hendri.