Review OPPO A16k – Harga 2 Jutaan Performa Memuaskan

GadgetSquad.id – Kali ini tim GadgetSquad akan melakukan review OPPO A16k, Hp terbaru yang diluncurkan  OPPO Indonesia dengan harga terjangkau. OPPO A16k merupakan penyegaran dari lini Hp OPPO seri A, yaitu OPPO A16e yang diluncurkan dua bulan sebelumnya. 

review Oppo A16k (2)

Review OPPO A16k

OPPO A16k bisa menjadi pilihan buat kamu yang mau beli Hp baru dengan harga yang terjangkau tapi juga sudah dibekali dengan fitur lengkap dengan spesifikasi cukup tinggi. Dan ini review OPPO A16k terbaru : 

  • Desain 

Saat pertama kali melakukan review OPPO A16k ini, langsung terkesan dengan Hp OPPO terbaru ini yang memiliki desain lebih stylish dan bodi lebih ramping. Desain Hp OPPO A16k terlihat identik dengan OPPO A16e, namun ada yang membedakannya. OPPO A16k hadir dalam dua pilihan warna hitam dan putih. Bodinya juga terasa ramping dengan ketebalan cuma 7,85 mm dan berat hanya 175 gram.

review Oppo A16k (4)

Bodi OPPO A16k memiliki desain 3D sleek design, dengan desain sekeliling bodi dibuat membulat sehingga terasa ergonomis. Wajar saja terasa nyaman menggegam dan mengoperasikan Hp ini dengan satu tangan.  finishing pada panel belakangnya tidak memberikan efek licin saat digenggam.

Pada bagian kanan bodi smartphone ini terdapat tombol volume dan tombol power. Sedangkan di sisi kirinya disematkan slot SIM card  dan slot memori card, kamu bisa memasang 2 SIM card dan 1 memory eksternal. Pada bagian bodi bawahnya, terdapat port Micro USB, speaker, lubang jack 3.5mm, dan lubang microphone.

Hebatnya lagi, OPPO A16k dibuat agar tahan cipratan air. Ini karena Hp OPPO terbaru ini sudah mengantongi sertifikat IPX4. Perangkat ini telah menjalani serangkaian uji kualitas ketat dan memastikan untuk dapat digunakan dalam jangka panjang. Penambahan heatsink berupa lembaran grafit, memberikan pembuangan panas optimal, mencegah perangkat dari panas berlebih saat melakukan streaming video atau bermain game untuk waktu yang lama.

review Oppo A16k (1)

  • Layar 

OPPO A16k mengusung layar HD+ berukuran 6,52 inci. Saat me- review OPPO A16k ini, terlihat layarnya terlihat mampu menampilkan gambar yang tajam. Ini tidak lepas dari layar yang beresolusi 1600 x 720 pixel (HD+ ). Perangkat ini dilengkapi dengan layar Eye Care Display yang membuat tampilan layar tetap nyaman dilihat sehingga mata pengguna tidak mudah lelah saat menggunakan perangkat dalam waktu lama, baik digunakan saat siang maupun malam hari.  

Baca juga : Unboxing OPPO A16e, Desain Memukau Harga Terjangkau !

review Oppo A16k (3)

Selain itu ada juga fitur AI Smart Backlighting yang mempelajari kebiasaan kecerahan pengguna dan memberikan pengalaman lampu latar cerdas yang otomatis disesuaikan. Dengan itu, pengguna tidak perlu lagi mengatur kecerahan secara manual dan kesehatan mata pengguna akan terjaga dengan baik.

Di bagian atas layar disematkan kamera selfie dengan desain waterdrop. Sedangkan di bagian bawah layar ternyata tidak ada sensor sidik jarinya, lalu di mana letaknya ? ternyata OPPO tidak menyematkan sensor fingerprint baik di layar, di bodi belakang maupun di tombol power. 

 

  • Kamera

OPPO A16k dilengkapi dengan kamera utama 13 MPix di bodi belakang. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MPix. Kamera ini juga didukung beberapa fitur kamera yang ditingkatkan untuk membantu menangkap gambar terbaik di berbagai situasi. Seperti ada fitur HDR Backlight dapat mempertahankan detail ketika mengambil foto pada lingkungan cahaya latar kuat atau cahaya redup.

review Oppo A16k (7)

Tiga filter malam baru diperkenalkan untuk memberikan gambaran unik pemandangan kota malam hari. Kamera HP ini juga dilengkapi dengan fitur AI beautification untuk foto potret yang tampil lebih alami dan jernih. Sementara, fitur AI Palette dapat mengubah foto dengan gaya gambar referensi populer pada media sosial hanya dengan satu klik. 

Dan saat GadgetSquad melakukan review OPPO A16k ini, kamera tunggal di bodi belakang ini mampu menghasilkan foto yang terbilang tajam. Pun begitu dengan kamera depannya yang membuat foto selfie terlihat keren. Ini karena kamera depan dilengkapi fitur AI retouching yang dapat menghaluskan wajah.

Berikut beberapa hasil foto kamera OPPO A6k :

 

  • Performa

pUntuk performanya OPPO A16k didukung prosesor MediaTek Helio G35 dengan kombinasikan System Booster yang memberikan kinerja mulus setiap saat. Selain itu juga disokong dengan konfigurasi 4GB RAM dan memori internal 64GB.

Tidak ketinggalan sistem operasi ColorOS11.1 berbasis Android 11 yang menawarkan efisiensi, kenyamanan, privasi, dan keamanan, dengan berbagai fitur unggulan seperti FlexDrop, Terjemahan Tiga Jari, dan Tangkapan Layar Bebas untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja. Background Stream akan memberikan pengalaman baru tanpa gangguan bagi pengguna yang ingin menikmati musik atau video pada latar belakang. 

Baca juga : Review OPPO A16 – Harga Irit Fitur Komplit

review Oppo A16k (6)

Dan benar saja, ketika review OPPO A16k ini berbagai aplikasi bisa dibuka dan dijalankan dengan lancar dengan mulus. OPPO A16k juga masih bisa digunakan untuk bermain game online seperti PUBG, tapi dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi. Tapi bermain game di Hp ini terasa nyaman, karena sudah dilengkapi dengan fitur Game Space. Di fitur ini kamu bisa mengatur beberapa penyetingan agar tidak terganggu saat bermain game, seperti menghilangkan notifikasi, meningkatkan performa Hp saat digunakan bermain game, atau menolak setiap panggilan yang masuk saat bermain game. 

 

  • Baterai 

Untuk daya tahan hidupnya, OPPO A6k dibekali baterai 4230mAh berpadu dengan serangkaian fitur pendukung seperti Super Nighttime Standby, Optimized Night Charging, dan Super Power Saving Mode. Di mana fitur-fitur tersebut bisa menghemat komsumsi daya baterai sehigga membuat baterai lebih tahan lama. 

Ketika dicoba melakukan review OPPO A16k ini dengan menggunakannya untuk berbagai aktivitas, akses sosmed, menonton streaming film, memotret, merekam video, dan lainnya, Hp OPPO ini bisa bertahan seharian penuh.

review Oppo A16k (5)

Harga dan Ketersediaan

OPPO A16k akan tersedia di Indonesia dalam pilihan warna hitam dan putih, Hp OPPO terbaru dijual dengan hargaRp2.199.000. Pengguna bisa membelinya secara online melalui aplikasi OPPO Store yang terpasang di seluruh smartphone OPPO atau OPPO Official Store pada jaringan e-commerce terkemuka seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, JDID, Akulaku, dan Tiktok Shop. Atau bisa juga dibeli di OPPO Store dan juga toko – toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia.

Spesifikasi 

Warna Hitam dan Putih
Ukuran 164mm × 75.4mm × 7.85mm
Berat 175 gram
Layar 6.52‘’ HD+ (1600×720 pixel) Waterdrop LCD
CPU MTK Helio G35
Sistem Operasi ColorOS 11.1 (berbasis Android 11)
RAM & ROM 4 GB LPDDR4X + 64 GB
Kamera Utama 13MP
Kamera Depan 5 MP
Sertifikasi IPX4
Baterai dan pengisian daya 4230mAh, 10 Watt
Harga Rp 2.199.000