Home Review Review Samsung Galaxy Tab A8 – Tablet Ringkas untuk Seluruh Anggota Keluarga

Review Samsung Galaxy Tab A8 – Tablet Ringkas untuk Seluruh Anggota Keluarga

tablet samsung galaxy tab a8 (29)Dimasa pandemic ini perangkat mobile sangat diperlukan, karena banyak perusahaan yang masih memberlakukan WFH (Work From Home) atau WFA (Work From Any ware). Nah, Samsung Galaxy Tab A8 dirancang untuk kamu yang tidak mau ribet menggunakan laptop saat bekerja.

Menariknya lagi tablet ini juga bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga yang membutuhkan perangkat teknologi yang mampu mendukung berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari belajar, menikmati hiburan, sampai dengan menikmati quality time. Tablet ini adalah perangkat yang nyaman digunakan baik oleh orang tua maupun anak.

Desain

Samsung Galaxy Tab A8 juga dirancang sebagai perangkat yang mudah dibawa-bawa dan estetik. Dimensinya yang kompak tablet ini memilki dimensi hanya 246,8 x 161,9 x 6,9mm.  Dengan bodi yagi tipis dan bobot yang ringan membuat tablet ini nyaman dibawa kemana saja.

Bodinya menggunakan material metal yang kokoh dibalur pilihan warna favorit seperti Gray, Silver, dan Pink.

tablet samsung galaxy tab a8 (29)

Layar

Samsung Galaxy Tab A8 hadir dengan layar yang lebih luas dibandingkan pendahulunya. Galaxy Tab A8 hadir dengan ukuran layar 10,5 inci beresolusi 1920 x 1200 (WUXGA) TFT. Tampilan luas didukung oleh bezel tipis 10,2mm dan aspect ratio 16:10.

Layarnya jernih dan jernih luas, maka sangat nyaman menikmati berbagai konten dengan memuaskan. Samsung Galaxy Tab A8 mampu membantu semua keluarga melakukan berbagai aktivitas di rumah, baik untuk belajar hingga dengan menikmati entertainment.

Membaca e-book pelajaran sekolah atau mengerjakan tugas-tugas sekolah yang dikirim via Google Classroom, anak-anak juga dapat akan menikmati pengalaman seperti membaca atau mengerjakan tugas di buku dalam ukuran sebenarnya.

Baca juga: Galaxy Tab A8 Bikin Belajar Online Kini Makin Nyaman

Kamera

Mengikuti kelas dan meeting online bisa dilakukan dimana saja, bahkan dapat menjadi penngganti perangkat laptop. Selain kualitas visual dan audio yang sangat mendukung kegiatan kelas online atau meeting melalui aplikasi video conference.

Samsung Galaxy Tab A8 juga sudah mendukung kamera depan 5MP yang ditempatkan di tengah atas saat tablet diposisikan horizontal. Jadi siapapun penggunanya bisa fokus menatap ke tengah, seperti menatap mata peserta kelas online atau meeting lainnya.

Untuk kamera belakang masih didukung pula dengan resolusi 8MP autofocus yang dapat digunakan untuk mengambil foto dan momen penting.

tablet samsung galaxy tab a8 (29)

Multi-active windows

Hebatnya lagi tablet ini juga sudah mendukung multi-active window yang dapat mendukung penggunanya untuk melakukan pakerjaan secara multitasking, artinya Samsung Galaxy Tab A8 dapat menjalankan dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan dalam satu screen.

Pada fitur multi-active window terdapat beragam aplikasi yang sudah mendukung yang bisa dilihat di Edge panels. Edge panels dapatn diaktifkan melalui Settings>Display>tombol Edge panels ke kanan untuk mengaktifkan. Setelah kembali ke Home screen, dan kamu akan melihat tanda Edge panels di sisi kanan layar.

Untuk menggunakanya kamu tinggal menarik Edge panels dari sisi kanan layar ke tengah. Lalu tap tombol garis tiga, setelah itu tap All apps. Di layar akan muncul semua aplikasi yang mendukung multi-active window.

Multitasking dengan Galaxy Tab A8 (3)

Screen recording

Samsung Galaxy Tab A8 juga memiliki fitur Screen recording yang bisa digunakan untuk merekam guru saat mengajar di kelas online.

Untuk melakukan Screen recording, Tarik Quick Settings panel, lalu tap Screen recorder untuk mengaktifkan. Menu “Start recording with Screen recorder?” akan pop-up. Kamu bisa memilih untuk merekam dengan mode No Sound, Media Sound, atau Media sounds and mic. Lalu Start recording.  Lalu gunakan tablet.

Untuk menambahkan catatan atau sketsa di layar yang sedang merekam, tap gambar pena di pojok kanan atas. Kamu  bisa memilih warna garisnya. Lalu apabila sudah selesai, masih di pojok kanan atas, pilih tombol Stop.

Pada screen recording terdapat dua opsi setting, yaitu Sound dan Video quality. Untuk settingan sound, kamu bisa memilih mode No Sound, Media Sound, atau Media sounds and mic. Untuk video quality, bisa memilih High (1072p), Medium (720p), dan Low (480p).

Teknologi Dolby Atmos

Selain layar yang luas menonton video on demand dari Netflix atau Viu, akan terasa nyaman dan memanjakan mata.

Samsung Galaxy Tab A8 dilengkapi empat speaker dua di sisi kanan dan dua di sisi kiri. Dengan empat speaker di kedua sisi, tablet ini mampu memperdengarkan audio ke segala arah secara maksimal.

Untuk menghadirkan surround sound yang imersif dan powerful baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, Samsung menanamkan teknologi Dolby Atmos.

Untuk mengaktifkan fitur Dolby Atmos, tarik Quick Panel settings cari tombol Dolby Atmos. Tap untuk mengaktifkan, sampai tombol berubah menjadi warna biru.

tablet samsung galaxy tab a8 (29)

Baca juga: Tablet Samsung Galaxy Tab A8 Terbaru Harga 3 Juta, Ini Keunggulannya!

Koneksi

Agar dapat terkoneksi ke internet, tablet Samsung Galaxt Tab A8 sudah mendukung dua varian, yakni koneksi Wi-Fi saja atau koneksi Wi-Fi yang juga didukung dengan 4G LTE. Selain itu, kamu juga dapat menkoneksikan tablet ini dengan perangkat lain melalui Bluetooth.

Konektor lain adalah yang tersedia pada bagian sisi bodi tablet, yakni melalui port type C USB 2.0, 3.5mm Ear jack.

Performa Samsung Galaxy Tab A8

Untuk mendukung segala aktifitas dan menjalankan aplikasi yang ada, tablet ini sudah dibekali dengan prosesor Octa-Core Unisoc Tiger T618 dengan kecepatan clock 2GHz.

Prosesor ini masih didukung dengan memori RAM 3GB/32GB memori internal atau memori RAM 4GB/128GB memori internal untuk memaksimalkan penggunaan dan media penyimpanan. Jika kurang penguna masih dapat menambahkan memori eksternal microSD sampai 1TB.

Baterai

Agar aktivitas hiburan bisa dilakukan secara maksimal tablet ini menggunakan baterai 7.040mAh. Dengan baterai ini, pengguna bisa menggunakan Samsung Galaxy Tab A8 lebih lama. Bila baterai hampir habis, daya bisa diisi dengan cepat sebab tablet ini sudah mendukung fast charging 15W.

Samsung Kids 

Para orang tuda tidak perlu khawatir saat Galaxy Tab A8 digunakan anak-anak, karena tablet ini sudah sudah dilengkapi Samsung Kids berbagai konten khusus anak-anak.

Samsung Kids memungkinkan orang tua melindungi anak-anak saat mereka menjelajahi pengalaman dunia digital. Di dalamnya terdapat fitur parental control dapat diaktifkan untuk mengamankan anak dalam penggunaan perangkat digital dan tidak terpapar konten yang tidak sesuai dengan usia dan perkembangan mereka.

Dengan fitur parental control, orang tua bisa mengatur Screen Time, yakni batas waktu penggunaan tablet, dan menentukan aplikasi apa saja yang boleh diakses oleh anak. Orang tua juga akan mendapatkan update activity anak selama menggunakan tablet.

Samsung Kids juga menyediakan aplikasi permainan dan kreativitas, seperti Crocro’s Friend Village, Bobby’s Canvas, Lisa’s Music Band, Crocro’s Adventure. Tersedia juga aplikasi untuk camera, gallery, browser khusus anak-anak, koleksi art yang dikerjakan anak, maupun rekaman suara mereka.

Multitasking dengan Galaxy Tab A8 (3)

Pada browser, orang tua bisa menentukan website apa saja yang boleh diakses dan mencegah mereka berselancar sampai ke website yang tak diinginkan. Pada penggunaan awal, semua aplikasi ini harus diunduh dan di-install terlebih dahulu.

Samsung Kids bisa diaktifkan melalui Home screen seret Quick Settings panel. Pilih tanda plus, lalu cari button Kids. Tekan dan tahan button Kids, lalu drag di Quick Settings panel.

Setelah itu, tap button Kids untuk mulai mengaktifkan Samsung Kids. Nanti akan muncul layar Samsung Kids. Centang Add Samsung Kids to the Apps Screen, lalu tap Next. Tentukan PIN. Lalu kamu akan dibawa ke Home screen Samsung Kids. Di Home screen Samsung Kids sudah tersedia berbagai aplikasi untuk diunduh.

Galaxy Experience 

Salah satu keunggulan Samsung Galaxy Tab A8 adalah dukungan pada Galaxy ecosystem yang membuat tablet ini bisa terhubung ke perangkat Galaxy lainnya secara seamless untuk memudahkan sejumlah aktivitas di rumah. Beberapa fitur yang didukung oleh tablet ini adalah:

  1. Auto Switch

Samsung mengembangkan Auto Switch yang memungkinkan audio untuk di-delivery di antara beberapa perangkat yang berdekatan dan tersambung ke Galaxy Buds+, Buds Pro, dan Buds Live. Sebagai contoh, jika pengguna ingin beralih dari smartphone ke tablet Tab A7 Lite saat menonton film, mereka dapat beralih dengan mudah tanpa harus mengubah koneksi Bluetooth secara manual. Jika pengguna menerima panggilan saat menonton YouTube di tablet Samsung Galaxy Tab A8, Galaxy Buds+, Buds Pro, atau Buds Live akan beralih secara otomatis ke smartphone.

  1. Copy & Paste

Bila pengguna ingin menyalin image dan teks dari smartphone Galaxy ke Galaxy Tab A8 dan sebaliknya, itu dimungkinkan melalui fitur copy & paste. Ini sangat membantu ketika menemukan teks atau gambar yang menarik saat menggunakan smartphone dan ingin menyimpannya di tablet.

  1. Continue apps on other devices

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu dapat melanjutkan apa yang dilakukan di smartphone ke tablet Samsung Galaxy Tab A8 atau sebaliknya. Misalnya catatan yang dibuat di aplikasi Samsung Notes di smartphone bisa buka di Samsung Galaxy Tab A8 untuk dilanjutkan. kamu juga bisa melanjutkan aktivitas browsing Internet di smartphone ke layar tablet yang lebih luas. Cukup buka layar Recents untuk melihat aplikasi apa yang berasal dari perangkat lain.

  1. Auto Sync

Fitur ini memungkinkan pengguna mensinkronisasi data antara beberapa perangkat Samsung melalui Samsung Cloud. Misalnya, jika pengguna memasukkan calendar event atau kontak baru di smartphone, maka data ini akan otomatis tersinkronisasi juga di perangkat lain yang sama-sama terhubung ke Samsung Cloud, sepanjang terhubung ke Samsung account yang sama.

Untuk mulai sinkronisasi data, buka Home sceen dan tap Settings, pilih nama lalu tap Samsung Cloud. Berikutnya pilih aplikasi atau data yang hendak disinkronisasi dengan cara menggeser tombol Switch. Lalu tap Sync Now. Aplikasi yang bisa disinkronisasi meliputi Contact, Calendar, dan Bluetooth.

Samsung Knox

Samsung Galaxy Tab A8 menghadirkan perlindungan berlapis dengan Samsung Knox sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman penggunaan yang aman dan nyaman.

Salah satu fitur menarik adalah Smart Lock, di mana kamu bisa menyetel tablet ini untuk unlock secara otomatis ketika berada di lokasi yang terpercaya (trusted places). Contohnya, jika kamu menyetel rumah adalah trusted places, maka ketika tablet mendeteksi dirinya sudah berada di rumah, maka ia secara otomatis akan unlock.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A8

Samsung Galaxy Tab A8
Layar 10,5 inci 1920 x 1200 (WUXGA) TFT  
OS Android 11
Dimensi 246,8 x 161,9 x 6,9mm
Bobot Wi-Fi / LTE: 508g
Kamera [Belakang] 8MP AF

[Depan] 5MP

Memori Wifi : 3GB RAM dengan 32GB internal storage

LTE: 4GB RAM dengan 128GB internal storage

microSD sampai 1TB

* Ketersediaan ukuran storage yang sebenarnya bisa berbeda tergantung pada pre-installed software dan menurut market, model, ukuran file, dan format.

**Kartu MicroSD dijual terpisah.

Processor Octa-Core Unisoc Tiger T618, 2GHz
Baterai 7,040mAh (mendukung 15W Adaptive Fast Charging**)

*Nilai typical value diuji di bawah kondisi laboratorium pihak ketiga. Value typical adalah value rata-rata yang diestimasi berdasarkan deviasi dalam kapasitas baterai di antara sampel baterai yang diuji menurut standar IEC 61960.

** 15W Adaptive Fast Charger dijual terpisah.

Konektivitas LTE

Wi-Fi 5 (802.11 a/b/g/n/ac)

Wi-Fi Direct, Bluetooth® v5.0

Warna Gray, Silver, Pink Gold
Konektor Type C USB 2.0, 3.5mm Ear jack
Sensors Accelerometer, Compass, Gyro, Light, Hall Sensor
GPS GPS+GLONASS, Beidou, Galileo
Audio Quad Stereo Speakers, Dolby Atmos®
Security Samsung Knox, Face Recognition
Accessories* Book Cover, Protective Standing Cover

*Aksesoris dijual terpisah.