Review Tablet Samsung Galaxy Tab S8 Plus – Tampil Stylish Dilengkapi Stylus

GadgetSquad.id – Samsung Indonesia belum lama ini menghadirkan perangkat tablet terbarunya yaitu Samsung Galaxy Tab S8 Series. Ada tiga model yang dilempar ke pasar Indonesia, yaitu Samsung Galaxy Tab S8, Tab S8 Plus, dan Tab S8 Ultra. Dan GadgetSquad akan melakukan review tablet Samsung Galaxy S8 Plus.

tablet samsung galaxy tab S8 Plus 10

Review Tablet Samsung Galaxy Tab S8 Plus

Tablet Samsung Galaxy Tab S8 Plus dirancang  sebagai peranagkat yang bisa diandalkan untuk bekerja serta penggunaan tablet untuk kebutuhan lainnya. Tablet ini bisa juga diandalkan untuk merasakan pengalaman video yang luar biasa, ingin merekam dan berbagi catatan dengan S Pen, tetap berhubungan dengan keluarga dan teman melalui panggilan video yang dioptimalkan, merekam dan mengedit video 4K dengan fitur-fitur mutakhir, serta kebutuhan lainnya.

 

Desain

Samsung Galaxy Tab S8 Plus dirancang dengan desain premium yang stylish. Tablet ini dibuat dengan frame yang terbuat dari material armor aluminium yang kuat dan tangguh serta tidak gampang tergores. Pengujian internal mendapati frame armor aluminium ini 30% lebih tahan gores dan 40% lebih tahan dibengkokkan dibandingkan Galaxy Tab S7.

Soal piplihan warnanya, Samsung Galaxy Tab S8 Plus hadir dengan pilihan warna-warna baru yang impresif, yaitu Graphite, Silver, dan Pink Gold. Yang menarik, tablet ini memiliki ukuran ketebalan bodi yang terbilang tipis untuk ukuran perangkat tablet, yaitu 5,7 mm. Ini membuatnya lebih nyaman dipegang. 

tablet samsung galaxy tab S8 Plus 5

Layar Lebih Besar

Samsung Galaxy Tab S8 Plus hadir dengan layar Super AMOLED berukuran luas, yaitu 12,4 inci. Layar ini menghadirkan cinematic viewing experience untuk menikmati film atau serial favorit di layar yang luas dan jernih. Apalagi pengguna bisa menikmati transisi konten yang sangat smooth di layar tablet ini berkat refresh rate yang ditingkatkan dari sebelumnya 60Hz menjadi 120Hz. Dengan keunggulan layar tersebut, maka pengguna bisa menikmati berbagai konten dengan lebih puas

Apalagi tablet ini juga sudah didukung oleh kualitas audio yang luar biasa. Samsung Galaxy Tab S8 Plus sudah diperkuat dengan premium sound melalui quad-speaker berteknologi Dolby Atmos. Dengan teknologi ini, tablet Samsung Galaxy Tab S8 series mampu menghadirkan kualitas cinematic surround sound yang kaya dan realistik, menghanyutkan pengguna di dalam tontonannya atau pun permainan game-nya.

tablet samsung galaxy tab S8 Plus 2

Multi-active Window

Kemampuan multitasking tentu sudah bisa dilakukan di tablet ini, bahkan sudah ditingkatkan pada Samsung Galaxy Tab S8 Plus. Pengguna kini dapat mengelola dan mengatur layout multi-active window di perangkat mereka.

Pengguna kini memiliki kebebasan membuka beberapa window secara side-by-side dan mengatur ukuran window, atau mempertahankan satu window yang floating di atas lay-out split screen. Saat ini tersedia empat pilihan layout, dari sebelumnya hanya dua. Fitur ini masih memungkinkan pengguna membuka dan menjalankan tiga aplikasi sekaligus untuk multitasking yang mengesankan. 

 Pengguna juga bisa mengaktifkan multi-active window dengan cara Drag&Split, yaitu membagi layar dengan men-drag aplikasi lain menggunakan jari atau S Pen. Pengguna juga bisa melakukan Drag&Split untuk link, nomor telepon,alamat, gambar, dan sebagainya dari browser Samsung Internet, Samsung Notes, Office dan aplikasi tertentu lainnya.

Performa Terkuat

Performa yang lebih baik sanggup dihadirkan oleh tablet Samsung Galaxy Tab S8 Plus, sebab sudah didukung prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 octa-core yang diproduksi dengan teknologi proses 4nm sehingga lebih hemat daya. 

Dari hasil pengujian, didapati bahwa prosesor terbaru ini menghasilkan peningkatan performa CPU 24 persen dan GPU 52 persen jika dibandingkan dengan performa seri tablet Galaxy Tab S7+ sebelumnya.

Baca juga : Review Samsung Galaxy Tab A8 – Tablet Ringkas untuk Seluruh Anggota Keluarga

Kinerja yang powerful bisa dinikmati sepuasnya sepanjang hari oleh pengguna tablet Samsung Galaxy Tab S8 Plus, karena sudah juga dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Tablet Samsung ini sudah dibekali baterai berkapasitas 10.090mAh. 

Dari kondisi baterai terisi penuh, tablet ini sanggup bertahan selama kurang lebih 13 jam jika digunakan untuk memutar video. Saat kondisi baterai lowbatt, bisa diisi ulang dengan cepat karena Samsung Galaxy Tab S8 Plus sudah mendukung Super-fast Charging 2.0 (sampai 45W). Saat dicoba pengisian baterai dengan super-fast charging 45W, baterai Samsung Galaxy Tab S8 plus mulai dari keadaan habis, bisa terisi penuh dalam waktu 80 menit. 

tablet samsung galaxy tab S8 Plus 4

Konektivitas Tercepat

Di era konektivitas sekarang, kinerja tangguh perlu didukung oleh konektivitas yang cepat. Seluruh tipe Samsung Galaxy Tab S8 Series, termasuk Tab S8 Plus  sudah mendukung dan siap digunakan di jaringan 5G yang disediakan oleh operator seluler di Indonesia. Dengan konektivitas yang lebih cepat, kegiatan work and playmenjadi semakin efektif. Selain konektivitas seluler, tipe Galaxy Tab S8 hadir dengan pilihan varian Wi-Fi untuk memberikan pilihan yang lebih banyak sesuai preferensi pengguna.

 

 S Pen

S Pen terbaru di Samsung Galaxy Tab S8 Plus  dirancang untuk menghadirkan pengalaman menulis dan menggambar yang makin mudah. Semua dimungkinkan berkat latensi yang sangat rendah, hanya 2,8ms, yang jauh lebih rendah bila dibandingkan tipe Tab S7+ yang dulu. 

Dengan latensi serendah itu pengguna bisa merasakan pengalaman menulis dan menggambar akan semakin mendekati pengalaman/sensasi menulis dan menggambar menggunakan pena yang sebenarnya atau melukis bak menggunakan kuas yang sebenarnya. Sebab responsivitas S Pen menjadi sangat akurat dan cepat.

 Tak sekadar jadi alat tulis digital, S Pen ini juga serbaguna. Dengan menggunakan fitur ‘Air Action’, S Pen ini bisa menjadi shutter kamera untuk melakukan selfie, mengontrol slide presentasi, memainkan musik atau film, mencatat, dan mengirimkan live message.

 S Pen di Galaxy Tab S8 Plus memiliki magnet sehingga bisa menempel dengan kuat di bagian punggung tablet, sehingga lebih aman dan tidak mudah hilang. S Pen ini menggunakan baterai 0,35mAh yang otomatis terisi ulang saat S Pen menempel di punggung tablet.S Pen juga akan otomatis terhubung ke tablet via Bluetooth saat ditempelkan.

Kamera

Beralih ke fitur kameranya, tablet Samsung Galaxy Tab S8 Plus  ini dilengkapi dengan dual camera di bodi belakangnya. Keduanya masing-masing memiliki resolusi kamera yaitu 13MP AF dan 6MP Ultra-Wide + Flash . Dengan bekal kamera tersebut, memuat tablet ini juga bisa diandalkan untuk membuat konten, mulai dari memotret foto hingga merekam video. Apalagi hasil kameranya terbilang tajam.

Sedangkan untuk kamera depannya yang berada di atas layar, sudah memiliki resolusi  12MP (Ultra-Wide). Ini membuat tangkapan kamera saat digunakan untuk video call atau meeting online terlihat tajam.

tablet samsung galaxy tab S8 Plus 6

 Video Call Lebih Nyaman

Salah satu keunggulan dari penggunaan tablet Samsung Galaxy Tab S8 Plus ini yaitu pada pengalaman video call. Ini karena sudah didukung kamera ultra-wide angle beresolusi 12MP di layar depan Samsung Galaxy Tab S8 series, yang mampu memberikan sudut pandang hingga 120 derajat.

 Apalagi juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang lainnya, seperti fitur Auto Framing baru, memungkinkan kamera selalu berfokus pada Anda, mengikuti pergerakan Anda sehingga Anda tetap berada di center. Fitur ini akan otomatis membuat kamera zoom out dan zoom in ketika ada orang lain yang muncul bersama Anda di layar.

Pengalaman video call juga semakin nyaman berkat keberadaan tiga mikrofon di bodi Galaxy Tab S8 Plus untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih jelas dan mengurangi noise di background sampai 50 persen. Yang tak kalah menarik, saat sedang video call juga disediakan sejumlah pilihan background berupa warna atau pun gambar latar. 

Face Dual Recording

Di tablet Samsung Galaxy Tab S8 Plus ini juga terdapat fitur screen recorder yang memungkinkan Anda melakukan face dual recording. Face dual recording ini adalah menambahkan video selfie Anda di dalam screen recording tanpa menambahkan perangkat lain.

Contoh penggunaan face dual recording, misalnya bisa menambahkan video Anda saat memberikan penjelasan pada sebuah materi pembelajaran, jadi penjelasannya semakin efektif. Beauty tutorial atau gaming walkthrough pun mudah dibuat.

Harga dan Ketersediaan

  • Galaxy Tab S8 tersedia dengan harga Rp9.999.000 untuk varian Wifi pada warna Graphite, dan Rp 12.999.000 untuk varian 5G dalam pilihan warna Graphite, Silver dan Pink Gold.
  • Galaxy Tab S8+ tersedia dengan harga Rp16.999.000 untuk varian 5G dalam pilihan warna Graphite, Silver dan Pink Gold.
  • Galaxy Tab S8 Ultra tersedia dengan harga Rp19.999.000 untuk varian 5G pada warna Graphite.

Spesifikasi Galaxy Tab S8 Plus

Layar 

12,4-inci, 2800 x 1752, (WQXGA+) 266ppi Super AMOLED, hingga 120Hz

OSAndroid 12.0
Dimensi 

185,0 x 285,0 x 5,7mm

Bobot 

572g (5G)

KameraBelakang13MP AF + 6MP Ultra-Wide + Flash
Depan12MP (Ultra-Wide)
Memori& Storage* 

8GB + 256GB, microSD up to 1TB**

Processor4 nm 64-bit Octa-Core Processor
Baterai* 

10,090mAh (typical)

Super Fast Charging 2.0(up to 45W)

Konektivitas5G*, Wi-Fi, Wi-Fi Direct Bluetooth® v 5.2
Warna*Graphite, Silver, Pink Gold
KonektorType-C USB 3.2
SensorAccelerometer, Geomagnetic, Gyro, Light, Fingerprint, Hall Sensor
GPSGPS+GLONASS, Beidou, Galileo
SoundQuad Stereo Speakers with Sound by AKG, Dolby Atmos®
Mikrofon3 Mikrofon
VideoRecording4K @ 30fps
Playback8K @ 60fps
SecuritySamsung Knox termasuk Samsung Knox Vault
Otentifikasi Biometrik 

Fingerprint on Display

AksesoriS Pen (BLE, Inbox)

Book Cover Keyboard, Book Cover Keyboard Slim, Book Cover, Protective Standing Cover, Note View Cover, Strap Cover