Telkomsel Ajak Pelanggan Migrasi 3G ke 4G, Gimana Caranya dan Apa Untungnya?

migrasi 3g ke 4gUntuk mendorong pemerataan akses broadband di seluruh negeri, Telkomsel melakukan proses migrasi atau upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di sepanjang tahun 2022. Proses migrasi ini dilakukan dalam empat tahap.

Memasuki tahap ketiga proses migrasi 3G ke 4G/LTE yang menargetkan 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia sepanjang tahun 2022. Hingga saat ini, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan migrasi pelanggan ke uSIM 4G sebanyak 500 ribu pelanggan perbulan.

Hingga kini Telkomsel masih menyelesaikan proses upgrade jaringan 3G ke 4G sesuai target yang dicanangkan sebelumnya, Telkomsel melanjutkan tahap ketiga yang dilakukan di 143 kota/kabupaten mulai Juli 2022 dan tahap berikutnya akan diinformasikan lebih lanjut.

migrasi 3g ke 4g

Apa sih untungnya migrasi dari 3G ke 4G?

Dengan melakukan migrasi dari kartu dari 3G ke 4G pelanggan akan merasakan layanan internet broadband yang prima melalui berbagai layanan serta beragam keuntungan yang ditawarkan dari Telkomsel.

Dengan pindah atau migrasi ke 4G, kamu akan mendapatkan pengalaman panggilan suara berkualitas HD, selain itu juga bisa menikmati akses internet baik itu browsing, bermain game, video streaming, secara bersamaan dengan menggunakan layanan VoLTE Telkomsel.

Baca juga: Gas Pol! Telkomsel Mulai Upgrade Jaringan 3G ke 4G/LTE di 143 kota/kabupaten

Layanan VoLTE Telkomsel sudah tersedia di lebih dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone.

Selain itu, dalam mengajak migrasi pelanggannya dari jaringan 3G ke 4G/LTE, Telkomsel juga menawarkan berbagai penawaran menaik melalui program dan produk, seperti:

  • Paket kuota data 4G yang terjangkau seperti kartu perdana dan paket internet SeruMAX dengan kuota data hingga 138GB (untuk pelanggan di wilayah Pulau Jawa, Bali dan Lombok)
  • Paket BundlingMAX dengan harga Rp 75 ribu mendapatkan kuota internet 16GB untuk pelanggan Telkomsel PraBayar baru yang bundling langsung dengan smartphone baru pilihan
  • Sedangkan untuk pelanggan eksisting yang telah melakukan migrasi (upgrade) ke device 4G berhak mendapatkan paket BundlingMax 4G dengan kuota 96GB dengan harga Rp 60 untuk 6 bulan dan tambahan kuota hingga 30GB, Jika pelanggan melakukan migrasi atau penukaran kartu non-4G ke kartu 4G (uSIM), baik dengan nomor yang sama maupun dengan nomor baru.

Untuk pelanggan yang terkendala karena belum memiliki perangkat yang mendukung jaringan 4G agar bisa bermigrasi tidak masalah, karena Telkomsel menawarkan program bundling smartphone 4G.

  • Telkomsel menghadirkan ragam pilihan smartphone terjangkau yang telah mendukung akses jaringan 4G untuk dipilih pelanggan, seperti Samsung, Nokia, Advan, Oppo, Vivo dan lainnya.
  • Telkomsel menghadirkan program bundling smartphone 4G dengan varian Samsung Galaxy A Series dan Galaxy M Series khusus di platform Blibli.com. Melalui program ini Telkomsel mencatat adanya persentase peningkatan jumlah device yang bermigrasi ke 4G sebanyak 46 persen.

Baca juga: Bye!! Telkomsel Bertahap Mulai Upgrade Layanan 3G ke 4G, Akhir Tahun Selesai!!

migrasi 3g ke 4g

Cara mudah migrasi 3G ke 4G

Bagaimana sih cara mudah migrasi dari kartu 3G ke 4G?

Mekanisme mirasi kartu dari 3G ke 4G dapat dilakukan dengan dua cara, yakni secara online atau offline.

Online

Cara migrasi 3G ke 4G secara secara online adalah pelanggan dapat memanfaatkan mekanisme online dengan mengakses mitra e-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, JD.ID), serta memanfaatkan layanan GraPARI Online melalui tsel.me/graparionline.

Pada mekanisme online ini, pelanggan dapat merasakan manfaat lebih karena kartu uSIM 4G akan diantarkan langsung ke alamat tujuan pelanggan.

Untuk informasi bantuan terkait proses ganti kartu, pelanggan dapat mengakses layanan informasi Telkomsel pada akun resmi media sosial Facebook dan Twitter Telkomsel dan Virtual Assistant (VA) Telkomsel.

Offline

Sementara mekanisme migrasi 3G ke 4G secara offline, pelanggan dapat langsung mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat.

Seluruh pelanggan selama proses migrasi ke uSIM 4G dan pada saat registrasi uSIM harus dipastikan bahwa seluruh data diri sesuai identitas Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).

Pelanggan bisa melakukan pengecekan kesesuaian identitas diri di *444# dan jika terdapat ketidaksesuaian, pelanggan diharapkan terlebih dahulu melakukan registrasi ulang dengan cara mengetik ULANG<spasi>NIK#Nomor KK# kirim SMS ke 4444.

Baca juga: Telkomsel Tahun ini Mulai Upgrade Seluruh Layanan 3G ke 4G, Kuy Beralih ke LTE

migrasi 3g ke 4g

Cek Kartu dan perangkat anda, apakah sudah mendukung 4G atau belum?

Perlu diketahui, pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke kartu 4G terlebih dahulu melakukan beberapa pengecekan baik dari sisi kartu ataupun perangkat mereka, apakah sudah mendukung 4G atau belum

Pertama-tama dilakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan atau pengecekan dari sisi kartu apakah sudah mendukung 4G.

Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah melalui USSD Menu Browser (UMB) di *888*47#.

Lalu lakukan mengecekan Kartu Telkomsel sudah 4G atau belum diaktifkan via Dial dapat dilakukan dengan mudah melalui USSD Menu Browser (UMB) caranya:

  1. Buka Dial Up (menu Panggilan) di ponsel.
  2. Ketik kode USSD *888*47# > tekan Call atau Panggil.
  3. Pilih Cek Kartu.
  4. Selesai.

Lakukan juga mengecekan apakah smartphone Android maupun iPhone yang kamu pakai sudah mendukung jaringan 4G atau tidak dengan cara menelusuri menu Pengaturan.

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Cari menu Koneksi.
  3. Pilih Jaringan Seluler.
  4. Lalu, masuk ke Mode Jaringan SIM.
  5. Selesai.

Jika kamu melihat informasi jaringan LTE 4G, maka ponsel kamu sudah mendukung 4G. Tapi, belum ada tulisan LTE, berarti sebaliknya.

Proses upgrade jaringan 3G ke 4G dilakukan secara bertahap dan terukur sampai dengan akhir tahun 2022.

Jadi, mumpung gratis, ada baiknya kamu segera upgrade dan daftar jaringan 4G Telkomsel dari sekarang sebelum jaringan 3G dicabut secara menyeluruh.