Inovasi Teknologi Kamera Portrait Expert di OPPO Reno Series dari Awal Hingga Kini

GadgetSquad.id – OPPO Reno series merupakan salah satu seri produk andalan OPPO. Berbagai Hp OPPO Reno series memiliki keunggulan tidak hanya desainnya yang inovatif, tapi juga kecanggihan teknologi fitur di dalamnya, salah satunya fitur kamera yang menunggulkan Portrait Expert. 

review OPPO Reno 7 4G  (1) portrait expert

Inovasi Kamera Porrtrait Expert

Dari awal kemuncunculan OPPO Reno Series pada 2019, sudah membawa daya tarik tersendiri pada inovasi teknologi kameranya dengan mengusung Portrait Expert. Bahkan menjadi salah satu ‘pendobrak’ perkembangan teknologi kamera Hp. Dan ini dia perjalanan inovasi kamera di OPPO Reno Series : 

OPPO Reno 10x Zoom

Seri OPPO Reno pertama ini diluncurkan pada tahun 2019. Sesuai namanya, OPPO Reno 10x zoom memang mengandalkan kemampuan kamera yang mampu melakukan zoom hingga 10x dengan kualitas hasil foto yang tetap terjaga atau tidak pecah. Ini berkat hadirnya kamera periskop pada salah satu kamera belakangnya.

OPPO Reno 10X Zoom dilengkapi dengan 3 kamera di bodi belakangnya, yaitu kamera utama beresolusi 48 MP, kamera telefoto hybrid zoom 10x beresolusi 13 MP, dan kamera ultra lebar beresolusi 8 MP. 

Review OPPO Reno 10x Zoom (5)

Selain kemampuan 10x zoom, seri OPPO Reno ini juga mengunggulkan kemampuan dalam menghasilkan foto portrait expert. Apalagi OPPO Reno 10x sudah dilengkapi dengan teknologi AI Ultra-Clear Engine. Teknologi ini dapat mempercepat waktu pemrosesan gambar (termasuk foto portrait) sehingga tidak ada jeda saat menekan tombol shutter. Ini membuat pengguna tidak perlu menahan lama posisi saat memotret, sehingga memudahkan dalam pengambilan foto, termasuk foto portrait.

 

OPPO Reno2 Series

OPPO Reno2 Series dilengkapi dengan Quad Camera atau 4 kamera di bodi belakang. Keempat kamera tersebut yaitu Kamera utama 48 MP dengan OIS + Kamera telefoto 13 MP dengan zoom optik 2x + kamera lensa ultra lebar 2 MP + Kamera depth sensor guna menghadirkan fotografi Portrait atau foto bokeh.

hp OPPO Reno Series 2

Kamera di OPPO Reno2 sudah dibekali dengan optical image stabilisation (OIS) dan teknologi Ultra Steady serta Video Stabilization. Ini berarti stabilisasi kamera pada ponsel ini berdasarkan perangkat keras, bukan perangkat lunak. Ini membuat kualitas gambar benar-benar terjaga meski dalam keadaan tidak stabil saat memotret atau merekam video. Hasilnya, gambar foto dan video tetap terlihat tajam dan tidak blur. Jadi pengguna tidak perlu lagu menggunakan gimbal.

 

OPPO Reno3 Series

OPPO Reno Series salah satunya berupa seri OPPOReno3 Pro. Kamera di seri OPPO Reno yang satu ini memiliki kekuatan yang tidak main-main. Ada 4 kamera di bodi belakang OPPO Reno3 Pro yang terdiri dari kamera utama 64 MP + kamera telefoto 13 MP +  kamera lensa ultra wide 8 MP + kamera depth sensor 2 MP. 

hp oppo reno series 3

Keunggulan lain dari kamera di OPPO Reno3 Pro yaitu berupa fotografi selfie. Ini lantaran Hp OPPO ini menyediakan kamera depan ganda. kamera depan terdiri dari kamera utama berresolusi tinggi pada 44 MP + kamera depth sensor.

 

OPPO Reno4 Series

OPPO Reno Series diluncurkan pada 2020. Untuk seri OPPO Reno4 memiliki 4 kamera atau Quad Camera di bodi belakang. Keempatnya terdiri dari kamera utama 48 MP + kamera lensa ultra wide 8 MP + kamera makro 2 MP + kamera depth sensor beresolsui 2 MP untuk foto portrait atau bokeh.

Sebagai portrait expert, kamera di OPPO Reno4 juga dilengkapi dengan teknologi AI Color Portrait yang menjadi keunggulannya. Fitur ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Articial Inteligent) yang mampu memisahkan antara warna subjek utama dengan latar belakang. Fitur AI Color Portrait membuat subjek foto tetap berwarna seperti aslinya, sementara latar belakang akan dibuat warna hitam putih klasik.

hp oppo reno series 4

Selain itu, kamera di OPPO Reno4 juga dilengkapi dengan fitur Night Flare Portrait. Berkat fitur ini hasil foto bokeh di malam hari terlihat lebih terang. Jika pada latar belakang objek foto terdapat lampu-lampu maka hasil foto bokeh malam terlihat kerena dengan latar belakang blur berhiasan bulatan cahaya, ini mirip seperti hasil foto dengan menggunakan aperture besar.

Baca juga : Perjalanan Inovasi Desain OPPO Reno Series dari Awal hingga Sekarang

 

OPPO Reno5 Series

OPPO Reno5 Series pada 2020. Salah satu keunggulan dari kamera di OPPO Reno5 Series yaitu adanya fitur baru yang bernama AI Highlight Video. Fitur ini masih menggunakan algoritma teknolofi AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan procesing gambar yang diperlukan berdasarkan kondisi yang berbeda.

hp oppo reno series 5

Misalnya saat cahaya redup, kamera akan mengaktifkan algoritma Ultra Night video untuk mengoptimalkan kualitas video malam hari terlihat tajam dan terang. Atau saat kondisi cahaya latar belakang kuat, ada fitur HDR Live yang otomatis bekerja untuk melakukan optimalisasi khusus untuk foto portrait, terutama dengan objek manusia.

Sebagai Portrait Expert di OPPO Reno5 series ini ada juga fitur AI Mix Portrait pada OPPO Reno5 Series yang mampu menggabungkan video portrait dengan latar belakang. Fitur ini menghadirkan efek video dengan eksposure ganda.

 

OPPO Reno6 Series

OPPO Reno6 series diluncurkan pada 2021. Seri Reno yang satu ini dilengkapi dengan empat kamera bodi belakang, yang terdiri dari kamera utama 64 MP + kamera ultra wide 8 MP + kamera makro 2 MP + depth sensor 2 MP.

Hp oppo reno series 6

Salah satu keunggulan kamera di OPPO Reno6 Series sebagai Portrait Expert yaitu dilengkapi fitur Bokeh Flare Portrait Video. Dan fitur ini hadir pertama kalinya seri Hp OPPO ini. Fitur ini mengandalkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman. Hal ini miirp dengan apa yang dilakukan oleh kamera profesional.

Sebagai Portrati Expert, OPPO Reno Series membawa keunggulan fitur portrait baik pada kamera utama maupun kamera depan.

 

OPPO Reno7 Series 

The Portrait Expert begitulah tagline dari OPPO Reno7 series yang diluncurkan pada 2022. OPPO Reno7 Series terdiri dari OPPO Reno7 Z 5G, OPPO Reno7 5G dan OPPO Reno7 4G. Seri OPPO Reno terbaru ini , hadir dengan membawa keunggulan fitur portrait baik pada kamera utama maupun kamera depan. 

Hebatnya, pada Reno7 Z 5G, hasil tangkapan kamera sudah ditingkat dimana hasil potret yang biasanya didapatkan melalui kamera DSLR dengan lensa bukaan besar, kini sudah bisa dihasilkan oleh kamera Reno7 Z 5G.

Portrait Expert mode pada Reno7 Z 5G dapat mensimulasikan 25 tingkatan ukuran diafragma yang dapat disesuaikan mulai dari F0.95 hingga F16. Selain itu OPPO juga menghadirkan efek bokeh flare untuk mencapai efek bokeh layaknya produksi video profesional dengan menggunakan lensa bukaan lebar dan menggunakan sebuah smartphone.

review oppo reno 7 5G (2)

Kemampuan tersebut tidak lepas dari keandalan kamera yang dibawa OPPO Reno 7 Z 5G. Hp OPPO terbaru ini dilengkapi dengan triple camera di bagian belakang, yang terdiri dari Kamera Utama 64MP F/1.7 + Kamera Bokeh 2MP F/2.4 + Kamera Makro 2MP F/2.4. Sedangkan kamera depannya berkekuatan resolusi 16MP F/2.4.

Sedangkan untuk kamera selfie Oppo Reno7 4G juga dilengkapi dukungan algoritma AI pada fitur Bokeh Flare Portrait, yang dapat meniru efek bokeh yang sama seperti hasil potret kamera DSLR melalui algoritma software. Untuk OPPO Reno7 4G sudah dibekali dengan tiga kamerayaitu kamera utama 64 MP, kamera mikro 2 MP, dan kamera makro 2 MP.

OPPO Reno7 Series juga telah didukung dengan berbagai fitur kamera mumpuni, seperti Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Palette, Ultra-Clear 108 MP Image, AI Scene Enhancement, dan Flash Snapshot.