Review Oppo Reno8 5G: Alternatif HP Flagship Hasil Kamera Ajib

OPPO Reno8 5G telah resmi di Indonesia dengan membawa peningkatan NPU MariSilicon X, untuk menghadirkan kemampuan potrat malam hari yang lebih baik. Seperti apa kemampuan kamera dan fitur lainnya? berikut ini review lengkapnya.

Oppo Reno8 5G

Desain Premium nan Modern

Sama seperti seri sebelumnya, Reno Series selalu tampil dengan desain catchy. Begittu pula untuk Oppo Reno8 5G yang menggunakan konsep desain Streamlined Unibody nan stylish. Dibalut dengan material kaca Gorilla Glass yang ditempa dengan suhu dan tekanan tinggi, plus dilapisi dengan material Oppo Glow membuatnya nampak lekat dengan kesan premium dan modern.

Oppo Reno8 5G memiliki bodi yang ramping hanya 7,67mm dan bobot yang ringan hanya 179 gram. Ketika pegang sangat pas ditangan dan nyaman untuk digenggam. Ini berkat desain sisi-sisi body hape dibuat rata dan lengkungan di setiap sudut-sudutnya, enak banget untuk bermanuver saat nge-gim. 

Oppo Reno8 5G

Pada bagian belakang terdapat lengkungan diarea frame kameranya. Pada bagian ini Oppo menyematkan dua buah lingkaran modul kamera yang sangat besar.  Modul kamera itu terinspirasi dari bentuk kamera film vintage. Desain pada modul kamera membuat sebuah pernyataan kuat mengenai fitur kamera pada Seri Reno8.

Menelisik bagian sisi kanan hape ini, terdapat tombol daya dan tombol volume disisi. Bodinya yang ramping membuat kedua tombol ini sangat mudah dijangkau dengan satu tangan saja. Mikrofon sekunder ditempatkan pada bingkai atas, sedangkan bingkai bawahnya terdapat Simcard tray menemani port USB Type-C, speaker, dan mikrofon utama.

Baca juga: Resmi! OPPO Rilis ColorOS 13 Terbaru, Ini Fitur Terbarunya!

Oppo Reno8 5G

Oppo Reno 8 5G memiliki dua varian warna, Shimmer Gold dan Shimmer Black seperti yang kami pegang sekarang. Berbeda dengan Shimmer Black yang terlihat lebih gahar dan maskulin, Shimmer Gold tampil dengan kilauan emas pada panel belakangnya. Keduanya dapat menghadirkan tekstur efek visual gradien yang estetik.

Layar

Untuk mengakomodasi konten kreator yang juga gemar nonton film, Oppo Reno8 5G sudah dilengkapi layar yang tajam yang juga responsif. Dengan layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi full-HD+ pastinya membuat layar lebih tajam, apalagi kecepatan refreshnya hingga 90Hz, sangat nyaman untuk gaming. 

Oppo Reno8 5G

Kualitas layar ini sudah menjawab kebutuhan para konten kreator dan para gamer online. Layar Oppo Reno8 5G memang menghadirkan tampilan visual halus dan nyaman. Sudah tentu, dengan kualitas layar yang dimilikinya mata tidak akan sakit meski berlama-lama mantengin konten video.

 

Ditambah lagi Oppo membekali Reno8 5G ini dengan lapisan Gorilla® Glass 5, yang didesain untuk memberikan perlindungan lebih pada layar. Sedangkan pada bagian kiri atas layarnya terdapat punch hole untuk penempatan kamera selfie dengan resolusi 32MP IMX709. Nah, untuk fitur keamanan lainnya Oppo Reno8 5G menyematkan teknologi pemindai sidik jari di atas layar dengan sensor yang responsif dan akurat.

Baca juga: Dukung Seniman Lokal, OPPO Support Pentas Teater Sudamala: Dari Epilog Calonarang

Performa

Seakan membawa angin segar buat para Gamers, Oppo Reno8 5G telah meningkatkan SoCnya pada perangkat ini. Oppo Reno8 5G telah ditenagai MediaTek Dimensity 1300 5G SoC. SoC ini di klaim Oppo membawa peningkatan dibanding chipset MediaTek Dimensity 900 yang dipakai di Reno7 5G.

Gaming di Oppo Reno8 5G

Adapun peningkatannya terletak di aspek CPU performance sebesar 40 persen, GPU performance sebesar 106 persen, AI performance 80 persen, dan power efficiency (efisiensi daya) sebesar 20 persen.

Keberadaan SoC tersebut juga ditopang pula oleh konfigurasi RAM LPDDRX 8 GB dengan RAM Expansion hingga 5GB dan media penyimpanan UFS 2.2 berkapasitas 256 GB. Namun sayangnya untuk ruang penyimpanannya tidak dapat diperluas lagi.

Oppo Reno8 5G

Hal lain yang membuat aktivitas gaming di Oppo Reno 8 5G semakin menyenangkan adalah tidak gampang panas sob!

Kuncinya terletak pada teknologi pendingin super conductive VC liquid cooling system. Kehadiran teknologi super conductive VC liquid cooling system membuat area pendingin di Oppo Reno8 5G meningkat hingga 16.8%. Gak heran Oppo Reno8 5G lancar jaya digeber nge-gim dengan suhu yang masih terjaga. 

Hasil Antutu Oppo Reno8 5G

Dengan skor antutu sebesar 584 ribuan saat digeber main Mobile Legend, PUGB, FIFA dan berbagai gim favorit lainnya. Performa Oppo Reno8 5G sangat memuaskan. Adapun fitur-fitur lain yang tersedia untuk menambah nyaman saat main gim, diantaranya Game Focus Mode, hingga pengaturan performa khusus untuk gaming.

ColorOS 12.1 Interface Oppo Reno8 5G

Oppo Reno8 5G menjalankan ColorOS 12.1, versi terbaru sebagai interfacenya berbasiskan Android 12.  Walaupun begitu masih cukup banyak bloatware yang sudah terinstal sebelumnya seperti Byju’s, Netflix, Paytm, Snapchat, dan beberapa lagi, namun sebagian besar aplikasi ini dapat dihapus. 

Interface Oppo Reno8 5G

Oppo juga menawarkan beberapa opsi penyesuaian melalui aplikasi Theme Store. Anda juga yang dapat mengubah warna aksen agar sesuai dengan warna wallpaper. Begitu juga dengan beragam pilihan font yang terdapat di ColorOS 12.1 ini, termasuk font OPPO SANS yang baru saja memenangkan salah satu penghargaan di Red Dot Award: Brands & Communication Design Awards untuk tahun 2022.

Ada juga Air Gestures yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan smartphone menggunakan gerakan tangan tanpa menyentuh layar. Beberapa fitur hiburan dan kesehatan juga ada, sebut saja O Relax dan OMOJI yang didukung oleh algoritma Face Capture terdepan di industri OPPO.

Dengan model ekspresi virtual presisi tinggi yang dibangun di atas 52 inti ekspresi wajah manusia bersama dengan 200+ elemen gaya, fitur dapat menyesuaikan emoji unik yang mewakili gaya pengguna sendiri, dan mengirim pesan dengan sentuhan pribadi.

Password Oppo Reno8 5G

ColorOS 12 juga menjamin keamanan lewat fitur :Require Password to power Off, yang mana fitur ini berfungsi untuk menjaga orang lain mematikan daya Hape Kita, sehingga pengguna masi bisa melacak keberadaan perangkat jika hilang.

Baca juga: Anti Panas-panas Club, Oppo Reno 8 5G Adem Digeber Nge-gim, Ini Kuncinya!!

Kamera

Keunggulan utama Oppo Reno8 5G masih terletak pada sektor kamera, sejalan dengan slogan yang diusungnya, yakni “The Portrait Expert”.

Kamera belakang Oppo Reno8 5G

Oppo membenamkan Dual Sony Flagship Sensors IMX709 RGBW generasi baru dan sensor kamera utama IMX766. OPPO Reno8 5G juga dilengkapi beberapa fitur pencitraan yang disempurnakan dengan AI seperti Ultra Night Video dan Night Portrait.  

Adapun komposisinya adalah kamera ultra wide 8 MP, f/2.2, 16mm, 112˚ dan kamera makro 2 2 MP, f/2.4 menemani kamera utama 50 MP f/1.8, 23mm dengan sensor Sony IMX766 pada frame belakang.

Interface kamera Oppo Reno8 5G

Kamera utama ini tidak dilengkapi OIS, tetapi mengandalkan EIS sebagai gantinya. Sedangkan untuk kebutuhan selfie, Oppo Reno8 5G mengusung kamera selfie 32 MP, f/2.4, 23mm.

Hasil Kamera Oppo Reno8 5G

Foto dari kamera utama cukup detail dan memiliki warna yang akurat. Dalam kondisi cerah, perangkat ini berhasil menangkap warna dengan akurat, fitur AI juga meningkatkan saturasi warna untuk membuat foto lebih hidup.

Untuk membidik foto close-up Oppo Reno8 5G juga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengunci fokus. Fitur foto potret dapat mendeteksi tepian subyek  yang  cukup baik dan kesan bokeh terasa masih natural. Untuk foto makro kadang memerlukan effort lebih untuk memastikan bidikan memiliki fokus yang tepat.

Sensor IMX709 pada kamera selfie membuat foto menjadi sangat baik di siang hari maupun cahaya redup. Bahkan potret selfie pun cukup detail. Dalam cahaya redup ponsel secara otomatis mengaktifkan flash layar yang membantu menangkap gambar yang lebih cerah.

 

Didukung juga dengan berbagai fitur kamera mumpuni, seperti Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Palette, Ultra-Clear 108 MP Image, AI Scene Enhancement, dan Flash Snapshot.

Pada perekaman video 4K bisa mencapai 30fps untuk kamera utama dan 1080p untuk selfie shooter. Reno8 5G mengandalkan EIS untuk menstabilkan rekaman dan hasilnya cukup baik digunakan saat memotret pada resolusi 1080p. Namun, mulai kurang stabil saat merekam 4K di siang hari dan lebih menonjol dalam cahaya rendah.

Baca juga: Review OPPO Reno8 4G : Punya Daya Tarik dan Ciri Khas Tersendiri

Baterai

Oppo Reno 8 5G mengemas baterai 4500mAh yang dapat bertahan selama 2 hari dengan penggunaan ringan hingga sedang. Ini termasuk menggunakan media sosial, dan kegiatan lainnya.

Charger Oppo Reno8 5G

Hadir dengan pengisi daya SuperVOOC 80W yang dapat mengisi daya dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu sekitar setengah jam. Ini cepat dan nyaman, perangkat tidak memanas bahkan selama pengisian daya dan charger ini pun tersedia di dalam kotak paket penjualan.

 

REVIEW OVERVIEW
Desain
9
Layar
8.5
Performa
9
Kamera
9.5
Interface
9
Baterai
9
Previous articleSamsung Galaxy Z Flip4 5G Bespoke Edition Tampil Indonesia Banget!
Next articleBersiap, Turnamen Telkomsel Dunia Games League 2022 di Mulai, Yuk Daftar!!
review-oppo-reno8-5g-alternatif-hp-flagship-hasil-kamera-ajibOppo semakin mengukuhkan jargon The Portait Expert lewat Reno series ini. Beberapa peningkatan spesifikasi maupun fitur membuat kesan flagship lekat di perangkat Oppo Reno8 5G.Ini dibuktikan dengan dibenamkannya Dual Sony Flagship Sensors, IMX709 dan IMX766, serta penyempurnaan beberapa fitur AI seperti Ultra Night Video dan Night Portrait.Dalam hal performa juga telihat Oppo Reno8 5G diakomodasi oleh prosesor MediaTek Dimensity 1300 5G. Membawa peningkatan dibanding chipset MediaTek Dimensity 900 yang dipakai di Reno7 5G.Hadirnya teknologi super conductive VC liquid cooling system, berhasil menjaga suhu perangkat ini saat digeber nge-gim seharian.Semua rasa nyaman yang dirasakan, saat nge-gim maupun untuk urusan produktivitas lainnya, rasanya whorted merogoh kocek 8 jutaan untuk perangkat Reno8 5G ini.